Sukses

Airlangga Hartarto: Masih Ada 68 Proyek PSN dalam Tahap Konstruksi

Terdapat sejumlah PSN yang siap untuk diresmikan mencakup proyek jalan tol, proyek kawasan pariwisata, proyek kawasan industri, dan proyek industri katalis merah putih.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mencatat sampai dengan saat ini masih terdapat 68 Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam tahap konstruksi dan 31 proyek ditambah 9 program yang telah beroperasi sebagian.

"Sekarang masih ada 68 proyek yang ahrus diselesaikan dalam tahap kontruksi, dan 31 proyek plus 9 program sudah beroperasi sebagian," kata Airlangga Hartarto dalam Main Event Sewindu PSN-Infrastructure forum, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (13/9/2023).

Menurutnya, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), proyek yang didorong penyelesaiannya pada tahun 2024. Airlangga pun memastikan proyek-proyek tersebut akan rampung dengan baik.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, proyek yang bisa dikejar penyelesaiannya di tahun 2024 akan terus diupayakan. Proyek-proyek yang selesai setelah 2024 pun akan kita pastikan clean and clear," kata Airlangga.

Adapun selama delapan tahun PSN berjalan, 161 proyek strategis nasional (PSN) telah selesai dengan nilai Rp1.134,9 triliun dan mampu menyerap 11 juta tenaga kerja.

Airlangga merinci PSN yang telah diselesaikan meliputi berbagai sektor seperti:

  • 24 pelabuhan baru
  • peningkatan layanan 60 pelabuhan penyeberang
  • 13 bandara baru
  • 6 fasilitas air cargo baru
  • 2600+ km jalan tol baru, 2.650 km jalan baru
  • 17.6 GW pembangkit listrik baru
  • Jaringan transmisi sepanjang 1.172 km
  • Realisasi investasi 20 KEK sebanyak Rp117 triliun
  • 8 Kawasan Industri strategis, 6 smelter, dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan ini, Airlangga juga melaporkan dihadapan Presiden Jokowi, bahwa PSN yang siap untuk diresmikan mencakup proyek jalan tol, proyek kawasan pariwisata, proyek kawasan industri, dan proyek industri katalis merah putih.

"Kami mohon perkenan Bapak Presiden dapat meresmikannya dalam waktu dekat ini mengingat kehadiran Bapak Presiden juga sudah dinantikan masyarakat setempat," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

161 Proyek Strategis Nasional Rampung di Era Presiden Jokowi

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo, mencatat sejak tahun 2016 hingga saat ini telah diselesaikan sebanyak 161 Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Kita sudah 8 tahun membangun proyek Strategis Nasional, sampai saat ini sudah 161 proyek yang diselesaikan," kata Wahyu Utomo dalam Main Event Sewindu PSN-Infrastructure forum, Rabu (13/9/2023).

Kendati demikian, Wahyu menegaskan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widod (Jokowi) meminta agar semester I-2024 semakin banyak proyek-proyek strategis nasional yang diselesaikan.

"Tentunya bapak presiden meminta supaya semester I-2024 semakin banyak proyek-proyek strategis yang harus diselesaikan," ujarnya.

Banyak PR

Oleh karena itu, diadakannya Main Event Sewindu PSN-Infrastructure forum bukan hanya sekedar perayaan 8 tahun pembangunan PSN saja, melainkan juga merupakan kegiatan untuk mengingatkan bahwa masih banyak PR pembangunan PSN lainnya yang harus diselesaikan.

"Acara hari ini bukan hanya perayaan 8 thun PSN, tapi ini adaah acara untuk mengingtkan kepada kita bahwa kita masih memiliki tugas ntuk mempercepat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang menghambat proyek-proyek strategsi nasional," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Dipercepat

Pihaknya pun berharap, agar seluruh Kementerian Lembaga, swasta, dan Kadin bisa membantu Pemerintah dalam mempercepat dan merealisasikan pembangunan PSN.

"Kita sudah memulai kegiatan sewindu ini sejak Mei lalu, kita bersama-sama IKA Unpad, bersama-sama dengan seluruh teman-teman, ada sponsor yang memberikan dukungan pada pelaksanaan proyek ini telah melakukan kegiatan yang menurut kami sangat penting," katanya.

Menurutnya, kegiatan Main Event Sewindu PSN-Infrastructure forum juga bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat meneggnai proyek-proyek PSN yang sedang pemerintah bangun, sekaligus untuk meningkatkan manfaat atau kualitas pembangunan PSN kepada masyarakat.

"Kita ingin memberikan informasi seluas-luasnya terhadap proyek-proyek yang kita lakukan, kita juga melakukan kegiatan untuk sharing informasi, dan pengalaman dengan universitas, dengan berbagai pihak dalam rangka untuk meningkatkan manfaat atau kualitas pembangunan yang kita lakukan," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.