Sukses

Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Meninggal Dunia, Erick Thohir: Selamat Jalan Presiden!

Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi meninggal dunia di usia 86 tahun. Silvio Berlusconi meninggal dunia di rumah sakit San Raffaele di Milan.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi meninggal dunia di usia 86 tahun. Silvio Berlusconi meninggal dunia di rumah sakit San Raffaele di Milan.

Dikutip dari Kanal Global Liputan6.com, selain sebagai mantan politisi, ia juga dikenal sebagai taipan media dan miliarder. Silvio Berlusconi pertama kali menjabat pada tahun 1994 dan memimpin empat pemerintahan hingga tahun 2011.

Kepergian Silvio Berlusconi juga membawa rasa haru bagi Menteri BUMN Erick Thohir. Lewat Akun Instagramnya @erickthohir, Mantan Bos Inter Milan tersebut menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Silvio Berlusconi.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Silvio Berlusconi," kata Erick Thohir lewat akun Instagramnya, Senin (12/6/2023).

"Dia akan sangat dirindukan oleh jutaan penggemar sepak bola. Addio Presidente (Selamat Jalan Presiden)," tutup Erick Thohir.

Silvio Berlusconi memang tidak asing di kancah sepak bola Italia. Silvio Berlusconi yang sempat menjadi pemilik AC Milan.

Sempat Jalani Perawatan

Menurut pernyataan Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani dalam Associated Press, Berlusconi memang sempat menjalani perawatan intensif akibat infeksi sejak awal April lalu.

Silvio Berlusconi akhirnya mengembuskan napas terakhir di rumah sakit San Raffaele di Milan pada Senin (12/6/2023) pagi waktu setempat.

“(Berlusconi) dirawat di rumah sakit pada Rabu 5 April 2023. (Ia) dalam perawatan intensif karena masalah yang berkaitan dengan infeksi sebelumnya,” papar sang Menteri Luar Negeri Italia, seperti dilansir dari laporan Associated Press.

“Perdana Menteri (yang) tiga kali (menjabat) berusia 86 tahun itu berada di ICU di rumah sakit San Raffaele Milan, klinik tempat dia secara rutin menerima perawatan,” sambung Antonio Tajani dalam penjelasannya.

Sebagai informasi, Berlusconi sendiri memang tercatat telah mengalami sejumlah masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu yang paling signifikan, tetapi berhasil pulih ialah COVID-19 pada 2020 silam.

Di samping itu, mantan pemilik AC Milan juga diketahui sudah lama memakai alat pacu jantung. Ia pun pernah menjalani operasi untuk mengganti katup aorta pada 2016, bergulat dengan kanker prostat, hingga dirawat akibat infeksi saluran kemih pada Januari 2022.

2 dari 5 halaman

Wanita di Sekeliling Mantan Pemilik AC Milan, Mendiang Silvio Berlusconi: Ada yang Terpaut Usia 56 Tahun

Sebelumnya, Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi meninggal dunia, Senin (12/6/2023). Pria yang juga dikenal sebagai mantan pemilik klub Serie A legendaris, AC Milan tersebut wafat di usia 86 tahun setelah sempat menjalani perawatan intensif sejak April tahun lalu. 

Kepergian Silvio Berlusconi tidak hanya meninggalkan duka bagi sepak bola Italia. Wanita-wanita yang pernah berada di sekelilingnya juga ikut bersedih. 

Salah satunya tentu saja, Marta Fascina. Plotisi dari partai Forza Italia itu merupakan istri ketiga Berlusconi yang baru dinikahi tahun 2020 lalu. Fascina saat ini berusia 33 tahun. Saat menikahi, Fascina terpaut 56 tahun dari Berlusconi.   

Mereka diketahui menikah di sebuah vila mewah di Utara Italia, 2020 lalu. Saat itu, Fascina yang lahir pada 9 Januari 1990 tampil dengan gaun pengantin mewah berwarna putih tulang. 

Hanya sekitar 60 undangan yang menghadiri pesta. Namun  biaya pernikahan tersebut ditengarai mencapai angka 400 ribu euro atau setara Rp6,2 Miliar. 

Sebelum bertemu Fascina, Berlusconi sudah dua kali menikah. Istri pertama Silvio Berlusconi diketahui bernama Carla Elvira Lucia Dall'Oglio. Mereka menikah di gereja Giminiano Avenue, 6 Maret 1965 usai melakukan pertunangan singkat. 

3 dari 5 halaman

Pernikahan Pertama Silvio Berlusconi

Dall'Oglio sendiri lahir di La Spezia (Liguria), pada 12 September 1940. Dia kemudian pindah ke Milan bersama keluarganya.

Menurut sejumlah sumber, Berlusconi pertama kali bertemu Dall'Oglio di lapangan dekat Milan Central Station dan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Dari pernikahan ini, Berlusconi memiliki dua orang anak, yakni Maria Elvira, atau yang akrab dipanggil Marina (lahir 1966) dan Pier Silvio (lahir 1969). 

Sayang, hubungan Berlusconi dan Dall'Oglio tidak bertahan. Di tengah jalan, Berlusconi kembali menemukan wanita pujaannya, Veronica Lario. 

Dia kemudian memutuskan bercerai dengan Dall'Oglio pada tahun 1985 dan menikahi Lario lima tahun kemudian. 

4 dari 5 halaman

Putri Kedua Jadi Penerus Silvio Berlusconi di AC Milan

Lario kelahiran Bologna, 19 Juli 1956. Dia merupakan mantan artis. Keduanya bertemu di sanggar teater Milan's Manzoni milik Berlusconi pada tahun 1980. Kabarnya, Berlusconi kepincut setelah melihat Lario tampil tanpa atasan pada pada "Il Magnifico Cornuto" ("The Magnificent Cuckold").

Saat menikah tahun 1990, Lario berusia 32 tahun dan Berlusconi sudah 56 tahu. Hubungan mereka kemudian menghadirkan tiga anak, yakni Barbara (1984), Eleonora (1986), Luigi (1988). Putri keduanya, Barbara Cerlusconi juga sempat menduduki jabatan penting di manajemen AC Milan. 

Seperti pernikahan pertama, hubungan dengan Lario juga kandas di tengah jalan. Mereka memutuskan berpisah pada tahun 2010 sebelum akhirnya mengajukan putusan "pemisahan non-konsensual" pada hari Natal tahun 2012. Berlusconi menerima putusan pengadilan untuk membayar tunjangan bulanan sebesar 3 juta euro kepada Lario dan mengizinkannya untuk tinggal di rumah mewah mereka di kota Milan, Italia.  

5 dari 5 halaman

Kiprah Silvio Berlusconi di AC Milan dan Sepak Bola Italia

Selain dikenal sebagai mantan perdana menteri dan taipan, nama Silvio Berlusconi juga cukup termasyhur lantaran pernah menjadi pemilik klub raksasa Serie A AC Milan. Dia pertama kali membeli Rossoneri pada 1986. Di bawah kepemimpinannya, AC Milan boleh dikata cukup berjaya di kancah sepak bola.

Mereka berhasil menjadi juara Piala Champions musim 1988/1989, mengalahkan Barcelona di final Liga Champions 1993/1994, hingga memetik kemenangan besar 6-0 atas rival sekotanya Inter Milan di Serie A musim 2000/2001.

Pisah dari AC Milan, Silvio Berlusconi masih melanjutkan kiprah di kancah sepak bola Italia. Ia dikenal sebagai pemilik klub AC Monza.

Menariknya, di bawah kepemimpinan Berlusconi, kejadian penting kembali dialami oleh klub tersebut. Monza berhasil meraih tiket promosi ke Serie A pada 2022 lalu, yang membuatnya tampil di kasta tertinggi musim 2022/2023.

Kesempatan itu pun menjadi kali perdana Monza berlaga di Serie A. Mereka mendampingi Lecce dan Cremonese yang juga sama-sama meraih promosi tahun lalu.

Adapun Monza juga dipastikan masih akan bermain di kasta tertinggi Liga Italia 2023/2024. Pasalnya, mereka berhasil menjauhi zona degradasi dengan finis di peringkat 11 usai mengumpulkan total 52 poin dari 38 pertandingan musim ini

Video Terkini