Sukses

Harga Minyak Dunia Hari Ini Meroket ke USD 87,33 per Barel

Harga minyak mentah Brent ditutup naik USD 1,72 atau 2,01 persen pada USD 87,33 per barel. Sementara harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik USD 1,73 atau 2,1 persen menjadi USD 83,26. Harga naik sekitar 2 persen pada perdagangan Selasa.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik 2 persen pada perdagangan Rabu karena mendinginnya data inflasi AS mendorong harapan bahwa Federal Reserve semakin dekat untuk mengakhiri siklus kenaikan suku bunga dan meredam dampak dari peningkatan kecil stok minyak mentah AS.

Dikutip dari CNBC, Kamis (13/4/2023), harga minyak mentah Brent ditutup naik USD 1,72 atau 2,01 persen pada USD 87,33 per barel. Sementara harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik USD 1,73 atau 2,1 persen menjadi USD 83,26. Harga naik sekitar 2 persen pada perdagangan Selasa.

Indeks Harga Konsumen atau Consumer Price Index (CPI) AS naik 0,1 persen bulan lalu setelah naik 0,4 persen pada Februari .Dalam 12 bulan hingga 31 Maret, CPI naik 5 persen dan menjadi kenaikan YoY terkecil sejak Mei 2021. CPI naik 6 persen YoY di bulan Februari.

“CPI IHK AS yang lebih lemah telah menimbulkan keraguan apakah Fed sekarang akan menaikkan suku bunga sama sekali bulan depan,” kata Analis Pasar StoneX Fawad Razaqzada. 

 "Menurunnya ekspektasi suku bunga mengurangi kekhawatiran resesi dan membantu mendukung harga aset berdenominasi dolar pada saat yang sama," lanjut dia.

Obligasi pemerintah, pengukur saham global, dan emas menguat sementara dolar turun tajam setelah data tersebut. Mata uang AS yang lebih lemah membuat minyak yang dihargakan dalam dolar lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Penasihat ekonomi utama Presiden AS Joe Biden dan mantan wakil ketua Federal Reserve, Lael Brainard, memprediksi inflasi turun.

Pasar mengabaikan peningkatan kecil dalam stok minyak mentah AS, menghubungkannya sebagian dengan pelepasan minyak yang diamanatkan kongres dari cadangan darurat AS dan ekspor yang lebih rendah pada awal bulan.

Persediaan minyak mentah naik 597.000 barel pada minggu lalu menjadi 470,5 juta, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk penurunan 600.000 barel.

 

2 dari 4 halaman

Stok BBM AS

Stok BBM AS turun 300.000 barel, sementara stok sulingan, yang meliputi solar dan minyak pemanas, turun 0,6 juta barel. Kedua draw-down lebih kecil dari perkiraan analis.

Sebuah laporan dari American Petroleum Institute menunjukkan persediaan minyak mentah naik sekitar 380.000 barel pada minggu lalu, sementara persediaan bensin juga lebih tinggi.

Direktur Eksekutif Badan Energi Internasional Fatih Birol menyatakan, pasar minyak global dapat mengalami pengetatan pada paruh kedua tahun 2023, yang akan mendorong harga minyak lebih tinggi,

Dana Moneter Internasional pada hari Selasa memangkas prospek pertumbuhan global 2023, mengutip dampak dari suku bunga yang lebih tinggi.

Pasar juga menunggu kejelasan tentang permintaan dan pasokan minyak, dengan laporan bulanan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan Badan Energi Internasional yang akan dirilis masing-masing pada Kamis dan Jumat.

Administrasi Informasi Energi AS pada hari Selasa memangkas perkiraan produksi minyak oleh negara-negara OPEC sebesar 0,5 juta barel per hari untuk sisa tahun 2023 dan memangkas perkiraan pertumbuhan permintaan minyak dunia 2023 sebesar 40.000 bph. 

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Naik 2 Persen Imbas Laporan Inflasi AS

Sebeumnya, harga minyak naik sekitar 2 persen pada hari Selasa di tengah harapan bahwa Federal Reserve mungkin melonggarkan pengetatan kebijakannya. Pergerakan harga minyak setelah laporan inflasi utama AS minggu ini, meskipun kekhawatiran tetap ada atas permintaan China.

Dikutip dari CNBC, Rabu (12/4/2023), harga minyak mentah Brent berjangka naik USD 1,73 atau 2,1 persen, menjadi USD 85,57 per barel. West Texas Intermediate Futures AS naik USD 1,74 atau 2,1 persen, menjadi USD 81,48 per barel.

Investor lebih optimis bahwa Federal Reserve AS semakin dekat untuk mengakhiri siklus kenaikan suku bunga, membuat minyak yang dihargakan dalam dolar AS lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Prospek The Fed menaikkan suku bunga acuan hanya sekali lagi dan dalam kenaikan 25 basis poin adalah titik awal yang berguna tetapi jalur kebijakan bank sentral akan bergantung pada data yang masuk, Presiden Fed New York John Williams mengatakan pada hari Selasa.

Laporan inflasi AS yang akan dirilis pada hari Rabu diharapkan dapat membantu investor mengukur lintasan jangka pendek untuk suku bunga.

“Prospek permintaan minyak mentah jangka pendek akan segera menjadi lebih jelas. Minggu ini kita akan mengetahui apakah ekonomi AS mengambil langkah-langkah ke dalam kolam resesi atau apakah akan melakukan tembakan meriam ke dalamnya, ”kata Edward Moya, analis senior di OANDA.

4 dari 4 halaman

Data China

Namun, data dari China menunjukkan inflasi konsumen pada bulan Maret naik pada laju paling lambat sejak September 2021, menunjukkan pelemahan permintaan berlanjut dalam pemulihan ekonomi yang tidak merata.

"IHK Maret China lebih rendah dari yang diharapkan, yang dapat mendorong pemerintah China untuk lebih merangsang ekonomi," kata Tina Teng, seorang analis di CMC Markets.

Minyak berjangka telah naik sekitar 7 persen sejak Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia mengejutkan pasar pekan lalu dengan pemotongan lebih lanjut target produksi mulai Mei.

Video Terkini