Sukses

Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes, Ada 9 Pria dan 1 Perempuan

Forbes kembali merilis daftar terbaru orang terkaya di dunia. Beberapa miliarder masih bertahan di posisinya dan ada pula yang terhempas karena beberapa alasan.

Liputan6.com, Jakarta - Forbes kembali merilis daftar terbaru miliarder dunia. Beberapa orang terkaya dunia ini masih bertahan di posisinya dan ada pula yang terhempas karena satu dan lain hal.

Lantas, siapa saja yang masuk dalam daftar miliarder terbaru 2023 versi Forbes?

Para miliarder ini merupakan orang paling kuat di bumi yang memiliki pengaruh signifikan atas sebagian besar ekonomi global. Selain itu, mereka juga berperan dalam segala hal dari politik internasional dan media hingga filantropi dan inovasi ilmiah.

Mereka membangun perusahaan yang mempekerjakan puluhan atau bahkan ratusan ribu karyawan di seluruh dunia dan berada di belakang beberapa merek terkenal termasuk Microsoft, Amazon, Tesla, Google, dan Nike.

Banyak miliarder menyimpan sebagian besar kekayaan bersih mereka di saham perusahaan yang mereka dirikan. Saat harga saham itu bergerak, keberuntungan pun ikut bergerak bersamanya.

Menurut Forbes, pada 1 Februari 2023, salah satu pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin, menempati peringkat ke-8 dan ke-10 orang terkaya di dunia. Tetapi karena harga saham Google dan induk usahanya Alphabet turun lebih dari 9 persen dalam sebulan terakhir, baik Page maupun Brin jatuh dari posisi sepuluh besar.

Sementara itu, Mukesh Ambani dari India naik satu tingkat ke-8, sementara mantan CEO Microsoft Steve Ballmer dan ahli waris kosmetik Prancis, Francoise Bettencourt Meyers, sekarang masing-masing menempati peringkat ke-9 dan 10.

pendiri Facebook Mark Zuckerberg

Kemudian pada Maret 2021, pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi orang terkaya kelima di dunia, senilai USD 97 miliar. Sejak itu, saham Facebook (berganti nama menjadi Meta Platforms) telah turun 35 persen dan Zuckerberg keluar dari 10 orang terkaya. Pada 1 Maret 2023, dia menduduki peringkat ke-16 dengan kekayaan senilai USD 63 miliar.

Gautam Adani dari India menyalip Mukesh Ambani untuk menjadi orang terkaya di Asia pada Februari 2022. Kekayaannya melonjak sebesar USD 55 miliar tahun lalu, dan pada akhir Januari ia menjadi orang terkaya ketiga di dunia, senilai USD 127 miliar.

Kemudian pada 24 Januari, short seller Hindenburg Research merilis laporan pedas yang menuduh Adani Group menjalankan "penipuan perusahaan", yang dibantah keras oleh miliarder dan perusahaannya. Saham perusahaan Grup Adani yang terdaftar telah turun tajam sejak saat itu.

Adani keluar dari peringkat 10 orang terkaya pada 1 Februari 2023 dan per 1 Maret, dia menempati peringkat ke-32 bernilai hampir USD 38 miliar.

Berikut ini 10 orang terkaya di dunia per 1 Maret 2023 pukul 08.30 waktu Timur, menurut Forbes. Harga saham berfluktuasi secara rutin, sehingga kekayaan bersih ini dapat berubah setiap hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daftar Miliarder Dunia

10. Francoise Bettencourt Meyers

Kekayaan bersih: USD 80,7 miliar

Sumber: L'Oreal

Umur: 69

Tempat tinggal: Paris, Prancis

Kewarganegaraan: Prancis

Francoise Bettencourt Meyers, cucu pendiri raksasa kosmetik L'Oreal, adalah wanita terkaya di dunia. Bettencourt Meyers dan keluarganya memiliki sekitar 33 persen saham L'Oreal. Dia telah bertugas di dewan L'Oreal sejak 1997 dan merupakan ketua perusahaan induk keluarga.

Bettencourt Meyers mewarisi kekayaannya pada tahun 2017 setelah kematian ibunya, Liliane Bettencourt. Dia menjabat sebagai presiden yayasan filantropi keluarganya, yang mendorong kemajuan dalam sains dan seni.

9. Steve Ballmer

Kekayaan bersih: USD 80,9 miliar

Sumber: Microsoft, investasi

Umur: 66

Kediaman: Hunts Point, Washington

Kewarganegaraan: AS

Ballmer, teman sekelas Bill Gates di Universitas Harvard, menjalankan Microsoft sebagai CEO dari 2000 hingga 2014. Dia bergabung dengan Microsoft sebagai karyawan nomor 30 pada tahun 1980 setelah keluar dari program MBA.

8. Mukesh Ambani

Kekayaan bersih: USD 83,3 miliar

Sumber: petrokimia, telekomunikasi

Umur: 65

Tempat tinggal: Mumbai, India

Kewarganegaraan: India

Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan Reliance Industries senilai USD 104 miliar (pendapatan), yang memiliki kepentingan di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel. Itu memiliki Network18, pemegang lisensi Forbes Media, dan hotel Mandarian Oriental di New York.

Reliance didirikan oleh mendiang ayahnya Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, pada tahun 1966 sebagai produsen tekstil kecil. Setelah kematian ayahnya pada tahun 2002, Ambani dan adiknya Anil membagi kerajaan keluarga.

3 dari 5 halaman

7. Carlos Slim Helu

Kekayaan bersih: USD 89,9 miliar

Sumber: telekomunikasi, investasi

Umur: 83

Tempat tinggal: Mexico City

Kewarganegaraan: Meksiko

Carlos Slim Helu dan keluarganya mengendalikan América Móvil, perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Amerika Latin, yang beroperasi di sedikitnya 15 negara. Slim dan beberapa mitra telekomunikasi asing mengakuisisi Telmex, perusahaan telepon milik pemerintah, pada tahun 1990. Telmex menjadi bagian dari América Móvil.

Dia juga memiliki saham di perusahaan konstruksi Meksiko, barang konsumen, pertambangan dan real estate. Dia dulunya memiliki 17% saham New York Times, tetapi menjual sahamnya pada tahun 2021.

6.Bill Gates

Kekayaan bersih: USD 104,9 miliar

Sumber: Microsoft, investasi

Umur: 67

Tempat tinggal: Medina, Washington

Kewarganegaraan: AS

Sebagai seorang remaja, Gates menjadi sangat tertarik dengan pemrograman komputer. Dia keluar dari Harvard untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft dengan teman sekolah menengahnya Paul Allen pada tahun 1975–menciptakan salah satu program perangkat lunak pertama yang tersedia untuk industri komputer pribadi yang baru lahir. Dia adalah CEO perusahaan selama 25 tahun dan tetap menjadi ketua hingga 2014. Dia akhirnya keluar dari dewan pada tahun 2020. Saat ini dia memiliki investasi di lusinan perusahaan termasuk Republic

5. Warren Buffett

Kekayaan bersih: USD 106,4 miliar

Sumber: Berkshire Hathaway

Umur: 92

Kediaman: Omaha, Nebraska

Kewarganegaraan: AS

Dikenal sebagai "Oracle of Omaha”, Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Dia menjalankan konglomerat investasi Berkshire Hathaway, yang memiliki lusinan perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell, dan rantai restoran Dairy Queen. Putra seorang anggota kongres AS, dia pertama kali membeli saham pada usia 11 tahun dan pertama kali mengajukan pajak pada usia 13 tahun.

4 dari 5 halaman

4. Larry Ellison

Kekayaan bersih: USD 112,3 miliar

Sumber: Oracle

Umur: 78

Tempat tinggal: Lanai, Hawaii

Kewarganegaraan: AS

Larry Ellison mendirikan perusahaan perangkat lunak Oracle pada 1977 dan menjalankannya sebagai CEO hingga 2014. Dia sekarang menjabat sebagai ketua dan Chief Technology Officer perusahaan. Selama bertahun-tahun Oracle telah melakukan serangkaian akuisisi besar, membeli Sun Microsystems pada tahun 2010.

3. Jeff Bezos

Kekayaan bersih: USD 117,4 miliar

Sumber: Amazon

Umur: 59

Tempat tinggal: Medina, Washington

Kewarganegaraan: AS

Jeff Bezos mengundurkan diri sebagai CEO raksasa e-commerce Amazon pada Juli 2021 tetapi tetap menjadi ketua; pada bulan yang sama dia pergi ke luar angkasa dengan roket yang dibangun oleh perusahaan roket swasta Blue Origin, yang dia dirikan dan didanai dengan miliaran dolar.

Bezos mendirikan peritel online Amazon.com di garasinya di Seattle pada 1994, setelah dia meninggalkan pekerjaannya di New York di hedge fund D.E. Shaw. Amazon dimulai sebagai penjual buku online pada saat hanya sedikit orang yang membeli barang secara online. Amazon tumbuh mendominasi penyimpanan cloud dan beralih ke produksi film dan serial untuk memberi makan Amazon Prime Video.

2.Elon Musk

Kekayaan bersih: USD 196,5 miliar

Sumber: Tesla, SpaceX, Twitter

Umur: 51

Tempat tinggal: Austin, Texas

Kewarganegaraan: AS

Musk adalah CEO perusahaan mobil listrik Tesla, roket SpaceX, dan media sosial Twitter. Dia memiliki 23 persen saham Tesla antara saham dan opsi, tetapi telah menjaminkan lebih dari setengah sahamnya sebagai jaminan pinjaman. Perusahaan mobil menyumbang sekitar dua pertiga dari kekayaannya. Dia membeli Twitter seharga USD 44 miliar pada Oktober 2022 dan memiliki sekitar 74 persen saham perusahaan media sosial tersebut.

 

 

5 dari 5 halaman

1. Bernard Arnault

Kekayaan bersih: USD 210,8 M

Sumber: LVMH/ barang mewah

Umur: 73

Tempat tinggal: Paris

Kewarganegaraan: Prancis

Bernard Arnault adalah CEO dan ketua LVMH, perusahaan barang mewah terbesar di dunia dengan sekitar 70 merek fesyen dan kosmetik. Di antara yang paling menonjol antara lain Louis Vuitton, Christian Dior, Moet & Chandon dan Sephora. Pada Januari 2021, LVMH mengakuisisi toko perhiasan Tiffany & Co. seharga USD 15,8 miliar.

Ayah Arnault menghasilkan jutaan dalam bisnis konstruksi. Saat memulai, Arnault menggunakan USD 15 juta dari kekayaan itu untuk membeli Christian Dior.

Empat dari lima anak Arnault bekerja di beberapa bagian kerajaan LVMH. Pada Januari 2023, Arnault menunjuk putrinya Delphine untuk menjalankan Dior, merek terbesar kedua di grup tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.