Sukses

Belanja Produk Halal Indonesia Prediksi Naik 7,8%, Airlangga Minta Pelaku Usaha Manfaatkan

Pengeluaran umat muslim Indonesia untuk sektor halal diprediksi meningkat 7,8% tahun mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa peluang ekonomi halal di Indonesia sangat besar. Hal tersebut disampaikan acara LPPOM MUI Halal Award 2023 awal pekan ini.

Menurut Airlangga, pengeluaran umat muslim Indonesia untuk sektor halal diprediksi meningkat 7,8% tahun mendatang. "Potensi ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha Indonesia," ujarnya dikutip Kamis (7/9/2023).

Sementara itu, Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati menyatakan, LPPOM MUI Halal Award 2023 diharapkan mendorong terciptanya ekosistem halal di Indonesia.

“Besar harapan kami, bagi para pemenang dapat terus semangat menyediakan produk halal yang berkualitas. Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal pertama di Indonesia, LPPOM MUI akan terus berusaha untuk mendampingi dan memberikan solusi kepada seluruh pelaku usaha mitra LPPOM MUI,” ujar Muti.

Sebagai bukti komitmen dalam mewujudkan ekosistem halal di Indonesia, Dexa Group pun kembali meraih Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Dua penghargaan diraih Dexa Group, yakni berkaitan dengan ekosistem dan juga sistem jaminan halal.

"Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Dexa Group dalam mewujudkan ekosistem halal di Indonesia. Dexa Group mendukung pertumbuhan ekosistem halal di Indonesia yang sangat besar peluangnya. Dexa Group secara konsisten memproduksi produk-produk farmasi halal yang dikembangkan berbasis riset, sehingga konsumen mendapatkan produk yang aman dan nyaman," ungkap Presiden Direktur PT Dexa Medica V Hery Sutanto.

Sertifikasi Halal

Dexa Group memiliki ribuan produk yang telah tersertifikasi halal. Produk Dexa Group yang sudah tersertifikasi halal mencapai 97% atau lebih dari 1.300 produk. Produk-produk Dexa Group tersebar di lebih dari 13.000 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Selanjutnya untuk kategori Best Halal System Implementation diberikan oleh Dirut LPPOM MUI kepada Direktur Utama PT Anugrah Argon Medica Ibu Juliwaty. "Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan ini. AAM merupakan distributor farmasi pertama di Indonesia yang menerapkan Sistem Jaminan Halal dalam sistem penyimpanan dan penyaluran produk farmasi," ungkap Ibu Juliwaty.

Selain itu dalam ajang ini Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) STIMUNO juga menjadi nominasi dalam Favorite Halal Brand untuk kategori Medicines, Supplements, and Nutritional Foods. STIMUNO produksi PT Dexa Medica dikembangkan dari kekayaan alam Indonesia yakni tanaman meniran hijau (Phyllanthus niruri) telah teruji klinis sehingga selain memiliki sertifikasi halal juga tersertifikasi Fitofarmaka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

LPPOM MUI Halal Award 2023

Sebelumnya, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menggelar LPPOM MUI Halal Award 2023. Total tujuh kategori penganugerahan diberikan kepada perusahaan yang menjadi mitra LPPOM MUI yang telah bersertifikat halal melalui lembaga yang berdiri sejak 1989 itu.

Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati mengatakan di sela acara penghargaan di Bogor, Senin (4/9/2023), "Ini salah satu bentuk penghargaan kepada para mitra perusahaan dan pelaku usaha yang telah bersertifikat halal, memberikan semangat kepada perusahaan sekaligus menjadi contoh bagi perusahaan yang lain juga."

Ia juga menyebut bahwa sertifikat halal bukan untuk mempersulit para pengusaha di Indonesia. Menurut Muti, keberadaan sertifikat halal terbukti bisa memberi keuntungan atau nilai tambah bagi sebuah perusahaan jika dikerjakan secara konsisten.

"Kepada masyarakat umum, ini untuk meningkatkan awareness tentang pentingnya kehalalan suatu produk," sambung dia. Menurut Muti, pihaknya akan membantu promosi terkait hal itu kepada para pemilik usaha dan perusahaan dan mendampingi mereka yang belum percaya diri agar bisa mendapatkan sertifikat halal tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan bahwa tersisa waktu setahun lagi sebelum Undang-Undang Nomor 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal diberlakukan secara penuh. Artinya, seluruh produk yang diedarkan dan diperdagangkan di seluruh Indonesia wajib sudah bersertifikat halal.

"Untuk itu, kita mesti fokus dan bergotong royong melakukan percepatan sertifikasi halal ini, dari sektor hulu ke hilir, dari penyediaan daging halal di RPH hingga ke lokasi wisata kuliner di daerah-daerah," ujar Wapres.

3 dari 3 halaman

Wajib Diaudit Lewat LPPOM MUI

Terkait kriteria perusahaan yang bisa mengikuti Halal Awards, Muti menyatakan adalah secara umum perusahaan itu sudah bersertifikat halal dengan proses audit melalui LPPOM MUI. Berikutnya, setiap kategori menerapkan syarat yang lebih detail, seperti kategori The Best Halal System Implementation yang menilai seberapa cepat perusahaan itu bisa melalui proses audit.

"Kategori lain, seperti kontribusi sosial terhadap ekosistem halal adalah bagaimana perusahaan berkontribusi untuk kembangkan ekosistem halal," kata Muti.

Mengutip keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, penentuan nominasi dilakukan oleh komite penilai independen yang mengedepankan asas objektivitas dan suportivitas. Program apresiasi itu dilaksanakan tanpa dipungut biaya alias gratis. Berikut detail daftar pemenang Halal Awards 2023:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini