Sukses

6 Km Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Gratis Mulai 15 April, Jalur Exit Alternatif Siaga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jogjasolo Marga Makmur akan mengoperasikan Tol Solo-Yogyakarta secara fungsional alias gratis pada musim mudik Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jogjasolo Marga Makmur akan mengoperasikan Tol Solo-Yogyakarta secara fungsional alias gratis pada musim mudik Lebaran 2023.

Jalan Tol Solo-Yogya sepanjang 6 km tersebut akan dibuka fungsional selama 17 hari sejak 15 April-1 Mei 2023.

Untuk arus mudik, akan beroperasi satu arah dari Kartasura menuju Sawit pada 15-24 April 2024. Sementara untuk arus balik, akan beroperasi satu arah dari Sawit menuju Kartasura pada 25 April-1 Mei 2023

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, pengoperasian fungsional 6 km Tol Solo-Yogya ini tetap akan dilakukan pada dua hari Lebaran Idul Fitri 1444 H.

Ruas tersebut bisa digunakan untuk warga yang ingin pergi silaturahmi ke rumah keluarga dan kerabatnya selama hari H Lebaran 2023.

"Akan kita fungsionalkan di H-7 sampai H+7. Di sini akan ada tiga fase, untuk arus mudik Lebaran, kemudian nanti di periode silaturahmi dan wisata, dan arus balik," ujar Agus di Kantor Proyek Tol Solo-Yogyakarta, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023).

Skenario lalu lintasnya, ia menyebutkan, Tol Solo-Yogya akan dibuka dari GT Colomadu (ruas Solo-Ngawi), masuk ke jalur fungsional 6 km, lalu keluar ke Jalan Sawit sepanjang 800 meter hingga masuk ke Jalan Nasional Solo-Yogya. Skema ini berlaku baik untuk arus mudik maupun balik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalur Exit Alternatif

Namun, Jasa Marga turut menyiapkan jalur exit alternatif guna menghadapi kepadatan lalu lintas tak terbendung ke arah Jalan Sawit. Melalui perpanjangan 1 km jalan tol yang bisa tersambung ke jalan arteri nasional.

"Guna mengantisipasi kepadatan yang mungkin terdampak sampai ke lampu merah Jalan Sawit, kami buat ekstra sekitar 1 km, sampai dengan STA 7+200. Ini kita ada akses menuju ke jalan nasional," terangnya.

"Jadi saat terjadi penumpukan, kita akan buka lagi 1 km akses menuju arteri nasional," kata Agus.

Meskipun bisa dioperasikan untuk arus mudik dan balik, pengerjaan proyek Tol Solo-Yogyakarta belum sepenuhnya rampung. Jalur fungsional tersebut belum sepenuhnya terkena perkerasan jalan beton (rigid pavement), dimana sebagian masih berstatus struktur dasar jalan atau lean concrete (LC).

"Untuk jalur fungsional ini ada 6 km. Di sini posisinya sudah rigid 3,5 km, artinya sudah perkerasan ornamen. Ditambah 2,5 km LC, jadi perkerasan beton setebal 10 cm," jelas Agus.

 

 

3 dari 4 halaman

Gratis 6 Km, Tol Solo-Yogya Bakal Dilewati 1.000 Mobil per Hari

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jogjasolo Marga Makmur akan membuka Jalan Tol Solo-Yogya pada saat periode mudik dan balik Lebaran 2023. Ruas tol tersebut akan dibuka fungsional dari Kartasura menuju Sawit sepanjang 6 km.

Direktur Utama PT Jogjasolo Marga Makmur Suchandra Hutabarat memastikan, karena Jalan Tol Solo-Yogya hanya beroperasi fungsional 6 km, maka tidak akan dikenai tarif alias gratis saat momen arus mudik Lebaran 2023.

"Ya, karena ini jalur fungsional, tentunya kita tidak menetapkan tarif, gratis," ujar Chandra di STA 6+100 proyek Tol Solo-Yogyakarta di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (13/4/2023).

Menurut perhitungan PT JMM, volume lalu lintas di Jalan Tol Solo-Yogyakarta fungsional tersebut saat arus mudik diperkirakan bisa menyentuh hingga 1.000 mobil atau kendaraan per jam.

"Kita perkirakan berdasarkan dari perhitungan di Gerbang Tol Colomadu (dari arah Tol Solo-Ngawi), perkiraan kita yang akan masuk ke sini per harinya sekitar 800-1.000 (kendaraan)," kata Chandra.

Begitu pun dengan arus balik, dimana jumlah kendaraan yang melintas diprediksi mencapai 800-1.000 unit per hari.

"Kurang lebih mungkin sama trennya. Jadi kita tetap akan melakukan monitoring mulai dari ujung awal untuk masuk tol sampai dengan exit-nya nanti. Apabila terjadi kepadatan, kita sementara akan melakukan penutupan dulu di sana, situasional. Berkoordinasi dengan Satlantas Polres Boyolali," tuturnya.

Secara rencana, Jalan Tol Solo-Yogya sepanjang 6 km tersebut akan dibuka fungsional selama 17 hari sejak 15 April-1 Mei 2023. Pengoperasiannya dipecah antara arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

 

4 dari 4 halaman

Jam Operasional

Untuk arus mudik, akan beroperasi satu arah dari Kartasura menuju Sawit pada 15-24 April 2024. Sementara untuk arus balik, akan beroperasi satu arah dari Sawit menuju Kartasura pada 25 April-1 Mei 2023.

Namun, jalur fungsional tersebut hanya dibuka pada pukul 06.00-17.00 WIB, lantaran belum terfasilitasi lampu penerangan jalan umum (PJU). Adapun jenis mobil yang boleh melintas hanya kendaraan kecil, atau golongan I.

Skenario lalu lintasnya, Tol Solo-Yogya akan dibuka dari GT Colomadu (ruas Solo-Ngawi), masuk ke jalur fungsional 6 km, lalu keluar ke Jalan Sawit sepanjang 800 meter hingga masuk ke Jalan Nasional Solo-Yogya. Skema ini berlaku baik untuk arus mudik maupun balik.

Adapun dari total panjang 6 km, sepanjang 3,5 km di antaranya sudah berstatus rigid atau dibeton aspal. Sementara sisa 2,5 km lainnya masih berstatus lean concrete (LC).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini