Sukses

Menteri PUPR: Persiapan Selesai, Semua Stadion Siap Gelar Piala Dunia U-17

Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa seluruh pembangunan dan pembenahan stadion yang akan digunakan gelaran Piala Dunia U-17 sudah selesai. Gelaran sepakbola kelas internasional ini akan berlangsung di 4 kota pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

"Semua penyiapan stadion untuk Piala Dunia U-17 sudah selesai," ujar Basuki Hadimuljono dikutip dari Antara, Selasa (31/10/2023).

Semua stadion untuk perhelatan Piala Dunia U-17 dalam kondisi siap digunakan. "Semua sudah siap dimanfaatkan untuk perhelatan Piala Dunia U-17," kata Basuki.

Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss.

Keputusan tersebut diambil oleh FIFA setelah Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun yang lalu.

Hal tersebut yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Peru.

FIFA World Cup U-17 dipertandingkan di empat kota yaitu Jakarta, Solo, Bandung dan Surabaya. Piala Dunia U-17 berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Untuk upacara pembukaan Piala Dunia U-17 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya pada 10 November.

Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya juga menjadi "home base" bagi tim nasional (timnas) U-17 Indonesia di babak penyisihan Grup A.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, tiga stadion lainnya yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 antara lain Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Manahan (Solo).

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Pastikan Stadion GBT Sudah Siap 100 Persen Sambut Piala Dunia U-17

Sebelumnya, Ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya sudah mencapai kelayakan 100 persen untuk digelarnya Piala Dunia U-17.

Oleh karena itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Local Organizing Committee (LOC) Piala Dunia U-17 tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan bekerja dengan maksimal.

"Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari Wali Kota Surabaya, Pak Basuki (Menteri PUPR), Pemerintah Pusat, Pak Menpora dan tentu rekan-rekan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PLN dan Telkom," ucapnya saat ditemui wartawan usai meninjau Stadion GBT Surabaya, Minggu (29/10/2023), dilansir dari Antara.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut juga berharap bisa menyajikan pembukaan terbaik sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Karena kalau Indonesia bikin acara terbaik terus, kemarin waktu Asian Games terbaik, kemarin ada Asean Summit bagus, dan juga kemarin di Bali G20 juga bagus, mudah-mudahan ini juga menjadi yang terbaik," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Dua Jempol

Tak hanya itu, menurut Erick, FIFA sendiri menilai untuk fasilitas dan pendukung lapangan juga memberi dua jempol.

"Tapi jangan jumawa, nanti juga harus antisipasi keamanan, kemacetan dan lain-lain, karena ini yang akan menjadi penilaian tersendiri dari FIFA," tuturnya.

Erick juga menyatakan, rencananya Presiden FIFA Gianni Infantino akan hadir dalam pembukaan di Stadion GBT Surabaya pada 10 November 2023.

"Insya Allah, Presiden FIFA akan hadir di sini nanti tanggal 10 dan punya komitmen akan hadir saat pembukaan dan penutupan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim.

Tentu, lanjutnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga akan hadir dalam pembukaan dan penutupan.

"Mudah-mudahan ini sebuah penghargaan untuk Surabaya yang terus serius menyiapkan daripada penyelenggaraan Piala Dunia U-17," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini