Sukses

Nasib Tragis Pedagang Tanah Abang: Ogah Pindah Meski Sepi Pengunjung

Pedagang di Pasar Tanah Abang Blok G keluhkan berkurangnya jumlah pengunjung dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Tak hanya itu, keadaan Pasar Tanah Abang Blok G juga tidak terurus.

Liputan6.com, Jakarta - Pedagang di Pasar Tanah Abang Blok G keluhkan berkurangnya jumlah pengunjung dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Tak hanya itu, keadaan Pasar Tanah Abang Blok G juga tidak terurus.

Masrul (42), salah satu pedagang sepatu di Pasar Tanah Abang Blok G mengaku bahwa alasannya tetap berjualan di situ karena tidak ada tempat lain untuk berjualan. Harga sewa ruko di blok-blok lain cenderung lebih mahal.

"Kalau mau pindah sih, belum ada rencana. Biaya sewa di Blok B mahal, belum lagi biaya karyawan, listrik, dan lain-lain," tutur Masrul kepada Liputan6.com,  Senin (18/9/2023).

Banyak Preman

Permasalahan lain, beredar rumor bahwa Blok G Pasar Tanah Abang adalah tempat di mana preman dan pengguna narkoba berkumpul.

Para pedagang sempat mengeluhkan para preman yang meneguk minuman keras. Diduga aktivitas ini dilakukan pada malam hari saat kios-kios sudah tutup.

Keadaan pasar blok G yang sudah tidak terurus ini mendorong para pelanggan enggan untuk sekedar mampir di blok G, dan lebih memilih di blok lainnya.

"Keadaanya ya lihat sendiri, sepi banget, yang lewat hampir tidak ada. Paling cuman di depan doang, itu pun jarang," kata pedagang tersebut.

Banyaknya toko-toko yang tutup juga menambah keadaan Pasar Tanah Abang Blok G ini semakin terpuruk. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Revitalisasi yang Tak Kunjung Dilakukan

Pemprov DKI Jakarta melalui Perumda Pasar Jaya berencana merevitalisasi pasar Tanah Abang Blok G dan Pasar Jay. Hal ini juga telah dilakukan pendataan pedagang.

"Pasar Jaya memang akan melaksanakan revitalisasi Pasar Blok G. Untuk saat ini kami tengah melakukan pendataan para pedagang dan tempat usaha yang merupakan bagian dari proses revitalisasi tersebut," kata Manajer Hubungan Masyarakat Perumda Pasar Jaya Agus Lamun ketika dikonfirmasi pada Rabu bulan Juli lalu, (12/7/2023).

Agus menambahkan, pihaknya berharap revitalisasi ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Namun nyatanya, hingga sekarang rencana revitalisasi tersebut tak kunjung terealisasi.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Pasar Tanah Abang Sepi Pengunjung, Pengelola: Ini Masih Normal

Pasar Tanah Abang dikabarkan sepi pengunjung. Meski, keadaan ini dinilai normal karena bukan berada pada periode puncak kegiatan belanja masyarakat di Pasar Tanah Abang.

Pengelola Pasar Tanah Abang Blok A, Hery Supriyatna mengamini kalau pasar yang dikelolanya tersebut mulai sepi pengunjung. Namun keadaan ini masih dalam batas normal.

"Kalo sepi memang kondisi pasar sedang sepi karena pasca idul fitri dan idul adha, biasanya siklus ini terjadi tiap tahun, biasanya pasar kembali ramai lagi jelang akhir tahun atau 5-6 bulan sampai momen puasa lebaran tahun depan," katanya kepada Liputan6.com, Senin (18/9/2023).

Masih Dalam Kondisi Normal

Menurutnya, kondisi kunjungan ke Pasar Tanah Abang Blok A masih dalam rasio normal seperti sebelum pandemi. Meski ada beberapa kios yang tutup, dia menyebut itu karena belum tersewa atau belum terjual.

"Kalau untuk blok A tanah abang, kios buka dan tutup masih terbilang normal ya, 83-85 perse kios masih buka. Selebihnya kios yang tutup itu karena memang belum terjual atau tersewa, kondisi seperti ini masih sama dengan kondisi normal sbelum pandemi," ungkapnya.

Senada, Pengelola Pasar Tanah Abang Blok B, Japar mengaku saat ini kondisi sepi karena bukan pada masa puncak masyarakat untuk belanja.

"Iya karena bukan masanya," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini