Sukses

Kisah Sukses Pengusaha Mode Singapura, Bangun Bisnis di Usia 19 Tahun dari Toko Barang Bekas

Rachel Lim baru berusia 19 tahun ketika dia memulai toko fesyen yang menjual pakaian bekas bersama dengan beberapa teman universitasnya pada 2005.

Liputan6.com, Jakarta Rachel Lim, wanita asal Singapura sukses mendirikan bisnis fesyen merek Love, Bonito. Padahal sebelumnya dia sempat putus kuliah dan memilih untuk berwirausaha. Kini dia pun sudah berhasil meraup kekayaan hingga USD 5 juta atau sekitar Rp 73,5 miliar.

Lantas, bagaimana kisahnya?

Dilansir dari South China Morning Post, Kamis (27/4/2023), Rachel Lim baru berusia 19 tahun ketika dia memulai toko fesyen yang menjual pakaian bekas bersama dengan beberapa teman universitasnya pada 2005. Lima tahun kemudian, pada 2010, merek fesyen Love, Bonito dibangun, dan grup tersebut memutuskan untuk merancang pakaian sendiri.

Maju cepat ke lebih dari satu dekade kemudian dan Love, salah satu pendiri Bonito sekarang dikenal sebagai pelopor e-commerce yang memiliki kerajaan mode bernilai jutaan dolar.

Keluar Dari Universitas Demi Fokus Berwirausaha

Menurut situs web bisnis Another Start-up Story, Lim mengambil kesempatan pada start-upnya dan melewati tahun terakhirnya di Nanyang Technological University. Sebelum putus sekolah, dia berusaha mendapatkan gelar dalam mengajar.

“Saya selalu suka memengaruhi orang. Baik itu melalui pendidikan atau orang-orang yang kami hubungi di Love, Bonito,” katanya dalam wawancara dengan publikasi tersebut.

Dalam wawancara yang sama, pengusaha Singapura itu berbagi cerita tentang cara dia harus meminjam tabungan ibunya untuk membiayai bisnis hingga berhasil merancang pakaiannya sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Dana Jutaan Dolar

Mengingat pertumbuhan start-up yang stabil, Lim dan mitra bisnisnya mendapatkan pendanaan dari berbagai investor di seluruh dunia.

Pada 2018, Jurnal Modal Ventura melaporkan bahwa perusahaan mendapatkan pendanaan seri B sebesar USD 13 juta yang dipimpin oleh situs belanja perbandingan Jepang Kakaku. Tiga tahun kemudian, Love, Bonito mendapatkan USD 50 juta lebih dalam pendanaan seri C yang dipimpin oleh Primavera Capital Group, kata Channel NewsAsia.

Kekayaan Bersih Jutaan Dolar Hingga Raih Beragam Penghargaan

Kekayaan bersih raja mode Singapura ini diperkirakan berkisar antara USD 1 hingga 5 juta, menurut PopularBio. Tampaknya bisnisnya itu siap untuk menghadapi kesuksesan di masa depan. Jadi, tidak mengherankan melihat angka itu akan terus naik.

Sementara itu, daya tarik terbesar dari Love, Bonito adalah dara produknya melayani secara khusus ukuran wanita Asia sekaligu tetap mengikuti tren mode terkini. Merek ini hadir secara besar-besaran di wilayah, seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Filipina, per Asia News Network.

Di samping itu, selama bertahun-tahun, jutawan mode asal Singapura ini pun telah meraih beberapa penghargaan. Salah satu pengakuan yang paling menonjol adalah dari Forbes karena dia termasuk dalam 30 under 30 Asia edisi 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini