Sukses

KakaoBank Bakal Akuisisi 10% Saham Superbank Lewat Penerbitan Saham Baru

KakaoBank, bank digital pertama dan terkemuka di Korea Selatan, dan Superbank mengumumkan kemitraan strategis yang menandai tonggak penting bagi kedua perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - KakaoBank dan Superbank mengumumkan kemitraan strategis yang menandai tonggak penting bagi kedua perusahaan. KakaoBank merupakan bank digital pertama dan terkemuka di Korea Selatan sedangkan Superbank merupakan bank yang juga fokus pada layanan digital di Indonesia yang didukung oleh konsorsium Grab, Singtel, dan Grup Emtek.

Dalam kemitraan strategis ini, KakaoBank akan mengakuisisi 10% saham di Superbank melalui penerbitan saham baru. KakaoBank juga akan berkolaborasi secara aktif dalam pengembangan produk dan layanan Superbank.

Dengan mengandalkan daya saingnya yang telah terbukti di dalam negeri dalam bidang keuangan digital dan keahlian platform, serta menduduki peringkat 1 dalam jumlah pengguna aktif bulanan di antara aplikasi perbankan terkemuka di Korea Selatan, KakaoBank menghadirkan segudang pengalaman berharga ke dalam kolaborasi yang bertujuan untuk memperdalam pemahamannya terhadap pasar Asia Tenggara dan pelanggannya.

Melalui kolaborasi ini, KakaoBank berkomitmen untuk meningkatkan daya saing globalnya, mendapatkan pengalaman berharga, dan secara aktif berkontribusi terhadap kemajuan keuangan digital di pasar Asia Tenggara.

Chief Executive Officer KakaoBank Corp Yun, Ho Young mengatakan, dengan investasi strategis dan kolaborasi bersama Superbank yang merupakan langkah pertama dari bisnis global KakaoBank, KakaoBank akan menciptakan masa depan keuangan dengan berkolaborasi bersama mitra terkemuka di Asia Tenggara untuk bersama-sama membangun platform teknologi finansial digital yang dimulai dengan Superbank di Indonesia.”

"Selain itu, kemitraan ini juga merupakan wujud dari komitmen jangka panjang kami untuk menciptakan sinergi antara teknologi finansial digital yang dimiliki KakaoBank dan kesuksesan bisnis Grab di Asia Tenggara. Pada akhirnya, kami ingin membangun jaringan bank digital global melalui kemitraan teknologi dan layanan kami." jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (10/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perpaduan yang Pas

Direktur Utama Superbank Tigor M. Siahaan mengatakan, Superbank merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh KakaoBank, sebagai bank digital terkemuka di pasar mereka dengan catatan prestasi yang luar biasa.

"Kemitraan ini menandakan perpaduan keahlian internasional dengan potensi besar yang dimiliki Indonesia. Dengan komitmen yang sama terhadap inklusi keuangan dan kemajuan berbasis teknologi, kemitraan ini tidak hanya memperkuat kemampuan Superbank namun juga membawa kami lebih dekat dengan misi kami dalam melayani kebutuhan keuangan masyarakat underbanked, khususnya nasabah UMKM dan ritel," kata dia.

"Kami menyambut KakaoBank sebagai pemegang saham strategis dan berharap dapat memanfaatkan keahlian mereka untuk memberikan solusi keuangan inovatif kepada konsumen Indonesia.” tambah Tigor.

Kekuatan Superbank berasal dari ekosistemnya, yang terdiri dari perusahaan terkemuka seperti Grab, Singtel, dan Grup Emtek. Para pemimpin industri ini memiliki penetrasi pasar yang luas di berbagai sektor, termasuk penonton media multi-platform dan penjual all-commerce online di Emtek, serta jutaan pengguna platform Grab.

Jangkauan Singtel meliputi 21 pasar, melayani jutaan pelanggan seluler dan perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi canggih, wawasan, dan aset jaringan dalam ekosistemnya, Superbank secara strategis berada dalam posisi terbaik untuk terhubung dengan nasabah UMKM dan ritel dari komunitas underbanked di Indonesia, serta menawarkan layanan keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini