Sukses

Seperti Cerita Film, Kisah Ashok Khade yang Pernah Tidur di Jalanan Kini Jadi Miliarder

Kisah sukses Ashok Khade terbentang seperti sebuah film. Dia memiliki kisah yang khas dari miskin menjadi kaya. Saat ini, ia adalah seorang industrialis dari Mumbai, yang pada tahap awal kehidupannya harus menghabiskan malam-malamnya di jalan setapak.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah sukses Ashok Khade layakynya sebuah film. Dia memiliki kisah yang khas, yaitu dari miskin menjadi kaya. Saat ini, miliarder Ashok Khade adalah seorang industrialis dari Mumbai, yang pada tahap awal kehidupannya harus menghabiskan malam-malamnya di jalan setapak.

Hampir setiap hari ia tidak mampu membeli makanan untuk dirinya sendiri dan hidup dengan Rs 90 (Rp 16 ribu) per bulan yang Ashok Khade terima sebagai upah dari pekerjaannya. Kini, Ashok Khade adalah seorang pengusaha miliarder yang sukses dengan ribuan orang yang bekerja untuknya. Nilai perusahaannya lebih dari Rs 500 crore.

Berawal dari memiliki kehidupan yang penuh dengan kemiskinan, setiap hari penuh dengan perjuangan bagi Ashok. Ada hari-hari ketika ayahnya hanya membawa pulang air setelah bekerja seharian. Keluarganya akan pergi tidur tanpa makan apapun sepanjang hari. Untuk memperbaiki kondisi keluarga, ayahnya pindah ke Mumbai untuk mencari pekerjaan, tetapi ia hanya menghadapi kekecewaan.

Tak Pernah Berhenti Belajar

Terlepas dari semua kesulitan, Ashok Khade tidak pernah menghentikan studinya. Program pendidikan gratis dari sekolah pemerintah membantunya untuk melanjutkan studinya.

Tumbuh dewasa, Ashok telah melihat ayahnya berjuang baik secara fisik maupun emosional akibat stres, sehingga di masa remajanya, ia memutuskan untuk menggunakan pendidikan sebagai alat terbaiknya untuk mengakhiri kemiskinan keluarganya.

Kakak laki-laki Ashok mendapatkan pekerjaan kasar dan mendesaknya untuk masuk ke perguruan tinggi, meyakinkannya bahwa ia akan memberinya bantuan keuangan. Seluruh keluarga menaruh kepercayaan pada Ashok, mengharapkannya untuk belajar cukup banyak untuk membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memperjuangkan Mimpi

Ashok tidak pernah melupakan mimpinya dan terus melanjutkan kerja kerasnya. Dia mengajar siswa sekolah untuk mendukung pendidikannya secara finansial.

Setelah menyelesaikan diploma pendidikannya, ia dipekerjakan untuk bekerja sebagai trainee. Ia hanya mendapatkan gaji yang sangat kecil, yaitu Rs 90 (Rp 16 ribu) per bulan.

Tetapi Ashok tetap tekun dan selama masa magangnya, ia belajar keterampilan merancang dan melukis kapal

Ashok menggunakan keahliannya dalam mendesain kapal dan mendapatkan pekerjaan sebagai juru gambar. Gajinya meningkat menjadi Rs. 300 per bulan ketika ia dipromosikan ke posisi permanen.

 

 

3 dari 3 halaman

Perjalanan Singkat ke Jerman

Ketika bekerja di departemen kontrol perusahaan, ia diharuskan untuk melakukan perjalanan ke Jerman untuk bekerja di mana ia mendapati dirinya belajar tentang teknologi Jerman yang baru.

Dalam perjalanan singkatnya ke Jerman, Ashok Khade belajar sebanyak yang dia bisa. Kali ini dia optimis untuk mencapai mimpinya. Dia membuat keputusan untuk memulai bisnisnya sendiri dan tanpa pikir panjang, menerapkan pengetahuan yang diperolehnya dari Jerman dan mendirikan Das Offshore Engineering Pvt Ltd.

Beberapa kerugian terjadi di awal bisnisnya, tetapi Ashok mampu bangkit kembali. Secara bertahap dan akhirnya, ia mengubah perusahaan kecilnya menjadi kerajaan besar seperti sekarang. Perusahaannya bekerja untuk dan bekerja sama dengan ONGC, Essar, Hyundai, L&T, dan banyak lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini