Sukses

ASDP Perluas Layanan Tiket Online di Labuan Bajo dan Pelabuhan Sape

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperluas layanan online ticketing berbasis website ASDP Indonesia Ferry yang mulai Rabu (9/8) ini diterapkan di Pelabuhan Labuan Bajo menggunakan domain baru trip.ferizy.com.

Liputan6.com, Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus berkomitmen dalam mengakselerasi transformasi digital dengan tujuan meningkatkan kinerja, layanan konsumen, dan efisiensi operasional.

Salah satunya melalui perluasan layanan online ticketing berbasis website ASDP Indonesia Ferry yang mulai Rabu (9/8) ini diterapkan di Pelabuhan Labuan Bajo menggunakan domain baru trip.ferizy.com.

Selanjutnya pada hari Sabtu (12/8) layanan ini akan diterapkan juga di Pelabuhan Sape demi meningkatkan kualitas layanan penyeberangan.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menjelaskan bahwa transformasi digital saat ini menjadi jembatan penting bagi perusahaan.

"Sejak tahun 2017, ASDP telah memulai proses digitalisasi dan melaksanakan transformasi digital secara bertahap. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan layanan dan kualitas layanan ASDP, sehingga pengguna jasa dapat merasakan pengalaman transaksi yang modern, mudah, cepat, dan aman,” kata Shelvy ditulis Kamis (10/8/2023).

Tingkatkan Pelayanan

Menurutnya, ASDP terus memastikan agar kualitas bisnis dan operasional terus meningkat tentunya dengan adanya transformasi digital di seluruh aktivitas, mulai dari aspek komersial, operasional, keuangan, hingga pengelolaan sumber daya manusia.

Pentingnya digitalisasi dalam mendukung rencana usaha perusahaan sejalan dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) Tahun 2020-2024, yang meliputi Pilar Transformasi Digital serta berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo pada 6 Maret 2017 yang meminta dilakukan langkah-langkah perbaikan secara sistemik dan menyeluruh terhadap penyeberangan di Bakauheni, Lampung, dan Merak, Banten.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Implementasi Layanan

Sebelumnya, telah diberlakukan pembelian tiket cashless untuk Pelabuhan Sape dan Pelabuhan Labuan Bajo. Kemudian, dimulai pada Rabu (9/8) pukul 00.00 WITA telah diberlakukan pembelian tiket menggunakan metode daring atau dalam jaringan.

Hal ini penting untuk meningkatkan keamanan sistem di mana dengan adanya peningkatan keamanan ini, ASDP berkomitmen untuk senantiasa melindungi data pribadi dan transaksi pelanggan menjadi lebih baik.

Terdapat 5 lintasan di Pelabuhan Labuan Bajo di mana pengguna jasa dapat memesan tiket online melalui trip.ferizy.com, antara lain Labuan Bajo-Sape (PP), Labuan Bajo-Waingapu, Labuan Bajo-Pulau Rinca, Labuan Bajo-Bira, dan Labuan Bajo-Jampea. Kemudian, pada Pelabuhan Sape melayani pemesanan tiket online di rute Sape-Labuan Bajo, Sape-Waikelo, dan Sape-Waingapu.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Data Penyebrangan

Data mencatat, pada tahun 2022 jumlah total yang menyeberang melalui Pelabuhan Sape sebanyak 25.062 orang pejalan kaki, 24.405 orang di dalam kendaraan, dan 9.766 unit kendaraan. Sedangkan pada periode Januari hingga Juni 2023 total pejalan kaki sebanyak 16.520 orang dan sebanyak 13.223 orang di dalam kendaraan. Jumlah total kendaraan yang menyeberang sejak Januari hingga Juni 2023 sebanyak 5.284 unit kendaraan.

Kemudian jumlah total yang menyeberang di Pelabuhan Labuan Bajo pada 2022 sebanyak 20.454 orang pejalan kaki, 20.189 orang di dalam kendaraan, dan 8.013 unit kendaraan. Sedangkan pada periode Januari - Juni 2023 sebanyak 11.099 orang pejalan kaki, 9.857 orang di dalam kendaraan, dan 3.939 unit kendaraan yang telah menyeberang melalui Pelabuhan Labuan Bajo.

“Sama seperti di lintasan yang telah go live sebelumnya, ASDP menghimbau masyarakat untuk tidak membeli tiket mendekati jam keberangkatan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sejak web reservation ini diberlakukan, tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan dan pengguna jasa wajib memiliki tiket 1 hari sebelum hari H keberangkatan,” tutup Shelvy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini