Sukses

Solusi Jitu Kelola Uang Demi Tekan Kecemasan Finansial

Meskipun tampaknya inflasi melambat di beberapa negara, harga banyak barang dan jasa tetap tinggi. Pada akhirnya hal itulah yang menimbulkan kecemasan finansial bagi para konsumen.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun tampaknya inflasi melambat di beberapa negara, harga banyak barang dan jasa tetap tinggi. Pada akhirnya hal itulah yang menimbulkan kecemasan finansial bagi para konsumen.

“Hal-hal semakin mahal dan orang biasanya merasa cemas atau takut seputar inflasi,” kata spesialis kekayaan perilaku di Wealth Enhancement Group Wendell Clarke seperti dilansir dari CNBC, Jumat (19/5/2023).

“Ini juga dapat memengaruhi hal-hal seperti keamanan pekerjaan dan uang Anda tidak akan mengalir seperti sebelumnya,” imbuhnya.

Clarke menambahkan bahwa kondisi ini cenderung menciptakan “tingkat stres yang lebih tinggi pada seseorang”, yang dapat muncul sebagai kecemasan dan depresi.

Jika Anda termasuk di dalamnya, inilah yang Clarke sarankan untuk mengelola stres akibat kecemasan finansial.

Cara Nomor Satu Mengelola Stres Akibat Keuangan

Inflasi dapat memicu kecemasan bagi banyak orang karena mungkin terasa seperti ancaman terhadap kemampuan masyarakat untuk mencapai kekayaan. Akan tetapi, kekayaan harus dilihat lebih dari sekedar uang, kata para ahli.

Clarke dan Cohen mengatakan ada enam hal yang harus dimasukkan dalam definisi kekayaan Anda, antara lain waktu, bakat, jaringan, kebijaksanaan, tubuh dan pikiran, dan uang.

Untuk menentukan Anda benar-benar memanfaatkan setiap bagian dari apa yang membuat Anda “kaya” di luar uang atau tidak, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:

1. Waktu

Apakah Anda memaksimalkan penggunaan waktu Anda? Bagaimana Anda dapat menggunakan waktu Anda untuk membantu diri Anda sendiri melalui kesulitan keuangan ini? Apakah Anda menghabiskan lebih banyak waktu berfokus pada apa yang dapat Anda ubah, atau apa yang berada di luar kendali Anda?

2. Bakat

Apa yang Anda kuasai? Bagaimana Anda dapat menggunakan bakat ini untuk membantu Anda mencapai ruang keuangan yang lebih baik? Bisakah Anda mengubah keahlian Anda menjadi pekerjaan sampingan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jaringan

Apakah Anda menghabiskan waktu dengan orang lain? Apakah Anda melakukan yang terbaik untuk memiliki sistem pendukung? Adakah orang yang meningkatkan kecemasan Anda seputar keuangan sehingga Anda harus menghabiskan lebih sedikit waktu?

4. Kebijaksanaan

Hal-hal apa saja yang telah terjadi di masa lalu yang dapat Anda lalui? Apa yang Anda pelajari dari pengalaman itu? Bagaimana Anda dapat menggunakan keterampilan itu untuk melewati masa-masa ini dalam hidup Anda?

5. Tubuh dan pikiran

Apakah Anda cukup istirahat? Apakah Anda minum cukup air? Apakah Anda berolahraga baru-baru ini? Apakah Anda makan makanan yang membantu Anda berpikir jernih?

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Cara Lain Mengelola Finansial

Bahkan jika Anda berfokus pada rentang penuh kekayaan, melihat uang Anda berkurang dan harus merogoh tabungan masih bisa membuat stres.

Ada beberapa praktik yang dapat Anda lakukan dalam hidup m untuk mengurangi sebagian dari tekanan finansial itu, kata Taylor.

Berikut adalah beberapa yang dia rekomendasikan.

  1. Akui perasaan Anda seputar perubahan ekonomi
  2. Fokus pada apa yang dapat Anda kendalikan
  3. Berhati-hatilah dengan media yang Anda konsumsi tentang inflasi, dan seberapa sering Anda berinteraksi denganny
  4. Berlatihlah bersyukur dengan mensyukuri apa yang Anda miliki
  5. Tinjau rencana keuangan Anda
  6. Hiduplah di saat ini
  7. Mengutamakan perawatan diri

Meningkatkan kesehatan mental Anda untuk mengurangi stres dan kecemasan harus dilakukan secara rutin seperti mengganti oli mobil Anda, kata Clarke.

“Sama seperti Anda tidak akan mengambil jalan pintas pada mobil Anda,” kata dia. Anda tidak boleh mengambil jalan pintas dengan kesehatan mental Anda, kata Clarke.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.