Sukses

Bangun Menara Danareksa di Dekat Istana Negara, PT PP Rogoh Kocek Rp 824 Miliar

Pembangunan Danareksa Tower ini diselesaikan dalam 12 bulan dan sudah dioperasikan sejak Oktober 2022. Adapun luas gedung gross area 55.397 meter persegi dan semi gross 36.200 meter persegi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Novel Arsyad menyebut, nilai investasi Menara Danareksa mencapai Rp 824 miliar. Menara Danareksa ini diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir Jumat pagi ini. Gedung perkantoran grade A ini terletak di samping Kementerian BUMN, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Pembangunan Menara Danareksa dilakukan dengan skema pengembangan melalui Skema Kerjasama Usaha (KSU) dan perusahaan patungan antara PT PP dan PT Danareksa (Persero).

Novel menjelaskan, kerjasama Build Operate Transfer (BOT) PT PP dengan Danareksa dalam pengelolaan Menara Danareksa akan berlangsung selama 30 tahun, terhitung sejak 2022 sampai 2052. Untuk profit sharing dibagi 95 persen untuk PT PP, dan sisanya 5 persen untuk Danareksa.

"Nilai investasi di sini sebesar Rp 824 miliar dengan profit sharing PP capai 95 persen, Danareksa sebesar 5 persen," kata Novel dalam peresmian Menara Danareksa, di Jakarta Pusat, Jumat (26/5/2023).

Novel mengungkapkan, pembangunan Danareksa Tower ini diselesaikan dalam 12 bulan dan sudah dioperasikan sejak Oktober 2022. Adapun luas gedung gross area 55.397 meter persegi dan semi gross 36.200 meter persegi.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir dalam meresmikan gedung Menara Danareksa. Erick menyebut PT PP sebagai salah satu BUMN karya yang sangat sehat dan punya kunci kekuatan, yaitu keahlian (expertise) dalam pembangunan gedung-gedung sejenis seperti Menara Danareksa.

"Itulah kenapa kita sejak awal, mengingatkan BUMN karya itu harus punya expertise. Jadi, kalau saya contohkan beberapa kali menugaskan PP untuk sebuah pembangunan yang hasilnya seperti ini. Alhamdulillah bagus," ujar Erick.

Oleh karena itu, ke depan Erick berharap PT PP bisa mulai mengkonsolidasi BUMN karya lainnya yang memang punya keahlian yang serupa.

"Tadi pak Dirut dan para direksi, punya komitmen yang luar biasa yang selalu saya ingatkan bahwa penugasan itu pun harus melalui bisnis proses, contoh gedung ini," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Erick Thohir Resmikan Menara Danareksa

Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan gedung Menara Danareksa, yang terletak di samping Kementerian BUMN, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (26/5/2023). Lokasi Menara Danareksa ini berseberangan dengan Istana Negara dan dipisahkan oleh Monumen Nasional (Monas).

Pembangunan Menara Danareksa sendiri dilakukan oleh Perusahaan BUMN konstruksi dan investasi yakni PT PP (Persero) Tbk.

Erick Thohir menyebut PT PP sebagai salah satu BUMN karya yang sangat sehat dan punya kunci kekuatan, yaitu keahlian (expertise) dalam pembangunan gedung-gedung sejenis seperti Menara Danareksa.

"Itulah kenapa kita sejak awal, mengingatkan BUMN karya itu harus punya expertise. Jadi, kalau saya contohkan beberapa kali menugaskan PP untuk sebuah pembangunan yang hasilnya seperti ini. Alhamdulillah bagus," kata Erick dalam peresmian Menara Danareksa.

Oleh karena itu, ke depan Erick berharap PT PP bisa mulai mengkonsolidasi BUMN karya lainnya yang memang punya keahlian yang serupa.

"Tadi pak Dirut dan para direksi, punya komitmen yang luar biasa yang selalu saya ingatkan bahwa penugasan itu pun harus melalui bisnis proses, contoh gedung ini," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Harus Menarik

Lebih lanjut, kata Erick, dirinya selalu mewanti-wanti sejak awal ke PT PP dalam pembangunan Menara Danareksa ini agar terlihat menarik, sehingga ketika Ibu Kota Negara sudah jadi, aset-aset BUMN yang ada di Jakarta harus tetap ditingkatkan.

"Nah, gedung ini sendiri ya saya sejak awal selalu wanti-wanti harus visible. Karena memang kita punya cita-cita besar bahwa ketika IKN itu akan berdiri, tentu aset aset BUMN juga harus tetap kita tingkatkan value nya seperti Kompleks ini," ujar Erick.

Sebagai informasi, Menara Danareksa terdiri dari tempat parkir 9 lantai, semi basement, 21 lantai, dan ballroom 2 lantai.

4 dari 4 halaman

Lokasi Strategis

Menara Danareksa merupakan perkantoran Grade A yang berada di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat yang memiliki lokasi strategis serta kualitas gedung yang memiliki standar tinggi.

Pembangunan Menara Danareksa dilakukan dengan skema pengembangan melalui Skema Kerjasama Usaha (KSU) dan perusahaan patungan antara PT PP dan PT Danareksa (Persero).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.