Sukses

Usai Bukukan Rugi, SeaBank Indonesia Mampu Cetak Laba Bersih Rp 269 Miliar di 2022

Kinerja dan pencapaian yang kuat adalah bukti dari koneksi menguntungkan SeaBank ke ekosistem Shopee dan kondisi pasar perbankan digital yang optimis di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank), sebagai anak perusahaan bank digital dari Sea Group membukukan laba sebelum pajak penghasilan sebesar Rp 59,5 miliar setara USD 4 juta pada 2022. Angka ini kebalikan dengan yang dibukukan tahun sebelumnya yang mengalami kerugian sebesar Rp 315,3 miliar.

Selain itu, SeaBank Indonesia memperoleh pendapatan pajak tangguhan sebesar Rp 335,031 miliar. Dengan begitu, laba bersih yang dibukukan menjadi Rp 269,2 miliar pada 2022. Sedangkan tahun sebelumnya mengalami kerugian Rp 313,4 miliar.

Selain itu, pinjaman SeaBank yang disalurkan naik menjadi Rp 15,9 triliun di 2022, angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 6,1 triliun, seperti dilaporkan TechinAsia (Rabu (12/4/2023).

Kinerja dan pencapaian yang kuat adalah bukti dari koneksi menguntungkan SeaBank ke ekosistem Shopee dan kondisi pasar perbankan digital yang optimis di Indonesia.

Laporan terbaru fintech oleh AC Ventures dan BCG mencatat bahwa bank digital Indonesia telah menikmati pertumbuhan fenomenal dalam beberapa tahun terakhir dengan tingkat adopsi yang dipercepat dan nilai pasar yang meningkat.

Pesaingnya

Laporan yang sama mengatakan bahwa pesaing lokal SeaBank, seperti Bank Jago, juga menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan dengan pertumbuhan penyaluran pinjaman sebesar 3,5 kali year-on-year, ini mencapai 485 juta dolar AS pada 2022.

Keuntungan yang diperoleh SeaBank ini mencerminkan bahwa bank digital berpeluang mendanai pertumbuhan internal pada 2023. 

Diikuti Allo Bank dari CT Group yang melalui kinerjanya, memiliki potensi untuk menjangkau 100 juta nasabah. Hasil laporan keuangannya sepanjang 2022 telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 6,99 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belanja Pakai QRIS di SeaBank Dapat Cashback

Sebelumnya, PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank) menghadirkan fitur anyar yakni QRIS di dalam aplikasi. Upaya menghadirkan QRIS oleh SeaBank dilakukan untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih mudah dan aman bagi nasabah dalam satu genggaman.

Fitur Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS kini sudah bisa dipakai nasabah SeaBank untuk membayar berbagai macam transaksi langsung dari aplikasi di merchant yang menyediakan QRIS sebagai metode pembayarannya.

Presiden Direktur SeaBank Indonesia Sasmaya Tuhuleley menjelaskan, adanya fitur QRIS merupakan bentuk dari komitmen panjang SeaBank untuk menghadirkan beragam inovasi yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Fitur QRIS ini adalah bukti komitmen SeaBank yang selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan nasabah.

"Jadi kami harap dengan hadirnya fitur QRIS di aplikasi SeaBank bisa mempermudah aktivitas transaksi pembayaran nasabah, hal ini sejalan dengan misi SeaBank yakni make banking easy for everyone. Inovasi SeaBank tidak hanya berhenti di sini, selain QRIS ke depan kami juga akan menghadirkan berbagai fitur dan layanan baru bagi nasabah.” ungkap Sasmaya dalam keterangan tertulis, Minggu (12/2/2023). 

Kehadiran fitur QRIS bakal melengkapi deretan layanan andalan yang telah hadir di aplikasi SeaBank.

“Fitur QRIS yang kini hadir di aplikasi SeaBank tentu saja membuat kami semakin bersemangat dalam melayani nasabah. QRIS ini fitur yang sebenarnya sudah lama dinantikan muncul, dan kehadirannya tentu akan memperluas ekosistem digital di Indonesia.” jelas Sasmaya.

3 dari 3 halaman

Cashback

Di Februari ini, SeaBank menghadirkan promo cashback bagi nasabah yang belum pernah memakai fitur QRIS SeaBank. Caranya hanya dengan melakukan transaksi pembelanjaan dengan nominal minimal Rp 50.000 dan membayar dengan fitur QRIS SeaBank mulai dari tanggal 10 sampai 17 Februari 2023.

Setiap nasabah memiliki 1 kesempatan untuk menikmati promo cashback dan akan mendapatkan cashback maksimal Rp 10.000 dengan kuota terbatas. Dana cashback yang didapatkan akan langsung ditransfer ke rekening SeaBank milik nasabah maksimal 7 hari setelah periode promo berakhir.

Sasmaya mengatakan, promo cashback ini ditujukan bagi seluruh nasabah yang belum pernah bertransaksi dengan menggunakan fitur QRIS SeaBank.

“Promo cashback ini tentu sangat menguntungkan nasabah, enak kan belanja kemudian dapat cashback. Kami sebenarnya ingin menyasar semua nasabah SeaBank, terutama mereka yang belum pernah menggunakan QRIS. Jadi harapannya dengan adanya fitur dan promo ini, mereka bakal terbiasa dan lebih sering memakai QRIS di SeaBank” tambah Sasmaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.