Sukses

15.900 Penumpang Arus Balik Lebaran 2023 Tiba di Stasiun Gambir Hari Ini

Sebanyak 15.900 penumpang arus balik Lebaran 2023 tercatat tiba di Stasiun Gambir pada Kamis 27 April 2023, siang.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 15.900 penumpang arus balik Lebaran 2023 tercatat tiba di Stasiun Gambir pada Kamis 27 April 2023, siang.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daop 1 Eva Chairunissa mengatakan, jumlah 15.900 penumpang tersebut merupakan sebagian dari total 43.500 pengguna kereta api yang tiba di area Daerah Operasional (DAOP) 1 Jakarta.

Selain 15.900 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Eva menjelaskan alokasi stasiun-stasiun lain yang dijadikan tempat turun para penumpang, yakni sebanyak 16.000 penumpang turun di Stasiun Senen, 4.500 penumpang turun di Stasiun Bekasi, 4.600 penumpang turun di Stasiun Jatinegara, dan sisanya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek. 

Jumlah penumpang itu menurut Eva sudah mulai stabil setelah kenaikan arus pemilir yang menuju area DAOP 1 Jakarta mencapai 43.500 pengguna jasa pada 25, 26, dan 27 April lalu.

"Nah kemudian memang kalau kita melihat untuk arus balik sendiri dari data pemesanan tiket untuk pengguna jasa yang berangkat, baik itu dari Jawa Tengah, ataupun dari Jawa Timur, memang ini angka peningkatan volume kedatangan akan cukup stabil sampai dengan tanggal 1 Mei nanti.

Bahkan bisa kita katakan kalau memang mungkin 25, 26, 27 ini sebagai puncaknya karena angkanya cukup tinggi di 43.500, kalau untuk besok sendiri sedikit mengalami penurunan ke angka 41.000," kata Eva saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis. 

Untuk dua stasiun utama DAOP 1 Jakarta, yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, pada 27 April okupansi penumpang total mencapai 60 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penumpang Berangkat

Terhitung hari ini sekira 23.500 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Untuk Stasiun Gambir, pada hari ini terdapat 7.500 penumpang yang melakukan perjalanan dari stasiun tersebut, dengan layanan 38 kereta api yang beroperasi. 

"Keberangkatan memang di Stasiun Gambir saat ini sudah mulai normal ya, sekitar 7.500 pengguna jasa yang berangkat. Tapi kalau kita bandingkan dengan rata-rata di hari kerja, ini jumlahnya masih mengalami kenaikan," ujar Eva. 

Berdasarkan data penjualan tiket per tanggal 27 April, sekira 675.000 tiket telah terjual untuk masa angkutan Lebaran 2023 dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Dari data tersebut, diketahui bahwa sebagian besar pemesanan dilakukan untuk perjalanan pada 14 sampai 24 April 2023.

Pada durasi tersebut, tingkat okupansi penumpang mencapai 90 sampai 100 persen. Sedangkan untuk volume penumpang tertinggi terjadi pada rentang waktu antara 18 sampai 23 April 2023, ketika tingkat okupansi mencapai 100 persen.

3 dari 4 halaman

Setengah Pemudik Belum Kembali ke Jakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti kepadatan kendaraan pada puncak arus balik mudik lebaran akhir pekan ini. Mengingat, ada 55,8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta lewat Tol Trans Jawa selama arus balik.

Angka ini mengacu pada data yang diperoleh per 27 April 2023 atau H+4 pasca lebaran. Menhub Budi meminta masyarakat untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023) yang diprediksi menjadi puncak arus balik kedua.

Guna memastikan penanganan arus balik berjalan dengan lancar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, melakukan rapat koordinasi dan peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70, serta melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter untuk melihat langsung situasi pergerakan kendaraan pada arus balik di jalan tol maupun jalan arteri.

“Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan,” ujar Menhub dalam keterangannya, Kamis (27/4/2023).

Wilayah Aglomerasi

Selain Lebaran Kupat, Menhub Budi mengungkapkan, adanya pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini, akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Maka, dia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai hari ini, Kamis, Jumat, serta Sabtu (27 s.d. 29 April 2023) untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

“Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” tuturnya.

4 dari 4 halaman

Waspada Macet

Menhub berharap, penanganan arus balik bisa sebaik apa yang dilakukan pada arus mudik. Dia masih mewaspadai potensi kepadatan yang akan terjadi di akhir pekan ini.

“Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insyaallah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud,” ucap Menhub. Pada kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

“Dengan lalu lintas yang cukup lancar menuju Jakarta, agar jangan terlalu buru-buru ingin sampai dan perhatikan batas kecepatan kendaraan,” katanya.

Ia mengungkapkan, rekayasa lalu lintas seperti contra flow, one way, serta rekayasa lainnya masih akan terus dilakukan sampai akhir pekan, dengan tetap melihat situasi dan kondisi lapangan (situasional).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.