Sukses

Sebelum Jamu Menteri Ekonomi ASEAN, Mendag Zulkifli Hasan Lari Pagi Keliling Borobudur

Lari jadi salah satu olahraga yang rutin dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, selain bermain tenis.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyempatkan waktu untuk berlari pagi mengelilingi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, sebelum bertemu para Menteri Ekonomi ASEAN pada AEAN Economic Ministers (AEM) Retreat ke-29, Rabu (22/3/2023).

"Pagi ini olahraga, penting. Nanti kan kita mau acara satu harian penuh, ASEAN Economic Ministers," ujar Mendag Zulkifli Hasan saat jogging pagi mengelilingi Candi Borobudur.

Menurut pengakuannya, lari jadi salah satu olahraga yang rutin ia lakukan, selain bermain tenis. Bahkan menurut pengakuan beberapa orang terdekatnya, mantan Ketua MPR RI tersebut kerap menempuh jarak 10-12 km dalam satu kali kegiatan.

 

"Ini rutin. Kalau enggak lari ya tenis. Karena kalau mau sehat kan musti olahraga. Dan olahraga enggak bisa titip. Titip ya, saya olahraga dulu, kan enggak bisa," ungkap Mendag.

Mendag Zulkifli Hasan mengaku sering menyempatkan waktunya untuk olahraga lari bila ada waktu. Masih menurut orang-orang terdekatnya, ia terhitung suka melakukan kegiatan tersebut dua kali sepekan.

"Ya rutin lah. Kalau ada tiap hari," kata Mendag Zulkifli Hasan.

 

Sebagai informasi, Kemendag menggelar rangkaian acara AEM Retreat ke-29 di Magelang, Jawa Tengah pada 20-22 Maret 2023, sebagai bagian dari Keketuaan Indonesia di ASEAN.

AEM Retreat kali ini melangsungkan Senior Economic Official Meeting (SEOM) pada 20-21 Maret 2023. Selanjutnya, pertemuan inti AEM Retreat 2023 terjadi pada 22 Maret 2023.

2 dari 3 halaman

Mendag Bakal Jadikan ASEAN Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan, Indonesia selaku pemegang keketuaan ASEAN 2023 ingin membawa Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

Hal itu disampaikan Mendag dalam acara gala dinner bersama Menteri Ekonomi ASEAN jelang gelaran AEM Retreat ke-29 di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (21/3/2023).

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, pertemuan di Magelang ini mendomenstrasikan komitmen Pemerintah RI untuk merealisasikan visi dalam membangun ASEAN yang resilient, adaptif, inklusif, memainkan peran utama, dan mendorong kesejahteraan kepada warga di tingkat region hingga dunia.

"Dengan semangat sentralitas ASEAN, kita harus bisa mendorong ke depan semangat kolaborasi dalam membangun ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi global," ujar Mendag Zulkifli Hasan.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Nyata

Oleh sebabnya, ia berharap pertemuan AEM Retreat ke-29 nanti akan menghasilkan hasil nyata. Dalam hak ini, mencapai pertumbuhan ekonomi dan menggapai benefit dari kerjasama negara-negara ASEAN.

Pada saat bersamaan, Mendag Zulkifli Hasan juga turut mengundang para Menteri Ekonomi ASEAN, termasuk Timor Leste yang bakal masuk jadi keluarga ASEAN, untuk menikmati sajian makanan dan kebudayaan Indonesia.

"Di Margo Utomo Candi Borobudur, mari kita duduk bersama untuk melangkah mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia," pungkas Mendag.