Sukses

Zulkifi Hasan Minta Gacoputindo Perkuat Organisasi Agar Perajin Tahu Tempe Sejahtera

Zulkifli Hasan meminta dukungan dan komitmen dari Gakoptindo untuk mendorong anggotanya memperbarui informasi Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Kopti).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifi Hasan meminta Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gacoputindo) untuk memperkuat organisasi, membenahi data organisasi dan jumlah anggota, serta memperkuat dan memperkokoh. Gakoputindo memiliki organisasi yang kuat dan bertujuan untuk mensejahterakan produsen tahu dan tempe Indonesia.

Hal tersebut diungkap Zulkifli Hasan saat pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Gakoptindo tahun anggaran 2023, Rabu (14/6/2023) di Jakarta. Zulkifli Hassan didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag IsyKarim.

"Saya berharap Gapkoptindo semakin kuat. Dengan organisasi yang semakin kuat dan terus dibina pemerintah, maka dapat mempercepat produsen kecil untuk berkembang menjadi besar," kata dia.

Mendag mengatakan, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan arahan tentang perlunya upaya peningkatan produksi kedelai lokal.

Untuk itu, Zulhas dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah meluncurkan program Gerakan Tanam Kedelai di Lampung pada Jumat 2 Juni 2023.

"Petani harus mendapat kepastian harga jual panen kedelai. Dengan organisasi kuat, Gakoptindo dapat bekerja sama dengan petani melalui pembelian panen kedelai dengan harga yang menguntungkan," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Berdasarkan data Dewan Pangan, kebutuhan kedelai nasional pada 2023 sekitar 2,7 juta ton. Sedangkan produksi dalam negeri hanya sekitar 335 ribu ton, dan sisanya dipenuhi dari pembelian impor.

Zulkifli Hasan juga meminta dukungan dan komitmen dari Gakoptindo untuk mendorong anggotanya memperbarui informasi Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (Kopti) dan anggotanya serta mengikuti legalitas berusaha sesuai dengan undang-undang yang berlaku peraturan.

"Dengan data yang lengkap, secara kelembagaan Gakoptindo akan semakin kuat dan diperhitungkan," tandasnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menambahkan, produsen tahu dan tempe di daerah sudah memiliki pengetahuan dan modal sebagai pengusaha. Oleh karena itu, ia harus didukung dan dipelihara agar tumbuh dan berkembang.

“Melalui RAT, Gakoptindo diharapkan semakin kuat dan terus memperjuangkan perajin tahu tempe agar terus berkembang," tutup Zulkifli Hasan.