Sukses

Top 3: Uji Coba LRT Jabodebek Dimulai

Berita mengenai uji coba LRT ini menjadi yang paling banya dibaca.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk melakukan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek mulai Rabu, 12 Juli hingga 15 Agustus 2023.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, terkait kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, Kemenhub telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba LRT Jabodebek yang disampaikan oleh Direktur Utama PT KAI (Persero).

Berita mengenai uji coba LRT ini menjadi yang paling banya dibaca. Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Kamis (13/7/2023):

1. Uji Coba LRT Jabodebek Mulai Hari Ini, Siapa Bisa Ikut?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk melakukan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek mulai Rabu, 12 Juli hingga 15 Agustus 2023.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, terkait kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan, Kemenhub telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba LRT Jabodebek yang disampaikan oleh Direktur Utama PT KAI (Persero).

Enam+38:44Investasi: Ketika Uang Menghasilkan Uang Surat permohonan itu dilampirkan setelah mendapat rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Risal menambahkan, dalam uji coba terbatas nanti, selain menguji coba pengoperasian LRT, juga sekaligus dilakukan uji coba terkait sistem pembayaran dan integrasi antarmoda di masing-masing stasiun yang dilewati.

Baca artikel selengkapnya di sini

2 dari 3 halaman

2. Fakta Fakta Unik Tol Cisumdawu, Kelar Dibangun 12 Tahun di Masa 2 Presiden

Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) akhirnya diresmikan pada Selasa, 11 Juli 2023.

Peresmian Tol Cisumdawu pun dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di terowongan kembar (twin tunnel), tepatnya di ruas KM 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan, sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali,"kata Presiden Jokowi, dikutip Rabu (12/7/2023).

"Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati," ujarnya.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. LRT Jabodebek Vs MRT, Mana Lebih Canggih?

Uji coba operasional terbatas Light Rail Transit atau LRT Jabodebek akan dilakukan mulai hari ini Rabu 12 Juli 2023. Keberadaan LRT Jabodebek akan menambah pilihan transportasi umum bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya selain MRT dan Bus Transjakarta.

"Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok tanggal 12 (Juli) sampai dengan 15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dikutip dari Antara, Rabu (12/7/2023).

Lantas mana yang lebih canggih antara LRT Jabodebek dengan MRT jika dilihat dari sisi teknologi yang digunakan?

LRT Jabodebek menggunakan teknologi yang lebih tinggi dari MRT Jakarta ataupun LRT Sumsel, yaitu generasi ke-3 atau grade of automation (GoA) Level 3.

Dengan teknologi itu, memungkinkan kereta dioperasikan tanpa masinis/driverless namun di dalam kereta ada petugas train attendant yang akan berjaga untuk situasi darurat.

Baca artikel selengkapnya di sini

Video Terkini