Sukses

Pasar Tanah Abang Sepi, Penjual Banyak yang Live Streaming di Online Shop

Kondisi Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat sedang ramai diperbincangkan akibat sepinya pengunjung. Penjual pun mulai mencari cara dan berusaha supaya tokonya tidak gulung tikar dan mengalami banyak kerugian. Salah satunya, dengan berjualan di toko online.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat sedang ramai diperbincangkan akibat sepinya pengunjung. Penjual pun mulai mencari cara dan berusaha supaya tokonya tidak gulung tikar dan mengalami banyak kerugian. Salah satunya, dengan berjualan di toko online.

Tak heran bahwa perkembangan internet juga mengubah cara masyarakat berbelanja. Masyarakat saat ini terbilang lebih senang belanja online karena dinilai lebih praktis dan mudah. Mau tak mau, penjual di pasar pun harus mengikuti perubahan tersebut demi mendapatkan pelanggan.

Putri, salah satu pedagang baju di Pasar Tanah Abang juga mengaku bahwa ia menjual dagangannya di e-commerce. Ia mengaku, kondisi pasar yang sepi semenjak Lebaran membuatnya mencari cara untuk menggaet pembeli.

“(kalau omzet) sebenarnya sama aja sih, kalau di sini (pasar) ramai pas weekend doang,” kata Putri.

Meskipun sudah berjualan di e-commerce, Putri tetap mempertahankan tokonya di Pasar Tanah Abang. Musim Lebaran menjadi salah satu alasannya, karena pada musim Lebaran lah tokonya ramai dikunjungi.

Live Streaming

Ada perubahan yang bisa dilihat juga saat mengunjungi Pasar Tanah Abang saat ini. Sebagian penjual sudah mulai melek teknologi dengan melakukan live streaming di platform-platform online shop seperti TikTok, Shopee, dan lainnya.

Jika dahulu penjual menawarkan barangnya secara langsung, saat ini penjual menawarkan barangnya melalui live streaming.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Ada Pengunjung yang Datang

Tentu saja keadaan ini tidak berarti membuat semua pembeli berpindah ke online shop. Masih ada pengunjung yang memilih untuk berbelanja secara langsung dengan berbagai alasan.

Salah satunya, Endah (60) yang kami temui sedang berbelanja pada Senin 18 September 2023 di Pasar Tanah Abang.

“Di tempat ini paling lengkap ya, karena kan kita belinya nggak 1 atau 2. Kita punya organisasi dan komunitas,” Kata Endah. Ia melanjutkan, untuk kebutuhan komunitasnya, ia cukup sering berbelanja ke Pasar Tanah Abang.

“Karena banyak pilihan, jadi kita bisa memilih secara langsung apa yang sesuai sama kebutuhan kita,” Lanjutnya.

Punya perbedaan pendapat dengan penjual, Endah mengatakan bahwa keadaan Pasar Tanah Abang tidaklah sepi. Menurutnya, keadaan Pasar Tanah Abang yang tidak terlalu ramai pun membuatnya nyaman untuk berbelanja di pasar pusat grosir tersebut.

Berbelanja secara langsung ke pasar membantunya untuk melihat secara langsung produk yang ingin ia beli, apalagi jika butuh dengan jumlah yang banyak. Tanpa harus kecewa dengan produk yang dibelinya, Endah bisa mendapatkan barang sesuai kemauannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini