Sukses

Semen Indonesia Bongkar Trik Setor Dividen 62 Persen Lebih Tinggi ke Negara

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 2,365 triliun pada 2022. Jumlah itu naik 15,5 persen dari periode tahun sebelumnya sebesar sebesar Rp 2,047 triliun.

Liputan6.com, Jakarta PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 2,365 triliun pada 2022. Jumlah itu naik 15,5 persen dari periode tahun sebelumnya sebesar sebesar Rp 2,047 triliun.

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Semen Indonesia tahun 2023, sebanyak 70 persen dari raihan laba bersih 2022, atau sebesar Rp 1,65 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai.

Dari jumlah tersebut, pemerintah menerima dividen Rp 847 miliar atas kepemilikan saham di Semen Indonesia, atau meningkat 62 persen dari periode sebelumnya sebesar Rp 522 miliar.

Corporate Secretary Semen Indonesia Vita Mahreyni mengatakan, operational excellence menjadi katalisator keberhasilan perseroan dalam mempertahankan kinerja positif di tengah berbagai tantangan yang dihadapi industri bahan bangunan.

Melalui modifikasi model operasi dan perbaikan proses produksi, Semen Indonesia berupaya untuk meningkatkan keunggulan operasional guna mencapai optimalisasi operasi dan efisiensi biaya.

"Selain itu, SIG juga menjalankan sejumlah inisiatif strategis untuk selalu menjadi yang terdepan di industri bahan bangunan tanah air, dengan fokus pada pengelolaan pasar, mengidentifikasi berbagai peluang untuk meningkatkan kinerja, serta melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan inovasi produk dan layanan baru guna merambah ceruk-ceruk pasar yang belum tergarap secara optimal atau belum pernah dimasuki," terangnya, Kamis (28/9/2023).

 

2 dari 4 halaman

Pendapatan Negara

Sebagai imbal hasil rajin setor pendapatan negara melalui dividen, Semen Indonesia turut mendapat penghargaan kategori The Most Prominent State-Owned Company in Operational Excellence & Financial Contributiom to The Nation pada ajang Prominent Awards 2023, yang diselenggarakan oleh Solutee bekerja sama dengan Metro TV.

Vita menilai, penghargaan Prominent Awards 2023 menjadi ajang apresiasi sekaligus pengakuan atas kemampuan Semen Indonesia mencatatkan kinerja positif melalui sejumlah inisiatif strategis. Khususnya keunggulan operasional yang menjadi competitive advantage perusahaan.

"Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan, SIG akan terus meningkatkan operational excellence untuk mempertahankan kinerja positif dan terus memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan," pungkas Vita.

3 dari 4 halaman

Digitalisasi Tambang Pangkas Ongkos Pabrik Semen Tuban Rp 4,2 Miliar per Tahun

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menerapkan sistem pemantauan tambang berbasis teknologi digital, atau Quarry Mining Command Center (QMCC) for Good Mining Practices Solution di Pabrik Semen Tuban, Jawa Timur.

Sistem pemantauan tambang QMCC bekerja dengan menggunakan aplikasi monitoring terintegrasi berbasis digital. Seluruh informasi dari aplikasi pengawasan tersebut ditampilkan pada layar pusat kontrol dan dipantau oleh petugas yang bertindak sebagai komando operasional.

Dengan demikian, kehadiran inovasi QMCC ini membantu perusahaan memastikan penerapan kaidah good mining practice dan budaya K3 dalam operasional tambang berjalan dengan baik, sekaligus menekan ongkos atau biaya operasional hingga miliaran rupiah.

Inisiator inovasi QMCC yang juga Manager of Mining Operation Semen Indonesia, M Ardy Zailani, menyampaikan penerapan QMCC membantu optimalisasi aktivitas pengawasan dan membuat operasional tambang menjadi lebih efektif dan efisien, dibandingkan dengan pengawasan langsung yang membutuhkan banyak koordinasi dan waktu.

"QMCC juga memastikan kebutuhan data lapangan terdistribusi secara aktual dan akurat. Sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga target cost dan quality dapat optimal," ujar Ardy, Senin (25/9/2023).Lebih lanjut, Ardy menjelaskan, latar belakang hadirnya inovasi QMCC karena melihat adanya tantangan dan peluang. Tantangan safety, quality dan productivity menciptakan peluang untuk mengoptimasi sumber daya dan biaya produksi.

"Sebab, saat ini sumber informasi sangat mudah diakses, maka terbuka peluang improvement teknologi yang juga membantu menyelesaikan problem atau tantangan kerja yang selama ini sulit diselesaikan," imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Bantu Proses Bisnis

Terkait inovasi QMCC, ia melihat dalam aktivitas tambang ada improvement yang bisa membantu proses bisnis perusahaan, bahkan cost transformation. Sejak diterapkannya QMCC pada 2022 hingga saat ini, Pabrik Semen Tuban mencatatkan zero fatality dan accident dalam operasional tambang.

"QMCC juga turut berkontribusi pada efisiensi biaya operasional tambang dan bahan baku senilai Rp 4,2 miliar per tahun. Ini bukanlah akhir karena kita tahu teknologi terus berkembang, dan kami terus membuka peluang untuk mengembangkan teknologi yang telah kita terapkan," jelas Ardy.

Berkat penerapan digitalisasi tambang tersebut, Semen Indonesia berhasil menggondol sejumlah penghargaan. QMCC yang juga karya tim inovasi Department of Mining & Raw Material Pabrik Semen Indonesia Tuban telah mengantongi Juara I di ajang SIG Group Innovation Award (SIGIA) 2022.

Selain itu, QMCC juga meraih dua penghargaan di ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) 2022, yakni predikat Diamond sekaligus dinobatkan sebagai Best Performance.

 

Video Terkini