Sukses

Kenalkan 10 Orang Terkaya di Australia yang Kian Tajir, Total Harta Bertambah Rp 3,2 Kuadriliun

Padahal tahun lalu telah terjadi inflasi yang meroket hingga 7,8 persen, tertinggi dalam tiga dekade.

Liputan6.com, Jakarta Secara kolektif, kekayaan miliarder atau orang terkaya Australia 2023 membengkak menjadi USD 213 miliar atau sekitar Rp 3,2 kuadriliun. Naik 70 persen dari 2019 ketika Forbes menerbitkan daftar orang terkaya Australia terakhir kali.

Perekonomian Australia mendapat manfaat dari pembukaan kembali negara tersebut pasca-pandemi. Padahal tahun lalu telah terjadi inflasi yang meroket hingga 7,8 persen, tertinggi dalam tiga dekade. Namun, kenaikan tahun ini sebagian besar didukung oleh harga rumah baru yang lebih tinggi, kenaikan biaya transportasi dan liburan yang tertunda lama.

Dilansir dari Forbes, Jumat (17/2/2023), penambang terus mendominasi peringkat teratas. Di tengah fluktuasi harga bijih besi, Gina Rinehart mempertahankan posisinya sebagai miliarder Australia dengan kekayaan USD 30,6 miliar. Disusul posisi kedua adalah raja pertambangan Andrew “ Twiggy” Forrest, yang bertaruh besar pada energi terbarukan. Diperkirakan hartanya kini senilai USD 21,7 miliar.

Adapun di urutan ketiga, dengan kekayaan bersih sebesar USD 15,5 miliar, adalah pengembang properti Harry Triguboff. Dia merayakan pencapaian ganda tahun ini karena ulang tahunnya yang ke-90 tahun dan ulang tahun ke-60 perusahaannya.

Di samping itu, penurunan teknologi menghilangkan kemilau valuasi perusahaan perangkat lunak Atlassian yang dulunya tinggi, tetapi pendiri Mike Cannon-Brookes dan Scott Farquhar tetap berada di 10 besar.

Terlepas dari tantangan, sektor teknologi pun menyumbang lima dari selusin wajah baru tahun ini. Suami dan istri Cliff Obrecht dan Melanie Perkins, yang ikut mendirikan firma desain Canva, berada di posisi delapan dalam daftar dengan kekayaan bersih gabungan sebesar USD 7,2 miliar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Orang Terkaya Australia

Bagi yang penasaran, inilah daftar orang terkaya Australia 2023 versi Forbes. Peringkat ini disusun berdasarkan informasi kepemilikan saham dan keuangan yang diperoleh dari keluarga dan individu, bursa saham, laporan tahunan, dan analis.

10. Richard White

Kekayaan: USD 5,4 miliar

Sumber: Teknologi

 

9. Frank Lowy

Kekayaan: USD 6 miliar

Sumber: Keuangan dan Investasi

 

8. Cliff Obrecht & Melanie Perkins

Kekayaan: USD 7,2 miliar

Sumber: Teknologi

 

7. Scott Farquhar

Kekayaan: USD 10,6 miliar

Sumber: Teknologi

 

6. Mike Cannon-Brookes

Kekayaan: USD 10,8 miliar

Sumber: Teknologi

 

5. Anthony Pratt

Kekayaan: USD 11,6 miliar

Sumber: Manufaktur

 

4. Bianca Rinehart & Saudara

Kekayaan: USD 12,5 miliar

Sumber: Logam dan Pertambangan

 

3. Harry Tribugoff

Kekayaan: USD 15,5 miliar

Sumber: Real Estat

 

2. Andrew Forrest

Kekayaan: USD 21,7 miliar

Sumber: Logam dan Pertambangan

 

1. Gina Rinehart

Kekayaan: USD 30,6 miliar

Sumber: Logam dan Pertambangan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.