Sukses

Rosan Roeslani Mundur, Erick Thohir: Kita Nanti Satu Saja Wamen BUMN

Rosan Roeslani dikonfirmasi telah mundur dari jabatannya sebagai Wakil Menteri BUMN. Pengganti Rosan di kursi Wamen BUMN disebut masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir buka suara terkait kosongnya posisi Wakil Menteri BUMN II pasca ditinggal Rosan Roeslani. Dia bilang, kedepannya Wamen BUMN cukup satu saja.

Diketahui, saat ini ada porsi dua Wamen BUMN. Pertama, Wamen BUMN I Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko. Kedua, Wamen BUMN II yang sebelumnya diisi oleh Rosan Roeslani. Namun, Rosan memilih mundur setelah didapuk jadi Ketua Tim Pemenangan Nasional pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran.

"Saya hormati keputusan Pak Rosan, dan saya sudah diskusi internal di Kementerian, saya sudah lapor bapak Presiden," ungkap Erick Thohir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Dia mengatakan, di sisa satu tahun masa jabatannya Wamen BUMN cukup dipegang oleh Tiko. Dia juga menegaskan tak akan kemana-mana dan akan fokus pada posisinya saat ini.

"Bahwa juga nanti kita satu saja Wamen-nya, Pak Tiko yang selama ini juga beliau sudah kebetulan kemarin lagi tour of duty. Jadi cukup satu," ungkapnya.

"Dan saya juga nggak kemana-mana, kita fokus kerja,kerja, dan kerja," tegas Erick Thohir.

Erick menegaskan tak akan ada perekrutan orang baru yang akan menduduki posisi Wamen BUMN II. "Tidak ada," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi Wakomut Pertamina

Sementara itu, Erick tak berbicara banyak mengenai posisi Wakil Komisaris Utama Pertamina yang juga dilepas Rosan. Dia menyebut, terkait keputusan lanjutannya pun itu masih perlu ditunggu.

"Belum lah. Tunggu sabar," singkatnya.

Diketahui, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah mengkonfirmasi kalau Rosan juga mundur dari Wakomut Pertamina. Artinya, posisi tersebut kini masih kosong.

3 dari 4 halaman

Pengganti Ada di Tangan Jokowi

Sebelumnya, Rosan Roeslani dikonfirmasi telah mundur dari jabatannya sebagai Wakil Menteri BUMN. Pengganti Rosan di kursi Wamen BUMN disebut masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rosan Roeslani diketahui mundur dari jabatan Menteri BUMN usai ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kan kemarin pak Rosan bilang sudah mundur. Jadi ya, akan, kita nunggu pak Presiden, pak Jokowi, kan itu kewenangan pak Jokowi," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

4 dari 4 halaman

Ditangani Erick Thohir

Sementara kursi Wamen BUMN II tersebut kosong, Arya mengatakan tugas Rosan akan ditangani oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dia menegaskan, posisi Wamen BUMN tak akan dirangkap oleh Kartika Wirjoatmodjo sebagai Wamen BUMN I.

Kembali soal pengganti Rosan, dia menegaskan keputusannya ada di tangan Presiden Jokowi. "Tunggu pak Presiden aja," kata Arya.

Selain mundur dari Wamen BUMN, Rosan juga disebut telah melepas jabatannya dari Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Namun, Arya belum berbicara banyak mengenai hal tersebut.

"Pasti ada waktunya untuk RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) karena kan nanti penggantinya pasti ada kan. Tunggu aja penggantinya," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.