Sukses

Daftar Wilayah dengan Suhu Terpanas di Indonesia hingga 23 April 2023

BMKG menyampaikan Indonesia tidak mengalami gelombang panas (heatwave). Namun, suhu maksimum udara permukaan tergolong panas. Berikut daftar kota dengan suhu maksimum pada 22-23 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan suhu panas yang ekstrem melanda negara-negara Asia sepekan terakhir. Bangladesh mengalami rekor 51 derajat Celsius.

BMKG menyebutkan Kumarkhali, kota di distrik Kusthia, Bangladesh menjadi daerah terpanas dengan suhu maksimal harian yang tercatat sebesar 51,2 derajat Celsius pada 17 April 2023. Sedangkan 10 kota terpanas di Asia lainnya sebagian besarnya di Myanmar dan India. Di Indonesia, suhu maksimum harian terjadi di Ciputat, Tangerang yang mencapai 37,2 derajat Celsius pada 17 April 2023.

Meski demikian, BMKG menyebutkan Indonesia tidak mengalami gelombang panas, tetapi suhu maksimum udara permukaan juga tergolong panas. Mengutip Instagram @infobmkg, Minggu, (23/4/2023), BMKG menyebutkan penyebab suhu panas di Indonesia tersebut antara lain dinamika atmosfer yang tidak biasa, suhu panas April di wilayah Asia selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, lonjakan panas pada 2023 terparah.

Selain itu, tren pemanan global dan perubahan iklim yakni gelombang panas “heatwave” semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering, dominasi monsun Australia Indonesia memasuki musim kemarau, dan intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

BMKG menyampaikan suhu maksimum harian di Indonesia pada 22-23 April 2023 pukul 07.00 WIB antara lain di:

  • Stasiun Meteorologi Pangsuma, Kapuas Hulu, Kalbar tercatat maksimum 35,8 derajat Celsius (C)
  • Stasiun Meteorologi Tebelian, Sintang, Kalbar tercatat 35,6 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Nangapinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, tercatat 35,2 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Kalimarau, Berau, Kalbar tercatat 35 derajat C
  • Stasiun Meteorologi  Mutiara Sis-Al Jufri, Palu, Sulteng,  tercatat 35 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua, tercatat 34,8 derajat C
  • Stasiun Meteorologi H.Asan,Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, tercatat 34,7 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Banten tercatat 34,6 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Iskandar, Kotawaringin Kalteng tercatat 34,5 derajat C
  • Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika II, Tangsel tercatat 34,4 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Sanggu, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng tercatat 34,4 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Sangia Ni Bandera, Kolaka, Sulawesi Tenggara tercatat 34,4 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Japura,  Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, tercatat 34,4 tercatat 34,4 derajat C
  • Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika I, Ciputat, Tangsel tercatat 34,2 derajat C
  • Stasiun Klimatologi Jawa Tengah tercatat 34,2 derajat C
  • Stasiun Geofisika Deli Serdang tercatat 34 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Ahmad Yani tercatat 34 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Nusa Tenggara Barat tercatat 34 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok tercatat 34 derajat C
  • Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas tercatat 34 derajat C

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gelombang Panas Alias Heatwave Serang Asia, Indonesia Bagaimana?

Sebelumnya, belakangan ini warganet mengeluhkan cuaca di berbagai wilayah yang ditinggalinya makin panas. Seorang pengguna Instagram mengeluhkan bahwa sepekan terakhir, cuaca dan hawa lebih panas. Pengguna Instagram lain mengeluhkan hal serupa, sudah berbaring di lantai dingin, tetapi hawa tubuh masih terasa panas.

Kamu merasakan hal serupa? Kalau iya kamu tidak sendirian. Pasalnya menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), saat ini gelombang panas alias heatwave tengah melanda negara-negara Asia.

Mengutip laman Instagram BMKG, Minggu (23/4/2023), suhu panas ekstrem melanda negara-negara Asia dalam sepekan terakhir. Adapun negara yang paling panas akibat gelombang panas ini adalah Bangladesh dengan suhu 51 derajat Celsius.

"Ternyata di beberapa negara di Asia sedang mengalami heatwave atau gelombang panas, hal ini tidak biasa terjadi sehingga menjadi perbincangan hangat dunia terkini," kata BMKG melalui akun Instagram terverifikasinya.

Meski begitu, BMKG mengklaim Indonesia tidak mengalami gelombang panas alias heatwave. Namun lembaga ini mengakui, sepekan terakhir suhu panas maksimum udara permukaan di Indonesia tergolong panas, jika dibandingkan hari biasanya.

Menurut BMKG, Ciputat dan Tangerang Selatan mencatat suhu maksimum harian tertinggi pada dasarian II April, tepatnya pada tanggal 17 April 2023.

BMKG pun merilis beberapa wilayah dengan suhu panas atau cuaca panas harian tertinggi per 11-20 April 2023.

 

3 dari 3 halaman

Deretan Wilayah dengan Panas Tinggi di Indonesia

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah II atau Tangerang Selatan dengan suhu tertinggi yang dipantau sebesar 37,2 derajat Celsius, suhu tertinggi tercatat pada 17 April 2023.

Stasiun Meteorologi Pangsuma, Kapuas Hulu, Kalbar, dengan suhu tertinggi harian 36,6 derajat Celsius pada 18 April 2023.

Stasiun Meteorologi Nanga Pinoh, Kalbar, dengan suhu tertinggi harian 36,5 derajat Celsius pada 18 April 2023.Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I, Ciputat Timur, Tangsel dengan suhu tertinggi harian 36,5 derajat Celsius pada 15 April 2023.

Stasiun Meteorologi Tebelian, Kalbar, dengan suhu tertinggi harian 36,3 derajat Celsius pada 18 April 2023.

Stasiun Meteorologi Tarempa, Kepulauan Anambas, Kepri, dengan suhu tertinggi harian 36,2 derajat Celsius pada 16 April 2023.

Stasiun Geofisika Deli Serdang, Sumut, dengan suhu tertinggi harian 36,2 derajat Celsius pada 15 April 2023.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II atau Tangsel, dengan suhu tertinggi harian 36,2 derajat Celsius pada 15 April 2023.

Stasiun Klimatologi Banten dengan suhu tertinggi harian 36,0 derajat Celsius pada 17 April 2023.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II, Ciputat Timur, Tangsel dengan suhu tertinggi harian 36,0 derajat Celsius pada 16 April 2023. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini