Sukses

Ingin Survive di Era Digital? Ini Strategi Bisnis yang Harus Dijalani!

Agar bisnis yang dijalani dapat survive di era kompetitif seperti sekarang, diperlukan sebuah langkah perubahan yang drastis melalui strategi bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Tren bisnis saat ini, sudah mengarah kepada kegiatan e-commerce a.k.a bisnis online. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 34,10 persen usaha yang melakukan kegiatan e-commerce hingga 15 September 2022.

Persentase tersebut meningkat dibandingkan pada 31 Desember 2021 yang sebesar 32,23 persen. BPS juga mencatat, terdapat 2,87 juta usaha daring yang tersebar di seluruh provinsi. Data tersebut menunjukkan besarnya kegiatan bisnis online di Indonesia.

Dengan besarnya kegiatan tersebut, maka semakin besar pula persaingan dalam bisnis online. Nah, agar bisnis yang dijalani dapat survive di era kompetitif seperti sekarang, diperlukan sebuah langkah perubahan yang drastis melalui strategi bisnis.

Penasaran dengan strategi bisnis apa yang harus Anda jalani di era digital yang serba kompetitif ini? Ikuti langkahnya di bawah ini, ya!

1. Tonjolkan Unique Selling Point

Unique selling point merupakan salah satu langkah efektif dalam memilih calon konsumen dalam bisnis yang sangat kompetitif. Selain itu, USP juga dapat membantu produk usaha agar memiliki ciri khas dibandingkan bisnis yang lainnya.

Terkadang, unique selling point ini menjadi alasan bagi konsumen untuk membeli suatu produk, lho. Bagaimana tidak? Pasalnya, konsumen pasti akan mencari usaha yang memberikan keuntungan lebih dibandingkan yang lainnya.

Untuk menentukan USP usaha Anda, diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan. Mulai dari mengetahui kebutuhan pelanggan, mencari tahu keunggulan pesaing, hingga memberikan kepuasan batin kepada pelanggan.

2. Terapkan Digital Marketing

Ketika Anda sudah menetapkan USP, langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan digital marketing. Langkah ini bertujuan untuk membantu memperluas jangkauan bisnis Anda kepada pelanggan. Selain itu, dengan digital marketing, pemasaran produk usaha Anda akan jauh lebih terukur dan tepat.

Tak hanya dapat menguntungkan dari sisi finansial semata, digital marketing juga dapat membuat brand awareness usaha Anda akan meningkat. Di sisi lain, dengan menerapkan digital marketing melalui media sosial, iklan, SEO, dan website bisa membuat usaha Anda mendapatkan pasar yang lebih luas.

3. Pemasaran yang Mobile Friendly

Masih dalam lingkup digital marketing, Anda bisa memaksimalkan pemasaran produk yang mobile friendly. Pemasaran yang mobile friendly, didasari oleh beberapa komponen di dalamnya. Anda perlu mengoptimasi mobile friendly website yang bakal menciptakan pengalaman dalam mengkonsumsi konten mobile yang cocok di layar tanpa butuh menerapkan usaha ekstra, memuat dengan cepat, serta bebas dari berbagai hambatan.

Agar semakin berdampak optimal untuk bisnis, Anda perlu menciptakan mobile buyer persona, menentukan tujuan strategi pemasaran mobile friendly, tentukan KPI, dan memantau berbagai matrix (Google Analytics) yang berhubungan satu sama lain.

4. Maksimalkan Ragam Aplikasi

Setelah melakukan tiga langkah di atas secara optimal, Anda bisa memaksimalkan ragam aplikasi yang tersedia saat ini, baik itu marketplace atau media sosial lainnya. Bisa dibilang, optimalisasi di ragam aplikasi ini merupakan ujung tombak dari penjualan produk usaha Anda. Untuk itu, Anda harus masif dalam melakukan strategi penjualan produk di tahap ini!

5. Lakukan Efisiensi Bisnis

Efisiensi bisnis dapat dilakukan melalui beberapa strategi pemasaran atau penjualan. Mulai dari melakukan otomatisasi dalam bisnis, mengurangi hal yang tidak menguntungkan, hingga menerapkan komunikasi terbuka.

Selain itu, terkadang biaya pengiriman barang sangat memengaruhi efisiensi bisnis. Guna mendapatkan efisiensi bisnis yang maksimal, Anda dapat memilih jasa kargo yang cocok untuk mendukung penjual online meningkatkan efisiensi usaha, salah satunya adalah J&T Cargo.

J&T Cargo adalah perusahaan logistik kargo yang fokus pada pengiriman paket besar. Memiliki keunggulan wide coverage dengan lebih dari 3,000 outlet yang tersebar di 98% area di Indonesia, waktu pengiriman tepat sesuai rencana, serta service excellence atau layanan respon cepat CS hingga gratis jemput paket untuk VIP client.

Dengan tiga keunggulan tersebut, J&T Cargo dapat membuat usaha Anda semakin efisien dari segi biaya karena dapat menekan biaya pengiriman barang hingga 50 persen dengan berat barang mulai dari 5kg, lho.

Dengan itu, Anda akan diuntungkan karena mampu mempersingkat pengolahan informasi menjadi lebih cepat dan akurat sepanjang proses distribusi. Nah, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan J&T Cargo untuk Anda yang memiliki bisnis online, sangat mampu meningkatkan efisiensi bisnis atau usaha yang dijalani, bukan? Langsung saja daftar di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.