Sukses

Dinding Penahan Tanah Ambrol, Jalan Tol Tangerang-Merak Seperti Menggantung

Beredar video yang menggambarkan beton atau Dinding Penahan Tanah (DPT) ambrol dan tanah timbunan dibawah jalan Tol Tangerang-Merak longsor. Dalam rekaman itu juga menampilkan bagian bawah jalan tol yang terlihat betonnya menggantung.

Liputan6.com, Jakarta Beredar video yang menggambarkan beton atau Dinding Penahan Tanah (DPT) ambrol dan tanah timbunan dibawah jalan Tol Tangerang-Merak longsor. Dalam rekaman itu juga menampilkan bagian bawah jalan tol yang terlihat baton nya menggantung.

Lokasi itu berada tepat disisi Sungai Ciujung yang sedang dilakukan pekerjaan pengendalian banjir oleh Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWS C3) atau di Jembatan Ciujung, KM56, ruas tol Tangerang-Merak arah Jakarta.

Jebolnya DPT dan longsornya tanah timbunan jalan tol itu menjadi tontonan warga sekitar di Desa Undar-andir, Kabupaten Serang, Banten.

"Dari hasil observasi lapangan, terjadi longsor di sebagian lokasi sebagian timbunan oprit atau sebagian DPT Jembatan Ciujung, yang bersinggungan dengan pekerjaan pondasi untuk pekerjaan pengendali banjir Sungai Ciujung yang sedang berlangsung," ujar Uswatun Hasanah, Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang-Merak (Tamer), dalam keterangan resminya, Jumat (05/05/2023).

Observasi longsoran dilakukan oleh Astra Tol Tamer bersama Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWS C3), kontraktor pelaksana dan konsultan teknis.

Penanganan darurat telah dilakukan dengan menutup sebagian jalan tol yang bagian bawahnya longsor. Sehingga masih ada tiga jalur yang masih bisa dilalui dengan aman.

"Pihak kami langsung melakukan pengamanan dan penangan trafik darurat dengan penutupan di bahu jalan. Berdasarkan observasi dan analisa potensi resiko untuk keamanan di jalan tol sampai saat ini, tiga lajur Jalan Tol Tangerang-Merak masih aman dilintasi oleh pengguna jalan," terangnya.

 

2 dari 2 halaman

Imbauan Bagi Pengendara

Ambrolnya DPT yang menyebabkan jalan tol itu seperti menggantung terjadi pada Kamis, 04 April 2023. Kemudian videonya beredar pada Jumat pagi, 05 April 2023.

Tim gabungan yang telah melakukan observasi menghimbau agar pengendara tidak melalui jalur khusus sepeda motor itu, demi keamanan bersama.

"Tim proyek pekerjaan pengendali banjir Sungai Ciujung juga telah melakukan himbauan kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak melintasi jalur motor, sementara dilakukan proses penanganan longsoran oleh kontraktor pelaksana yang diawasi langsung oleh konsultan teknis," jelasnya.

Perlu diketahui bahwa pengelola tol Tangerang-Merak menyiapkan jalur khusus sepeda motor disisi jalan tol, agar masyarakat sekitar bisa beraktifitas dan aman saat berlalu lalang. Jalur khusus roda dua itu terpisah oleh pagar pembatas yang tidak mungkin bisa dilintasi masyarakat.

Video Terkini