Sukses

#DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 Kembali Digelar, Bidik Transaksi Rp 10 Miliar

Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) menargetkan transaksi sebesar Rp 10 miliar dalam pameran IndonesiaAja Travel Fair (DIATF) 2023 yang berlangsung selama 3 hari mulai 19-21 Mei di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) menargetkan transaksi sebesar Rp 10 miliar dalam pameran IndonesiaAja Travel Fair (DIATF) 2023 yang berlangsung selama 3 hari mulai 19-21 Mei di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

DIATF sendiri merupakan program Pemerintah yang digagas oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), dalam upaya untuk mendukung implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia yang memiliki target 1,2 – 1,4 miliar perjalanan atau 2x dari tahun 2022.

"Target transaksinya Rp 10 miliar untuk tiga hari. Karena arahan dari bank, lebih baik target kecil tapi bisa over target (melebihi target) daripada target tinggi tapi tidak tercapai," kata Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno, saat ditemui di Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

Lebih lanjut, dalam pameran tersebut terdapat 16 agen perjalanan ikut serta dalam menawarkan berbagai tujuan wisata, 4 perusahaan transportasi, dan 2 grup hotel.

Tak hanya itu saja, Astrindo juga menggandeng lima bank BUMN dan swasta, diantaranya BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Mandiri. Selain itu, juga terdapat tujuh maskapai yang mendukung dan menawarkan promo pariwisata, yakni Citilink, AirAsia, Garuda Indonesia, Pelita Air, Sriwijaya Air, Nam Air, dan TransNusa.

“Kami ingin sustain (berkelanjutan), bukan buat gaya-gayaan tapi kami ingin ini bisa berjalan setahun dua kali atau setahun sekali paling tidak," lanjut Pauline.

Pauline pun berharap, travel fair yang diadakan di Mal Kota Kasablanka Jakarta Selatan ini bisa mengundang daya tarik masyarakat agar tertarik bepergian di dalam negeri dibandingkan ke luar negeri.

Oleh karena itu, banyak promo yang ditawarkan, misalnya cashback Rp 500.000 untuk setiap pembelanjaan minimum Rp 3 juta dan cicilan 0 persen selama 3 bulan.

"Kegiatan ini juga memberi dampak positif bagi para pengusaha lokal, terutama travel agent konvensional yang sempat terdampak selama pandemi," pungkas Pauline.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

#DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 Resmi Dibuka, Banyak Promo Menarik Buat yang Ingin Jalan-Jalan

Acara #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 (DIATF) yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) resmi digelar di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka mulai hari ini 19 Mei hingga 21 Mei 2023.

Pembukaan DIATF 2023 dihadiri oleh, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Angela Tanoesoedibjo, Deputy Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves Oddo Manuhutu, Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Haryadi Sukamdani dan Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), Pauline Suharno.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Angela Tanoesoedibjo, mengatakan Travel Fair Bangga Ber Wisata di Indonesia dengan nama #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023, sebagai upaya untuk mendukung implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia yang memiliki target 1,2 – 1,4 miliar perjalanan atau 2x dari tahun 2022.

"Memang target pariwisata Indonesia tahun ini meningkat, kalau kita bicara wisatawan luar negara meningkat, kalau wisatawan lokal 1,4 miliar pergerakan. Kita optimis akan tercapai," kata Angela, Jumat (19/5/2023).

Wamenparekraf, mengungkapkan dalam event Travel Fair ini akan banyak promo-promo menarik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk membeli paket pariwisata dengan harga yang terjangkau.

"Kami bangga, ini tiga hari ke depan akan banyak promo-promo menarik. Kalau ingin berwisata dan membeli paket event bisa beli disini," ujarnya.

Dia berharap, dengan travel fair ini bisa mensupport produk-produk wisata di dalam negeri. Karena kondisi dalam negeri sudah jauh membaik pasca pandemi.

Selain itu, pasca mudik 2023 kemarin bisa menjadi momentum untuk mempromosikan pariwisata di dalam negeri. Sebab, mudik kemarin pergerakan orangnya sangat tinggi.

"Mudik tahun ini menjadi tertinggi dalam sejarah, jadi kita melihat ini momentum yang pas mempromosikan wisata Indonesia ke masyarakat," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Bank yang Terlibat

Adapun dalam ajang ini juga mendapat dukungan dari pihak perbankan menjadi elemen penting untuk penyelenggaraan #DIATF 2023.

Tak kurang dari 5 bank BUMN dan swasta Indonesia yakni BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Mandiri berpartisipasi untuk menyukseskan event #DIATF 2023, dengan memberikan cashback Rp 500.000 untuk setiap pembelanjaan minimum Rp 3.000.000 dan cicilan 0 persen selama 3 bulan.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung, tanpa perbankan acaranya tidak mungkin terjadi terimakasih BCA, BNI, BRI, CIMB NIAGA, MANDIRI dan seluruh maskapai," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengapresiasi diadakannya event travel fair 2023 ini. Menurutnya, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Kami dari Kemenhub dapat pesan dari Presiden, dan berkoordinasi dengan Kemenparekraf. Kita harus bangga, marilah kita lakukan. Oleh karenanya yang dari perhubungan kita support. Saya mengapresisi," pungkasnya.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini