Sukses

Kimia Farma Kantongi Investasi Rp1,86 Triliun untuk KFA

Kimia Farma (Persero) Tbk telah melakukan kesepakatan dengan dua investor yaitu PT Akar Investasi Indonesia (AII) dan CIZJ Limited.

Liputan6.com, Jakarta PT Kimia Farma (Persero) Tbk telah melakukan kesepakatan dengan dua investor yaitu PT Akar Investasi Indonesia (AII) yang merupakan anak perusahaan Indonesia Investment Authority (INA) dan CIZJ Limited yang merupakan anak perusahaan Silk Road Fund Co., Ltd. untuk berinvestasi pada anak usaha PT Kimia Farma Apotek (KFA).

Investasi secara langsung tersebut mencapai Rp1,86 triliun melalui pengambilalihan sebagian saham KFA milik KAEF senilai Rp460 miliar dan pengambilan saham baru KFA dengan nilai Rp1,4 triliun.

Dikutip dari Antara, Jumat (30/12/2022), investasi itu untuk mendukung modal kerja dan pengembangan bisnis di mana KFA akan melakukan pengembangan usaha ke depan melalui new bussiness model with digitalization, dengan melakukan kombinasi offline dan online store dengan strategi omnichannel, integrasi apotek-klinik-lab diagnostika, serta new digital channel.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk David Utama mengatakan, saat ini, jumlah outlet eksisting yang dimiliki adalah sebanyak 1.195 apotek, 410 klinik, dan 72 laboratorium klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut David, pengembangan layanan apotek dan klinik terus dilakukan dengan melihat peluang pasar yang ada.

"Kimia Farma menetapkan pelaksanaan pengembangan melalui Partnership Strategy dengan perusahaan rekanan bisnis seperti AII dan CIZJ yang dapat memberikan manfaat untuk dapat mengembangkan operational excellence & service experience dengan demikian KFA dapat menciptakan nilai keunggulan," ujar David.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengembangan Bisnis

Dengan bergabungnya AII dan CIZJ dengan Kimia Farma, lanjut David, dapat mendukung pengembangan bisnis Kimia Farma agar terus memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan yang berkualitas.

Penandatanganan akta jual beli itu sendiri merupakan lanjutan dari acara penandatangan Conditional Share Subscription and Purchase Agreement pada 13 November 2022 lalu.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Utama Kimia Farma David Utama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Kimia Farma Lina Sari, jajaran Direksi KFA, serta dari INA, AII, SRF dan CIZJ.

3 dari 3 halaman

Libur Tahun Baru, Kimia Farma Sebar Layanan Kesehatan di Bandara hingga Rest Area

Kimia Farma memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses kesehatan saat melakukan perjalanan liburan tahun baru melalui Kimia Farma Express.

Kimia Farma Express merupakan inovasi dari PT Kimia Farma Apotek yang merupakan anak usaha PT Kimia Farma Tbk dengan mengusung konsep grab and fast.

Kimia Farma Express terletak di titik-titik tempat wisata, rest area, bandara, dan stasiun. Para traveller dapat dengan mudah dan cepat memperoleh kebutuhan obat-obatan dan personal care ketika melakukan perjalanan sehingga perjalanannya menjadi lebih efisien dan nyaman.

“Para traveller tentunya ingin mendapatkan kebutuhan kesehatan dalam perjalanan secara mudah dan cepat. Dengan adanya Kimia Farma Express yang menyediakan beragam obat-obatan Over The Counter (OTC) serta personal care yang diperlukan oleh para traveler akan menjadi solusi yang tepat," kata Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek Nurtjahjo Walujo Wibowo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Kimia Farma Express sudah tersebar di 9 titik yang dapat dikunjungi yaitu KF Express Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, KF Express Bandara Sepinggan (Balikpapan), KF Express Bandara Ngurah Rai (Denpasar), KF Express Bandara Juanda (Surabaya).

Kemudian, KF Express Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), KF Express Bandara Kulon Progo (Yogyakarta), KF Express Rest Area KM 72A (Karawang), KF Express Labuan Bajo dan KF Express Rest Area KM 88A Karawang yang baru dibuka pada tanggal 24 Desember 2022 lalu.

"Ditambah adanya penambahan titik baru KF Express Area KM 88A di Karawang ini merupakan komitmen PT Kimia Farma Apotek untuk terus memperluas layanan kesehatan yang optimal,” tutur Nurtjahjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.