Sukses

Gibran Rakabuming Raka Gelar Open House, Warga Perantauan Jadi Kenal Budaya Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka didampingi sang istri Selvi Ananda menyambut tamu saat open house, Sabtu (22/4/2023). Tamu tersebut dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat, tokoh politik dan kepala daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menggelar open house atau gelar griya di Loji Gandrung Solo, Sabtu (22/4/2023). Sejumlah tokoh hadir saat open house tersebut antara lain Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto dan Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

“Saya silaturahmi sama mas Gibran, sama keluarga,” ujar Dico dikutip dari Antara.

“Istri saya asli Solo,” tutur dia.

Dico mengaku menjalankan salat Idul Fitri di Kendal meski sudah sampai di Solo. “Tadi pagi salat Id di Kendal, selesai itu ke Solo, untuk silaturahmi, setelah ini ke Kendal lagi. Ada open house juga,” ujar dia.

Di sisi lain, Gibran Rakabuming Raka senang dengan gelar griya yang dilaksanakannya karena masyarakat juga banyak hadir. “Alhamdullilah semuanya lancar, terima kasih untuk warga yang sudah silaturahmi di Loji. Kalau enggak ada larangan pasti akan kami adakan lagi,” ujar dia.

Gibran juga menyampaikan terima kasih atas kedatangan sejumlah tokoh pada acara gelar griya itu. “Terima kasih mas Dico atas kedatangangannya ke Solo. Tadi ada pak Ketua DPC PDIP Kota Surakarta, teman-teman DPRD, masyarakat. Terima kasih atas kedatangannya,” tutur dia.

Adapun open house tersebut digelar sekitar pukul 09.00-11.00 WIB. Ratusan warga pun mendatangi open house di rumah dinas Gibran. Ia didampingi sang istri Selvi Ananda menyambut tamu saat open house.

Sejumlah warga pun datang dari berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya dari Padang, Sumatra Barat.

“Kebetulan di Solo, enggak pulang, Lebaran bersama teman. Kunjungi rumah wali kota. Terima kasih sudah menyelenggarakan gelar open house. Dengan ada open house kita jadi kenal budaya-budaya Solo,” ujar Salma asal Padang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Rakabuming Raka Ajak Masyarakat Solo Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, Banyak Tempat Wisata dengan Wajah Baru

Sebelumnya, tak henti-hentinya Walikota Solo mengajak masyarakatnya untuk mudik di hari Lebaran Idul Fitri 2023. Gibran Rakabuming Raka bersama Gubernur Jawa Tengah juga sudah menyiapkan transportasi gratis untuk warganya.

Tak hanya itu, Gibran Rakabuning Raka jug mempromosikan wisata-wisata dengan wajah baru di Solo. Tentunya, hal itu agar menarik pemudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (20/4/2023), putra sulung Presiden RI Jokowi, merinci apa saja yang baru di Solo dan juga tempat-tempat yang bisa dikunjungi.

"Mudik ke Solo, kalian bisa mengunjungi banyak spot wisata dengan wajah baru yang tentunya ‘manglingi’," tulis Gibran Rakabuming Raka berpromosi.

 

 

3 dari 4 halaman

Ada Ruang Seni, Budaya dan Kuliner

Salah satu yang disarankan Gibran Rakabuming Raka adalah Pracima Tuin Pura Mangkunegaran. Yaitu Taman Pracima yang ada di dalam Pura Mangkunegaran, yang sudah dibuka untuk umum.

"1. @pracima.mn - mempertemukan ruang seni, budaya dan kuliner khas kerajaan dalam keindahan arsitektur taman bergaya Jawa dan Eropa," lanjut Gibran.

4 dari 4 halaman

Wisata Religi Baru di Solo

Selain itu, ada juga wisata religi yang sudah terbuka untuk umum yaitu Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Masjid ini diresmikan pada 14 November 2022 oleh Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan, dan dibuka untuk umum pada 1 Maret 2023 lalu.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

"2. @mrszs_solo - spot wisata religi baru sebagai simbol persahabatan dua negara Muslim terbesar, Indonesia dan UEA. Masjid replika Sheikh Zayed Grand Mosque Abu Dhabi ini bisa menampung sekitar 10.000 jamaah. Keindahan arsitektur masjidnya merupakan akulturasi budaya Indonesia dan Timur Tengah," sambungnya.

Bagi pecinta kuliner tak usah khawatir, Solo juga menjadi tempatnya para pecinta makanan. Bahkan, tempat makan di Solo Safari sambil menyaksikan hewan-hewan yang ada di sana.

"3. @solosafari.id - menjadi habitat ratusan satwa endemik yang menawarkan asrinya pemandangan alam. Pengunjung juga bisa berwisata kuliner di dalam area Solo Safari dengan view kandang singa," bebernya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini