Sukses

6 Fakta Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Bareng Konser Coldplay hingga Shin Tae-yong Terdepak

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan posisi Peru. Peru sendiri gagal menjadi tuan rumah dikarenakan FIFA menganggap kesiapan infrastruktur negara tersebut tidak memenuhi syarat.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah gagal menggelar hajatan sepak bola Piala Dunia U-20, Akhirnya ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia U-17 2023. Hal tersebut diungkap oleh Menteri BUMN yang juga menjabat sebagai ketua PSSI Erick Thohir. 

"Indonesia telah dipercaya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-17 pada tahun 2023. Semoga persiapannya berjalan lancar dan berbuah sukses, sehingga Indonesia dapat kembali membanggakan, harum namanya di dunia internasional," kata Erick Thohir dalam laman instagramnya @erickthohir, seperti dikutip pada Minggu (25/6/2023).

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan posisi Peru. Peru sendiri gagal menjadi tuan rumah dikarenakan FIFA menganggap kesiapan infrastruktur negara tersebut tidak memenuhi syarat.

Tetapi ternyata penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia U-17 2023 ini menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru seperti waktu yang berbarengan dengan konser Coldplay. Padahal kedua acara ini rencanakan akan menempati venue yang sama.

Selain itu juga tidak ada nama pelatih timnas Shin Tae-yong di jajaran pelatih timnas U-17. PSSI justru memilih nama lain untuk menjadi pelatis Timnas Indonesia U-17. 

Lengkapnya, berikut ini 6 fakta Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, seperti dirangkum oleh Liputan6.com, Minggu (25/6/2023):

1. Konser Coldplay di Jakarta Bentrok dengan Piala Dunia U-17 2023

Piala Dunia U-17 sendiri rencananya berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Hanya saja, FIFA masih belum memastikan apakah pelaksanaan tersebut sesuai jadwal awal atau ada perubahan setelah Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah.

Gelaran ini akan bentrok dengan konser Coldplay yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Indonesia pada 15 November 2023 mendatang.

Konser Coldplay yang bentrok dengan Piala Dunia U-17 pun menarik perhatian publik, khususnya para pengguna jejaring sosial.

"Keknya konser Coldplay sih ttp di GBK, dia harusnya dah tekan kontrak kan? Yakali pindah arena wkwkw gimana kabar seating dan jumlah audience nya?," kata akun @_moodjack.

"Nah polemik di mulai," sahut akun @MadristaTe32569.

"Coldplay maen pas coolbreak aja," tulis akun @SugengtriyonoS.

"Promotor coldplay said ; samber gledek lu fifa, ada ada aja ribetin acara hajatan gua," komentar akun @eerlikwaar84.

"Sayang banget ya negara dengan ribuan pulau dan kota ini cuma punya satu stadion. Jadinya kan harus berebutan tuh yang mau tanding sama yang mau manggung," ucap akun @gwathrenin.

"Waaah pak @erickthohir mumet maneh Iki, semangat pak," tulis akun @handriwahyudi77.

"Coldplay dah duluan dp nya jadi mereka jelas yg bakal di gbk," kata akun @Nandy_Aprian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Peserta Piala Dunia U-17 2023 Tidak Ada Israel

Piala Dunia U-17 2023 semula dijadwalkan berlangsung di Peru. Namun, negara Amerika Selatan tersebut mundur karena ketidaksiapan infrastruktur.

Sebelumnya Indonesia dijadwalkan menggelar Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni lalu. Namun, FIFA mencabut hak tersebut menyusul penolakan sejumlah kepala daerah terhadap salah satu peserta yakni Israel. Sebagai pengganti FIFA kemudian memilih Argentina sebagai tuan rumah.

Kali ini protes dari dalam negeri dipastikan tidak akan muncul. Sebab, Israel tidak lolos ke turnamen. Wakil Eropa pada ajang ini adalah Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, dan Spanyol.

Sejauh ini sudah diketahui 19 identitas peserta, plus tuan rumah baru yakni Indonesia. Masih ada empat kontestan yang belum diketahui. Wakil Asia baru ketahuan menyusul hasil gelaran Piala Asia U-17 2023 yang tengah berlangsung.

Berikut daftar peserta Piala Dunia U-17 2023:

Asia

Indonesia plus 4 negara

Afrika

Burkina Faso, Mali, Maroko, Senegal

Amerika Utara

Kanada, Meksiko, Panama, Amerika Serikat

Amerika Selatan

Argentina, Brasil, Ekuador, Venezuela

Oseania

Kaledonia Baru, Selandia Baru

Eropa

Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, Spanyol.

3 dari 6 halaman

3. Solo Siap Jadi Kota Penyelenggara Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menegaskan kesiapan Kota Solo jika ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Stadion Manahan sebelumnya diproyeksikan sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2023. Namun FIFA mencabut hak Indonesia.

"Solo siap karena sebelumnya Stadion Manahan telah dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada 2023 ini. Fasilitas seluruhnya sudah standar FIFA, tetapi batal," kata Gibran dilansir Antara.

Gibran mengaku sudah berdiskusi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk membahas Piala Dunia U-17 2023. Kini dia menunggu arahan dari sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

"Saya sudah koordinasi dengan beliau (Ketum PSSI), pada Jumat (23/6/2023) malam, soal tuan rumah Piala Dunia U-17," kata Gibran.

 

4 dari 6 halaman

4. Erick Thohir Tunjuk Bima Sakti Jadi Pelatih Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Timnas Indonesia secara resmi menjadi salah satu peserta dalam ajang Piala Dunia U-17. Meski sempat tak lolos, Timnas Indonesia mendapat kesempatan lantaran FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Keputusan FIFA diambil setelah setelah Peru mundur dari jabatan tuan rumah akibat ketidakpastian infrastruktur. Status itu akhirnya jatuh ke tangan Indonesia, dengan kompetisi diagendakan bergulir pada akhir tahun 2023.

Untuk mempersiapkan ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menunjuk Bima Sakti sebagai kepala pelatih Timnas Indonesia U-17. Bukan tanpa alasan Erick Thohir menunjuk Bima Sakti.

“Kami (PSSI) saya rasa akan memberikan kesempatan kepada Coach Bima Sakti. Kita perlu coach-coach muda,” tutur Erick dalam konferensi pers, Sabtu (24/6/2023).

Mengingat ini merupakan level Piala Dunia, Erick Thohir akan mencarikan pendamping untuk Bima Sakti.

“Jadi kita akan memberikan (kesempatan) kepada Coach Bima Sakti (di Piala Dunia U-17 2023). Nanti pasti kita akan diskusikan di Exco, mungkin ada pendamping karena ini kejuaraan dunia. Siapa pun pendampingnya nanti kita diskusikan,” tambah dia.

"Untuk coach Shin Tae-yong, kesepakatannya itu adalah dia melatih timnas senior. Kami juga memberikan kesempatan coach Indra Sjafri sebagai pelatih timnas U-22," kata Erick Thohir.

"Saya rasa, kami akan memberikan kesempatan kepada coach Bima Sakti. Kami mempunyai dan perlu banyak pelatih-pelatih muda," imbuh Erick Thohir.

 

5 dari 6 halaman

5. PSSI Bakal Seleksi Pemain di 9 Kota

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengeklaim pihaknya berencana melakukan kurasi di sembilan kota di Indonesia demi mengumpulkan penggawa-penggawa terbaik guna memperkuat Timnas Indonesia U-17.

Sebagaimana diketahui, skuad Merah Putih memang sudah dipastikan bakal memanaskan persaingan di Piala Dunia U-17 2023. FIFA memberi kesempatan bagi Tanah Air untuk menjadi lokasi penyelenggara usai Peru batal menggelar kompetisi akibat ketidaksiapan infrastruktur.

Erick Thohir selaku pemimpin federasi sepak bola Indonesia pun berambisi mempersiapkan tim nasional secara maksimal, meski waktu pelaksanaan tinggal tersisa empat bulan.

Ia mengeklaim pihaknya bakal melakukan seleksi di sejumlah kota untuk kemudian digabungkan dan dikirim menjalani pemusatan latihan di luaar negeri.

“Tadi malam kita kontak-kontakan dan barusan kita juga rapatkan bahwa kita juga harus mempersiapkan tim nasional U-16 dan 17 secara serius,” tutur Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023).

“Jadi kita akan melakukan rencana seleksi pada (pemain) U-16 dan 17 di sembilan wilayah untuk kita bisa petakan, kita gabungkan. (Lalu) nanti di bulan Juli-Agustus mulai TC dan September-Oktober kita kirim ke luar negeri, untuk training camp.”

Kita harapkan, bisa ada beberapa pertandingan persiapan, baik dengan negara-negara dari Eropa, Asia, Afrika, sehingga mereka tidak kaget waktu untuk U-17 nanti, (di) kejuaraan dunia,” tandas dia.

 

6 dari 6 halaman

6. PSSI Enggan Bicarakan Target

Indonesia kebagian slot tanding di Piala Dunia U-17 2023. Kepastian ini diperoleh menyusul terpilihnya Tanah Air sebagai tuan rumah FIFA U-17 World Cup berdasarkan pengumuman resmi yang dikeluarkan FIFA pada Jumat (23/6/2023) kemari.

Walau begitu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir masih enggan membicarakan target bagi tim Merah Putih di perhelatan tersebut. Pasalnya, PSSI hingga kini belum mengantongi nama-nama pemain yang bakal memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

“Mengenai prestasi timnas, saya tidak mau mencanangkan hari ini karena belum ada persiapan sama sekali dan waktunya sangat mepet, empat bulan. Saya tahu mempersiapkan tim nasional itu bukan hal yang mudah,” tutur Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023).

“Jadi kalau ditanya hari ini targetnya apa, hari ini saya tidak bisa jawab sebelum duduk dengan coaching staff. Kita duduk (dulu), (bahas) pemainnya siapa, pelatihnya siapa, lalu training-nya seperti apa,” sambung sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN Itu.

Sebagai informasi, ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 memang terbilang mendadak. Peru yang sebelumnya ditetapkan sebagai lokasi penyelenggaraan batal menghelat ajang tersebut lantaran tidak siap dari segi infrastruktur.

Indonesia yang juga sempat gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 lantas dipercaya menjadi lokasi penyelenggaraan baru. Adapun ajang FIFA U-17 World Cup dijadwalkan berlangsung mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini