Sukses

Sekjen OPEC Ramal Permintaan Minyak Sentuh 2 Juta Barel Tahun Depan

Harga minyak mentah Brent menembus USD 95 per barel pada hari Selasa di tengah kekhawatiran harga akan menembus USD 100 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal OPEC+ Haitham Al Ghais memperkirakan harga minyak dunia akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan energi.

Sebagai informasi, OPEC+ adalah kelompok yang terdiri dari 23 negara pengekspor minyak yang memutuskan berapa banyak minyak mentah yang akan dijual di pasar dunia.

"Kami melihat permintaan akan meningkat sekitar 2,4 juta barel per hari," kata Haitham Al Ghais, dikutip dari BBC, Selasa (3/10/2023).

"Untuk tahun depan, kami melihat permintaan akan terus meningkat hingga 2 juta barel per hari – tentu saja, semua ini dipengaruhi oleh ketidakpastian di pasar global. Namun demikian, kami masih merasa cukup optimis… bahwa permintaan minyak global akan meningkat. menjadi cukup tangguh tahun ini," ujarnya.

Sebelumnya, Arab Saudi mengatakan akan memangkas produksi minyak mentahnya hingga 1 juta barel per hari untuk mendongkrak harga.

Badan Energi Internasional (IEA) mengingatkan keputusan Arab Saudi dan Rusia dengan memangkas produksi dapat menyebabkan kekurangan pasokan yang signifikan akhir tahun ini.

Al Ghais kemudian menjelaskan bahwa ; "Ini adalah keputusan sukarela yang diambil oleh dua negara berdaulat, Arab Saudi dan Rusia. Keputusan ini dapat digambarkan sebagai tindakan pencegahan atau pencegahan karena ketidakpastian".

Setelah perang Rusia-Ukraina, harga minyak dunia melonjak hingga lebih dari USD 120 per barel pada Juni 2022 lalu.

Harga minyak turun kembali sedikit di atas USD 70 per barel pada bulan Mei tahun ini, namun terus meningkat sejak saat itu karena produsen membatasi produksi untuk mendukung pasar.

Harga minyak mentah Brent, yang menjadi patokan harga, menembus USD 95 per barel pada hari Selasa di tengah prediksi berkurangnya pasokan, dengan kekhawatiran harga akan menembus USD 100 per barel.

Kenaikan ini memicu peringatan kepada para pelaku pasar bahwa harga BBM bisa naik dalam 10 bulan mendatang, dan memicu kekhawatiran bahwa inflasi di sejumlah negagara bisa berkepanjangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Energi Diproyeksi Tumbuh 25 Persen pada 2045

Namun Al Ghais mengatakan OPEC lebih khawatir mengenai kurangnya investasi di sektor minyak.

"Beberapa pihak telah menyerukan penghentian investasi pada minyak. Kami yakin hal ini juga sama berbahayanya. Hal ini akan menyebabkan ketidakstabilan di masa depan, kemungkinan kekurangan pasokan. Oleh karena itu, kami di OPEC selalu menganjurkan pentingnya terus berinvestasi di industri minyak seiring dengan berjalannya waktu. kami juga berinvestasi dalam dekarbonisasi industri dan beralih ke bentuk energi alternatif lain seperti energi terbarukan,” ujarnya.

Al Ghais mengatakan bahwa industri minyak memerlukan investasi hampir USD 14 triliun hingga tahun 2045.

"Permintaan energi akan tumbuh hampir 25 persen pada tahun 2045 dibandingkan saat ini – dan segala bentuk energi akan dibutuhkan", katanya.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Dunia Anjlok, tapi Masih di Level USD 90 per Barel

Harga minyak turun sekitar 2% ke level terendah dalam tiga minggu di mana kontrak minyak Brent dengan harga lebih tinggi telah berakhir.

Penurunan harga minyak dunia imbas penguatan Dolar AS dan kekhawatiran para pedagang akan meningkatnya pasokan minyak mentah dan tekanan pada permintaan akibat suku bunga yang tinggi.

Melansir CNBC, Selasa (3/10/2023), harga minyak Brent berjangka untuk pengiriman Desember menetap USD 1,49, atau 1,6% lebih rendah ke posisi USD 90,71 per barel, atau turun sekitar 5% dari kontrak November yang berakhir pada hari Jumat pekan lalu.

Itu merupakan persentase penurunan harian terbesar pada bulan depan Brent sejak awal Mei.

Sementara itu, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun $1,97, atau 2,2%, menjadi $88,82 per barel.

Analis mengatakan beberapa pedagang mengambil keuntungan setelah harga minyak mentah naik hampir 30% ke level tertinggi dalam 10 bulan pada kuartal ketiga.

Menurut Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS menyebutkan, penurunan harga minyak mentah yang dimulai pada 28 September, spekulan AS meningkatkan posisi net long futures dan opsi mereka di New York Mercantile and Intercontinental Exchanges ke level tertinggi sejak Mei 2022

"Sangat mungkin bahwa aksi ambil untung oleh spekulan saat ini memainkan peran (dalam penurunan harga minyak baru-baru ini) dan akan berhenti membebani pasar seiring berjalannya waktu," kata Analis di perusahaan konsultan energi Gelber and Associates dalam sebuah catatan.

4 dari 4 halaman

Dolar Menguat

Pada hari Senin, dolar AS naik ke level tertinggi dalam 10 bulan terhadap sejumlah mata uang lainnya setelah pemerintah AS menghindari penutupan sebagian dan data ekonomi.

Hal ini memicu ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama, yang dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Suku bunga yang lebih tinggi dan penguatan dolar, yang membuat harga minyak lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, dapat mengurangi permintaan minyak.

"Prospek global dengan cepat berubah menjadi lebih buruk dan hal ini mendorong perdagangan dolar lagi dan membebani prospek permintaan minyak mentah," kata Edward Moya, Analis Pasar Senior di perusahaan data dan analisis OANDA, mencatat bahwa melonjaknya imbal hasil obligasi juga menekan harga minyak mentah.

Di Eropa, data manufaktur menunjukkan zona euro, Jerman dan Inggris masih terperosok dalam penurunan pada bulan September.

Di Tiongkok, negara importir minyak terbesar di dunia, Bank Dunia mempertahankan perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 sebesar 5,1%, namun memangkas prediksinya untuk tahun 2024, dengan alasan masih lemahnya sektor properti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini