Sukses

Semarang Banjir, Sejumlah Perjalanan Kereta Api Terganggu

Perjalanan kereta api di wilayah Semarang, Kendal dan sekitarnya terhambat akibat curah hujan yang tinggi pada Sabtu (31/12) pagi.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan kereta api di wilayah Semarang, Kendal dan sekitarnya terhambat akibat curah hujan yang tinggi pada Sabtu (31/12) pagi. Akibatnya banjir yang menggenang di jalur kereta membuat perjalanan terhambat.

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Semarang, Kendal dan sekitarnya,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko dalam keterangan resminya, Sabtu (31/12/2022).

Hujan deras yang terus terjadi sejak Sabtu dini hari mengakibatkan banjir menggenangi beberapa jalur KA di lintas utara pulau Jawa. Dampaknya kereta api yang akan melintas harus tertahan atau melintas dengan pembatasan kecepatan tertentu demi keselamatan. Akibatnya terdapat beberapa perjalanan KA penumpang yang mengalami keterlambatan.

Untuk antisipasi keselamatan perjalan KA, sampai saat ini ada 2 titik yang tidak bisa dilalui perjalanan kereta api. Pertama pada petak jalan Semarang Tawang - Alastua (Kota Semarang) karena adanya genangan air setinggi 12 cm di atas kop rel.

Kedua, pada petak jalan Kaliwungu - Kalibodri (Kabupaten Kendal) karena adanya Sungai Waridin yang meluap sehingga mengakibatkan gogosan pada jalur rel KA di wilayah tersebut. Sedangkan untuk kondisi di Stasiun Semarang Tawang, terjadi genangan air yang mengakibatkan pelayanan boarding penumpang dipindahkan di area pintu keluar stasiun.

KAI telah melakukan berbagai upaya untuk normalisasi baik di jalur kereta api maupun di sekitar Stasiun Semarang Tawang. KAI juga terus berusaha mengerahkan sarana penolong dan petugas-petugas untuk memperbaiki jalur akibat adanya banjir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Perjalanan Kereta Api

Untuk perjalanan KA, sampai saat ini ada 4 perjalanan KA penumpang yang mengalami keterlambatan. KA 186 Kamandaka relasi Tegal - Semarang Tawang saat ini posisi berada di Stasiun Weleri mengalami keterlambatan hampir 2 jam. KA 263 Menoreh relasi Semarang Tawang - Jakarta Kota saat ini posisi berada di Stasiun Kaliwungu terlambat 2 jam 20 menit.

KA 189 Joglosemarkerto relasi Solo Balapan - Tegal saat ini posisi berada di Stasiun Semarang Tawang, terlambat 52 menit. Sedangkan KA 267A Ambarawa Ekspress dengan relasi Surabaya Pasarturi - Semarang Poncol, yang saat ini berada di Stasiun Alastua dengan andil keterlambatan 34 menit.

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Untuk itu, kami meminta doa dan dukungan masyarakat agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal dan perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar,” tutup Ixfan.

3 dari 3 halaman

Buruan Pesan, Tiket Kereta Api Libur Tahun Baru 2023 Masih Ada Nih

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyampaikan, tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) masih tersedia untuk keberangkatan libur tahun baru 2023.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mencatat, total tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual pada periode Natal dan Tahun Baru 2023 (22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023) yaitu sebanyak 2,4 juta tiket.

Khusus untuk tiket KA Jarak Jauh, jumlah yang telah terjual sebanyak 1,5 juta tiket atau sekitar 63 persen dari kapasitas yang KAI sediakan per 28 Desember 2022.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," kata Joni kepada awak media di Jakarta, ditulis Jumat (30/12).

Adapun, relasi favorit pada periode Nataru masih didominasi oleh sejumlah kota besar di pulau Jawa. Yaitu Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Purwokerto pp, Bandung - Surabaya pp, Yogyakarta - Surabaya pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, dan lainnya.

"Tanggal keberangkatan favorit untuk arus mudik yaitu pada 23 Desember 2022, sedangkan untuk arus balik pada keberangkatan 1 Januari 2023," ucap Joni.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.