Sukses

Minyak Dunia Amblas, Harga BBM Subsidi Ikut Turun?

Harga minyak dunia turun 2 persen pada perdagangan Senin (30/1). Penurunan harga minyak tersebut terbebani oleh kenaikan suku bunga bank sentral utama.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak dunia turun 2 persen pada perdagangan Senin (30/1). Penurunan harga minyak dunia tersebut terbebani oleh kenaikan suku bunga bank sentral utama.

Selain itu, penurunan harga minyak dunia ini juga terjadi karena ekspor minyak mentah Rusia yang masih tetap kuat sehingga pasokannya membanjiri dunia.

Lantas apakah penurunan harga minyak dunia tersebut mempengaruhi harga BBM subsidi bisa turun?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan harga minyak dalam negeri sebenarnya masih di bawah harga subsidi, maka dari itu pihaknya akan memonitor keberlangsungan daripada penurunan harga minyak tersebut.

"Harga minyak kita kan masih di bawah harga subsidi jadi tentu akan dimonitor keberlangsungan daripada penurunan harga minyak," kata Airlangga saat ditemui di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Disamping itu kata Airlangga, Indonesia akan melaksanakan implementasi bahan bakar B35 pada 1 Februari 2023, yang dinilai akan menurunkan permintaan mengenai kebutuhan solar.

"Tentu Indonesia menerapkan B35 tentu akan menurunkan juga demand terhadap kebutuhan solar, sehingga tentu kita akan monitor tapi yang jelas jumlah subsidi dalam tanda petik akan berkurang," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengungkapkan terdapat permintaan terkait dengan harga avtur Indonesia yang relatif lebih tinggi, karena memicu inflasi transportasi.

"Nah ini akan dikalkulasi dan akan dirapatkan bagaimana kita bisa menurunkan biaya untuk avtur," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasokan Minyak

Pasokan minyak dari pelabuhan Baltik Rusia akan naik sebesar 50 persen bulan ini dari Desember karena penjual mencoba untuk memenuhi permintaan yang kuat di Asia dan keuntungan dari kenaikan harga energi global.

Pasokan minyak mentah Ural dan KEBCO dari Ust-Luga selama 1-10 Februari dapat naik menjadi 1,0 juta ton dari 0,9 juta dalam rencana untuk periode yang sama di Januari, pedagang juga.

“Jika pasokan Rusia tetap kuat menjelang bulan depan, minyak mungkin akan terus turun,” kata Partner di Again Capital LLC New York, John Kilduff.

Dia menambahkan bahwa aksi ambil untung menjelang akhir pekan mungkin juga telah mendorong harga lebih rendah.

Perusahaan energi AS minggu ini mempertahankan rig minyak dan gas alam stabil di 771, perusahaan jasa energi Baker Hughes Co BKR.O mengatakan dalam laporannya yang diikuti pada hari Jumat.

 

3 dari 3 halaman

Produksi Minyak

Sementara itu, delegasi OPEC+ bertemu minggu depan untuk meninjau tingkat produksi minyak mentah, dengan sumber dari kelompok produsen minyak mengharapkan tidak ada perubahan pada kebijakan produksi saat ini.

Keputusan Federal Reserve AS berikutnya tentang suku bunga yang akan dibuat pada pertemuan selama 31 Januari dan 1 Februari dengan latar belakang penurunan inflasi dan produk domestik bruto yang tumbuh 2,9 persen lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal keempat.

Di China, kasus COVID-19 yang sakit kritis turun 72 persen dari puncaknya awal bulan ini sementara kematian harian di antara pasien COVID-19 di rumah sakit telah turun 79 persen dari puncaknya, menunjukkan normalisasi ekonomi China dan meningkatkan ekspektasi pemulihan permintaan minyak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.