Sukses

Mengintip Klinik Pengobatan Eu Yan Sang Singapura Langganan Orang Kaya Indonesia

Dengan sekitar 20 cabang klinik TCM di seluruh Singapura, Eu Yan Sang juga memiliki bisnis retail produk-produk kesehatan tradisional China yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Singapura menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang dikenal dengan destinasi wisata medis dan kesehatan, termasuk bagi pelancong Indonesia.

Keunikan pada sejumlah klinik kesehatan di Singapura terlihat dengan lokasinya yang strategis, berdekatan dengan pusat perbelanjaan dan stasiun MRT.

Salah satu destinasi wisata kesehatan unik ini adalah klinik Pengobatan Tradisional China (TCM) Eu Yan Sang.

Dengan sekitar 20 cabang klinik TCM di seluruh Singapura, Eu Yan Sang juga memiliki bisnis retail produk-produk kesehatan tradisional China yang unik.

Layanan TCM dan produk-produk Eu Yan Sang bahkan sudah cukup dikenal dan diminati pengunjung Indonesia.

"Kita punya banyak (pengunjung) asing, termasuk Indonesia, terutama di (klinik TCM) cabang Paragon," ungkap Senior Executive Marketing Eu Yan Sang, Adelina Chan kepada Liputan6.com di Harbourfront Centre, Singapura, Senin (19/6/2023).

"Bahkan kami memiliki pelanggan tetap (dari Indonesia) di klinik cabang Paragon," sambungnya.

Adelina Chan mengungkapkan, pengunjung Eu Yan Sang dari Indonesia sebagian besar datang ke Singapura untuk berkonsultasi mengenai kondisi fisik mereka.

Bahkan, beberapa dari pelancong asal Indonesia ini datang bersama keluarga mereka yang tinggal di Singapura.

"(Mengingat) setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda, jadi tidak semua orang bisa mengambil pengobatan seperti akupuntur atau cupping," jelas Adelina Chan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Perawatan di Klinik Eu Yan Sang

Melansir laman resmi TCM Eu Yan Sang, https://www.euyansang.com.sg perawatan yang tersedia di klinik TCM ini adalah sebagai berikut :

Resep Jamu

Dalam layanan ini, resep obat tradisional biasanya terdiri dari kombinasi berbagai jamu yang tidak hanya meningkatkan khasiat pengobatan tetapi juga meminimalkan efek samping dari jamu tertentu.

Jamu ini dapat diambil secara mentah, diseduh atau sebagai minuman bubuk herbal yang dicampur dengan air.

Pengobatan Akupunktur

Akupunktur adalah salah satu dari beberapa prosedur medis Tiongkok kuno. Akupuntur juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengobati penyakit dengan mengembalikan aliran energi normal ke seluruh tubuh.

Perawatan ini melibatkan penyisipan jarum setipis rambut ke titik-titik tertentu pada tubuh untuk mendapatkan respons penyembuhan. Jarum yang disterilkan dan sekali pakai sangat tipis sehingga kebanyakan orang hanya merasakan sedikit kesemutan.

Bekam

Eu Yan Sang menjelaskan, Bekam, seperti namanya, adalah penggunaan cangkir kaca atau bambu yang dihangatkan untuk menciptakan ruang hampa sebagian, sehingga dapat "menempel" di kulit.

Dalam beberapa kasus, cawan dapat dipindahkan saat pengisapan kulit aktif. Hal ini menyebabkan tarikan kulit dan otot regional (dikenal sebagai bekam meluncur), yang merupakan upaya untuk "memulai kembali" sirkulasi Qi dalam tubuh.

Bekam bekerja pada sistem meridian tubuh, untuk "membuka" setiap titik stagnan untuk aliran Qi yang lebih baik, dan untuk meremajakan meridian dan organ tertentu yang tidak berfungsi optimal. Secara ilmiah, teknik ini diketahui membantu mengaktifkan sistem limfatik, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu perbaikan jaringan dalam.

Tui Na

Tuina (pijat terapeutik, dilafalkan "twei nah") adalah bentuk kerja tubuh yang mirip dengan osteopati karena memastikan bahwa kerangka sejajar dengan benar sehingga fungsi normal saraf tidak terganggu.

Tuina bekerja pada saluran dan titik energi, menggunakan prinsip yang sama seperti akupunktur kecuali tangan dan jari digunakan sebagai pengganti jarum. Melalui kombinasi pijatan dan akupresur, Tuina memberikan tekanan pada titik akupuntur, meridian, dan kelompok otot atau saraf untuk menghilangkan sumbatan yang mencegah aliran bebas Qi. Banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh penyumbatan tersebut, menyebabkan rasa sakit, pembengkakan dan penumpukan racun.

 

3 dari 3 halaman

Perawatan Lainnya

Aurikuloterapi

Aurikuloterapi, yang sering digunakan untuk melengkapi metode yang disebutkan di atas, adalah metode lain yang digunakan oleh dokter di TCM untuk mengobati dan/atau mencegah penyakit. '

Gua Sha

Gua Sha adalah bentuk terapi tradisional China, berdasarkan teori meridian TCM. Selama perawatan Gua Sha, kulit dikerok ringan (刮 “gua”) menggunakan alat pengikis untuk menghasilkan tampilan merah, seperti memar/ruam.

Metode ini diyakini dapat emembantu meredakan ketegangan dan sesak, melepaskan penyumbatan di meridian, meningkatkan sirkulasi darah dan membuang racun dari tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.