Sukses

Momen Mendag Keliling IMX 2023 Bareng Raffi Ahmad dan Fitra Eria

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengunjungi Indonesia Modification Expo (IMX 2023) di Jakarta Convention Center (JCC), hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi Indonesia Modification Expo (IMX 2023) di Jakarta Convention Center (JCC), hari ini. Dalam Kunjungannya tersebut, Zulhas datang mengenakan pakaian kemeja putih bertuliskan Langitkan Biru dan mengapresiasi ragam mobil otomotif yang dimodifikasi dan diproduksi oleh Indonesia. 

Pada awal kedatangannya, Zulkifli Hasan langsung menghampiri booth-booth yang ada, salah satunya adalah Kustomfest yang membawa Retro 3Wheeler buatan Lulut Wahyudi dari Yogyakarta. Ia pun mencoba langsung kendaraan beroda tiga yang sempat menjadi idola di Inggris pada tahun 1930-an tersebut. 

“Ini karya buatan papa (bapak) saya, Pak,” kata anak Lulut yang berada di stand. 

Setelah itu, Ketua Umum PAN itu langsung turun dari Retro 3Wheeler  dan mengatakan  ingin menghadiri acara Kustomfest yang akan digelar pada 7-8 Oktober 2023 di Yogyakarta.

Kemudian, ia berkeliling ke stand-stand yang tersedia dan tampak mengapresiasi beberapa modifikasi mobil  dan aksesoris  mobil yang dipamerkan di IMX 2023.

Kunjungan Mendag ke IMX 2023 semakin seru karena didampingi oleh influencer otomotif Fitra Eri dan juga Om Mobi. Diketahui keduanya  satu tim dan bersaing melawan tim artis pecinta mobil Uya Kuya, Baim Wong, dan Atta Halilintar dalam tantangan Black Stone Live Modz 2023.

Fitra Eri dan Om Mobi kemudian mengajak Zulhas untuk mencoba mobil modifikasi hasil karyanya dan juga dibuat oleh tim seniman.

“Karena kadernya beliau, kan Uya Kuya. Jadi di momen ini bosnya rival kita (Uya Kuya) duduk di mobil kita lebih dulu,” kata Fitra dan Om Mobi. 

Tidak kalah menarik, Mendag Zulhas kemudian melanjutkan turnya dan menjajal sensasi duduk di dalam mobil rombongan artis yang diantar Raffi Ahmad. Dalam kesempatan tersebut, Zulhas juga memuji karya tim seniman yang memasang logo burung Garuda dan batik pada mobil tersebut.

“Tadi saya coba fiturnya, saya kira juara,” kata Zulhas usai mencoba mobil tim artis. 

Saat acara berlangsung, Mendag Zulhas juga turut didampingi oleh pendiri NMAA Andre Mulyadi ikut menyaksikan kegiatan yang berlangsung di luar aula JCC. Ia juga mengundang merek-merek industri inovatif untuk berpartisipasi dalam Indonesia Trade Show 2023 yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan pada Oktober 2023.

 

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendag Acungi Jempol Modifikator Otomotif Indonesia, Tak Kalah dari Jepang

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menghadiri Pameran Modification Indonesia  (IMX 2023) di Jakarta Convention Center (JCC) hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli Hasan menyampaikan pujian dan apresiasinya kepada stand-stand yang hadir menyelenggarakan pameran. 

“Saya baru secara penuh melihat anak-anak muda kita ya, luar biasa, pegiat modifikasi. Termasuk mobil-mobil yang tua, yang baru, kita nggak kalah sama Jepang, nggak kalah sama barat,” kata Mendag Zulhas usai berkeliling, Minggu (1/10/2023). 

Bersama pendiri NMAA Andre Mulyadi, Zulhas sempat menyambangi IMX 2023 dan tampak kaget dengan berbagai modifikasi mobil yang dilakukan di Indonesia. Selain itu, produk-produk yang ada saat ini banyak diproduksi di dalam negeri dan mempunyai nilai ekonomi tinggi yang ditujukan untuk  pasar ekspor.

“Bicara potensi perdagangan ini besar sekali, bahkan sebagian besar untuk ekspor, dan untuk di sini dijual kira-kira USD 10 ribu, kalau di ekspor (kira-kira) harganya USD 30-40 ribu,” ungkap Zulhas. 

Selain itu, ia juga meyakini bahwa kreativitas masyarakat Indonesia khususnya generasi muda akan menciptakan hal-hal yang baik dan bernilai. Selain itu juga tergantung dari mumpuni kapasitas yang dimilikinya.

Terkait persoalan tersebut, Ketua Umum PAN ini juga menyatakan secara tegas bahwa Pemerintah harus hadir untuk mendukung industri kreatif  ini. 

“Ini suatu potensi industri kreatif yang luar biasa yang harus kita dukung, pemerintah mesti hadir untuk mengembangkan industri kreatif yang dikembangkan oleh anak anak muda kita, dan kita nggak kalah oleh negara mana pun,” sambung Zulhas. 

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengajak para modifikator agar dapat menjadi tuan rumah Indonesia Trade Expo 2023 yang  digelar di ICE BSD, Kementerian Perdagangan. Sebab menurutnya kegiatan ini memiliki potensi dan  peluang yang baik untuk menjangkau pasar modifikasi yang lebih luas  di industri kreatif  ini.

3 dari 3 halaman

Mendag Ajak LDII Kembangkan Program 1.000 Warung UMKM

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan ingin agar Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) meningkatkan perannya dalam penggerak ekonomi nasional. Hal ini karena peran LDII di bidang ekonomi nasional masih kalah jauh jika dibandingkan peran LDII di bidang pendidikan dan kesehatan.

Menurut Zulkifli Hasan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menggandeng LDII dalam program kewirausahaan dengan membuka 1.000 Warung UMKM. Program ini akan menyasar ke sekolah-sekolah yang sudah dikembangkan oleh LDII.

“Selain mendidik untuk ilmu agama juga kita latih untuk enterpreneur,” kata mendag saat menghadiri kegiatan Silaturahmi Kebangsaan Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) di Pesantren Al-Furqan, Cimone Jaya, Karawaci Kota Tanggerang, Sabtu (30/9/2023).

Mendag kemudian menyampaikan pentingnya berwirausaha. Ia menceritakan, sejak umur 6 tahun dirinya sudah berjualan barang karena orang tuanya mempunyai toko. Dengan demikian, ia dibesarkan dengan warung. Hal ini yang menjadi ia bisa meraih sukses menjadi pengusaha hingga saat ini dan bahkan menjabat sebagai Menteri Pedagangan.

Ia berharap hal ini bisa dijadikan contoh. Ia pun meminta kepada masyarakat agar tidak meremehkan UMKM. Alasannya, untuk menjadi besar perlu berjuang dari kecil terlebih dahulu. Oleh sebab itu UMKM akan menjadi landasan yang baik menuju pengusaha besar. 

“Dulu ibu saya ada warung, sejak itu saya belajar dagang. Oleh karena itu, saya menjadi Menteri Perdagangangan, Pengusaha, dan saudagar seperti sekarang,” jelasnya.

Dengan adanya program 1.000 Warung UMKM yang digagas Kementerian Perdagangan, ia yakin akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka toko sangat murah dibandingkan dengan modal yang ditanam di supermarket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini