Sukses

Ekonomi Inggris Tumbuh, Lebih Cepat Sejak Pandemi Covid-19

Data yang direvisi menunjukkan bahwa ekonomi Inggris telah mengalami pertumbuhan yang lebih cepat daripada Prancis atau Jerman sejak akhir 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi Inggris telah tumbuh lebih cepat sejak dimulainya pandemi Covid daripada yang diperkirakan sebelumnya. Ini berdasarkan laporan terbaru.

Data yang direvisi menunjukkan bahwa ekonomi Inggris telah mengalami pertumbuhan yang lebih cepat daripada Prancis atau Jerman sejak akhir 2019.

Angka pertumbuhan telah diperkirakan akan ditingkatkan, setelah Office for National Statistics (ONS) menerbitkan perkiraan baru awal bulan ini tentang bagaimana kinerja ekonomi sejak Covid.

Namun, melansir laman BBC, Senin (2/10/2023), para analis mengatakan bahwa Inggris masih mengalami pertumbuhan yang lesu.

Angka-angka terbaru dari ONS menunjukkan bahwa ekonomi Inggris telah tumbuh sebesar 1,8% sejak pandemi dimulai, sedangkan perkiraan sebelumnya adalah kontraksi 0,2%.

Angka-angka tersebut juga menunjukkan bahwa ekonomi tumbuh 0,3% dalam tiga bulan pertama tahun ini, naik dari 0,1% yang diperkirakan sebelumnya. Estimasi untuk kuartal April hingga Juni tidak berubah pada 0,2%.

Menyusul serangkaian revisi terbaru, kepala ekonom ONS Grant Fitzner mengatakan bahwa tingkat pertumbuhan Inggris "hampir tidak direvisi selama 18 bulan terakhir".

Ukuran sebuah perekonomian diukur dengan Produk Domestik Bruto, atau PDB, yang mencoba mencakup semua aktivitas perusahaan, pemerintah, dan individu di sebuah negara.

ONS merevisi angka-angka PDB dari waktu ke waktu karena menerima lebih banyak informasi tentang bagaimana kinerja ekonomi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salah Satu Negara G7 yang Pulih Tercepat Sejak Pandemi

Awal bulan ini, ONS mengatakan bahwa "data yang lebih kaya" dari survei tahunannya berarti bahwa mereka sekarang memperkirakan ekonomi Inggris lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya dalam tiga bulan terakhir tahun 2021 dibandingkan dengan tingkat sebelum pandemi.

Dengan angka terbaru ini, berarti pertumbuhan Inggris sejak pandemi melebihi pertumbuhan 1,7% di Prancis dan 0,2% di Jerman.

Menanggapi data baru tersebut, Kanselir Jeremy Hunt mengatakan: "Kita tahu bahwa ekonomi Inggris pulih lebih cepat dari pandemi daripada yang diperkirakan sebelumnya dan data yang dirilis hari ini sekali lagi membuktikan bahwa mereka yang meragukannya salah.

"Kami adalah salah satu negara tercepat di G7 yang pulih dari pandemi dan sejak tahun 2020 kami tumbuh lebih cepat daripada Prancis dan Jerman."

 

3 dari 3 halaman

Masih di Bawah

Namun, Ruth Gregory, wakil kepala ekonom Inggris di Capital Economics, mengatakan bahwa rilis ONS terbaru "tidak banyak berubah". Data tersebut membuat ekonomi masih hanya 0,6% di atas levelnya setahun yang lalu.

"Ini tidak mengubah gambaran besar bahwa ekonomi telah tertinggal di belakang semua negara G7 lainnya selain Jerman dan Prancis sejak pandemi. Dan itu sebelum hambatan penuh dari suku bunga yang lebih tinggi dirasakan."

Samuel Tombs, kepala ekonom Inggris di Pantheon Macroeconomics, mencatat bahwa dalam hal perbandingan internasional, "gambaran yang stabil mungkin memerlukan waktu untuk muncul, mengingat bahwa otoritas statistik di negara lain juga merevisi data mereka".

Angka-angka PDB terbaru menunjukkan bahwa ekonomi menyusut 0,5% di bulan Juli, karena kombinasi aksi mogok kerja dan dampak dari cuaca basah, dan ada kekhawatiran akan lemahnya kinerja ekonomi dalam beberapa bulan terakhir.

Namun, Tombs mengatakan bahwa ia berpikir bahwa Inggris akan terhindar dari resesi pada paruh kedua tahun ini, dibantu oleh perlambatan laju kenaikan harga konsumen baru-baru ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini