Sukses

Profil dan Prestasi Al Nassr, Klub Sepak Bola Rekrut Ronaldo dengan Gaji Fantastis

Laman Transfermarkt mencatat, nilai pasar Al Nassr sebesar 79,1 juta euro atau sekitar Rp. 1,3 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Klub sepak bola asal Arab Saudi, Al Nassr tengah menjadi perhatian publik setelah resmi merekrut Christiano Ronaldo. 

"Sejarah baru telah dibuat. Ini adalah penandatanganan yang tidak hanya akan menginspirasi klub kami untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar tetapi juga menginspirasi liga kami, bangsa kami dan generasi masa depan, anak laki-laki dan perempuan untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri," tulis Al Nassr dalam unggahan di akun Twitter resminya, dikutip Senin (9/1/2023).

"Selamat datang @Cristiano ke rumah barumu @AlNassrFC," tambah klub tersebut.  Seperti diketahui, bergabungnya pemain asal Portugal itu dengan Al Nassr menyusul berakhirnya karir di Manchester United. 

Ronaldo bergabung dengan Al Nassr dalam kesepakatan yang akan membuatnya bersaing untuk klub tersebut hingga Juni 2025.

Lantas, bagaimana klub sepak bola Al Nassr dikenal ?

Melansir laman metro.co.uk, Al Nassr berbasis di Riyadh, ibu kota Arab Saudi. Klub ini dibentuk pada tahun 1955 dan resmi menjadi tim sepak bola profesional pada tahun 1960.

Adapun markas Al Nassr yaitu Mrsool Park yang berkapasitas 25 ribu penonton.

Klub itu pun kerap ikut bersaing di Saudi Pro League, yang merupakan divisi sepak bola tertinggi di Arab Saudi. Klub tersebut saat ini berada di posisi pertama, menyusul delapan kemenangan dari 11 pertandingan liga mereka sejauh musim ini.

Al Nassr kini dijalankan Musalli Almuammar, yang merupakan presiden Saudi Pro League, antara 2018 dan 2020.

Almuammar juga memegang peran penasihat di General Entertainment Authority, sebuah departemen pemerintah yang bertanggung jawab atas industri hiburan di Arab Saudi.

Laman Transfermarkt mencatat, nilai pasar Al Nassr sebesar 79,1 juta euro atau sekitar Rp. 1,3 triliun.

2 dari 4 halaman

Prestasi Klub Sepak Bola Al Nassr

Al Nassr dikenal sebagai salah satu tim sepak bola paling sukses di Arab Saudi dengan sembilan gelar liga – gelar terakhir mereka diraih pada 2018-2019.

Mereka juga telah memenangkan enam King Cups, tiga Federation Cups dan dua Saudi Super Cups. Adapun ajang kontinental, Al Nassr telah memenangkan satu Asian Cup Winners dan satu Asian Super Cup.

Dengan memenangkan Piala Super Asia pada tahun 1998, Al Nassr menjadi klub Asia pertama yang berpartisipasi dalam Piala Dunia Antarklub FIFA dan melawan Real Madrid di babak penyisihan grup.

3 dari 4 halaman

Rogoh Kocek USD 200 Juta Untuk Rekrut Ronaldo

Mengutip CNBC Internationa, laporan beberapa outlet berita menyebut, gaji Ronaldo dengan Al Nassr mencapai sekitar USD 200 juta atau sekitar Rp. 3,1 triliun (asumsi kurs Rp. 15.700 per USD) per tahun. Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi gaji terbesar dalam sejarah olahraga.

Dilaporkan, kontrak dengan Al Nassr akan membuat Ronaldo membawa pulang gaji lebih dari USD 1 juta atau Rp. 15,5 miliar per minggu.

Sebelum bergabung dengan Al Nassr, Ronaldo bahkan sempat dikabarkan menolak tawaran dari klub Arab Saudi lainnya yakni Al Hilal, yang akan memberinya kontrak sekitar USD 370 juta selama beberapa tahun. 

  

4 dari 4 halaman

Kemampuan Klub Sepak Bola Arab Saudi Rogoh Kocek Dana Besar Untuk Rekrut Pemain jadi Sorotan

Namun besarnya pengeluaran Al Nassr untuk merekrut Ronaldo ternyata bukan lah hal yang jarang dalam dunia sepak bola di Arab Saudi.

CNBC menyebut, klub-klub sepak bola di negara itu dikenal karena kemampuannya menawarkan gaji besar kepada pemain asing.

Hal ini terutama karena besarnya giat Arab Saudi dalam membangun industri olahraga, hiburan, dan lainnya untuk menarik pariwisata dan investasi yang akan membantu mendiversifikasi ekonomi negara itu.

Arab Saudi bahkan mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA untuk  tahun 2030 mendatang.