Sukses

Arahan Erick Thohir, Puluhan Jurnalis Mudik Gratis Naik Kereta Api Pariwisata

Forum Wartawan BUMN (FWBUMN) yang juga sebagai mitra Kementerian BUMN, juga mengadakan program mudik gratis

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah pada tahun ini kembali mengadakan program Mudik Gratis. Upaya ini dilakukan sebagai langkah dalam mengurangi kemacetan di jalan raya dan meminimalisir angka kecelakaan.

Berdasarkan survei yang dilakukan Litbang Kementerian Perhubungan RI, terdapat potensi peningkatan mobilitas dibandingkan Prediksi Mobilitas Lebaran 2021, masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran setelah pengumuman vaksin sebagai syarat perjalanan justru meningkat 187,86 persen atau mencapai 85,5 juta orang.

Khusus warga Jabodetabek yang melakukan mudik yaitu 14,3 juta orang. Diprediksi terbanyak adalah pemudik menggunakan moda transportasi darat pribadi 40,2 juta orang, transportasi darat umum 26,7 juta orang, dan 8,2 juta orang menggunakan transportasi kereta api.

Kementerian BUMN bersama dengan perusahaan Plat Merah, menjadi salah satu pelopor program mudik gratis. Adapun, program Mudik Gratis bertajuk 'Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022', menyediakan kuota lebih dari 65 ribu.

Dalam rangka mendukung hal ini, Forum Wartawan BUMN (FWBUMN) yang juga sebagai mitra Kementerian BUMN, juga mengadakan program mudik gratis. Hanya saja, program mudik gratis ini dikhususkan untuk para jurnalis.

"Program mudik gratis ini arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk memfasilitasi teman-teman wartawan bisa mudik dengan nyaman," kata Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, Kamis (20/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diikuti 30 Jurnalis

Diikuti 30 JurnalisSementara itu, Ketua FWBUMN Ricky Anwardi mengatakan, program FWBUMN Mudik Gratis ini diikuti 30 jurnalis yang berasal dari berbagai media massa nasional.

Para peserta tersebut sudah memenuhi syarat mudik gratis, dimana diantaranya telah mengirimkan KTP, Kartu Pers, dan bukti vaksin booster. Seperti diketahui, bukti vaksin booster saat ini masih menjadi syarat wajib dalam menggunakan moda transportasi kereta api.

Kereta api diberangkatkan dari Stasiun Gambir pada pukul 06.15 WIB dan akan tiba di tujuan akhir Surabaya pada pukul 18.55 WIB. Mengenai tujuan mudik gratis yang dipilih masing-masing peserta sangat bervariatif, mulai dari Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Jombang, hingga Surabaya.

 

3 dari 3 halaman

Fasilitas Kereta Api

Yang menarik lagi, mudik gratis untuk wartawan ini menggunakan Kereta Api Pariwisata dengan tipe Priority. Dengan tipe ini, para peserta bisa menikmati fasilitas kereta mulai dari layanan multimedia hingga mini bar.

"Kegiatan ini kita adakan hanya untuk memfasilitasi teman-teman media yang ingin mudik, tapi masih belum sempat mencari tiket"," kata Ricky.

Pelaksanaan FWBUMN Mudik Gratis ini juga didukung oleh beberapa BUMN diantaranya PT Kereta Api Indonesia (Persero), Bank BNI, PLN, MIND ID, Pertamina, Semen Indonesia Group, Jamkrindo, InJourney, Pupuk Indonesia, Bio Farma, Bank Syariah Indonesia, dan Krakatau International Port.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini