Sukses

Top 3: Menko Luhut Angkat Bicara soal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, masyarakat yang tidak berhak tinggal di sekitar kawasan Depo Pertamina Plumpang, di Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, masyarakat yang tidak berhak tinggal di sekitar kawasan Depo Pertamina Plumpang, di Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara yang seharusnya direlokasi bukan Depo Pertamina.

Selain itu, ia menuturkan, pihak yang memberikan izin warga tinggai di sekitar Depo juga bertanggung jawab.

Sebelumnya berdasarkan data BPBD DKI Jakarta Senin, 6 Maret 2023 pukul 06.00 WIB, korban meninggal dunia ada 18 jiwa. 39 jiwa sedang dalam penangangan tim medis di 9 rumah sakit. Sementara itu, 172 korban terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Rawa Badak Seladan, Jakarta masih mengungsi.

Artikel mengenai Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan yang ikut angkat bicara soal depo Pertamina Plumpang ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu 8 Maret 2023:

1. Soal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Menko Luhut Sebut Pihak yang Beri Izin Warga Tinggal Tak Benar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan angkat bicara mengenai kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Menko Luhut menilai, masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Depo di Jalan Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara yang direlokasi.

"Jangan dibalik-balik. Plumpang dibuat sana ada daerah kosong, buffer zone untuk tidak ada kejadian, Jangan ini (depo-red) yang disuruh pindah. Orang yang tak berhak di situ yang harus disuruh pindah,” ujar Menko Luhutdikutip dari salah satu video siaran televisi swasta, Selasa (7/3/2023).

Baca artikel selengkapnya di sini

2 dari 3 halaman

2. Kemarau Ekstrem Landa Indonesia Mei-Agustus 2023, Ini Daftar Wilayah Terdampak

Musim kemarau 2023 diprediksi lebih kering apabila dibandingkan dengan tiga tahun terakhir. Selain itu, juga ada potensi El Nino atau fenomena pemanasan suhu muka laut hingga 60 persen.

Hal tersebut sebagaimana diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Apalagi ada potensi El Nino 50-60 persen, seandainya tidak ada El Nino pun ada wilayah yang musim kemaraunya lebih kering dari normalnya. Apalagi plus ada potensi El Nino," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi daring, Senin (6/3/2023).

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Rafael Alun Lapor Harta di LHKPN Hanya Rp 56 Miliar, Ternyata Diblokir PPATK Tembus Rp 500 Miliar

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengatakan, PPATK sudah memblokir puluhan rekening yang berkaitan dengan mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy.

Lebih dari 40 rekening berkaitan dengan mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo ayah Mario Dandy yang diblokir PPATK.

"Di atas 40 rekening," ujar Ivan saat dikonfirmasi, Selasa (7/3/2023).

Baca artikel selengkapnya di sini