Sukses

Mengenai Gangguan Mental Money Dysmorphia dan Penyebabnya!

Dalam dunia kesehatan mental, dysmorphia menggambarkan fokus obsesif pada cacat yang dirasakan pada tubuh seseorang. Itu juga terjadi pada pengelolaan keuangan seseorang yang dikenal dengan Money Dysmorphia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia kesehatan mental, dysmorphia menggambarkan fokus obsesif pada kekurangan yang dirasakan pada tubuh seseorang. Orang dengan gangguan dismorfik tubuh mungkin mendapati diri mereka terus-menerus membandingkan diri mereka dengan penampilan orang lain.

Dysmorphia adalah gangguan dismorfik tubuh yang merupakan jenis penyakit mental kronis. Gejalanya membuat bisa membuat seseorang bercermin berjam-jam dan tak bisa berhenti memikirkan penampilan. Apapun yang dilihat, seseorang bisa merasa begitu memalukan dan tidak ingin terlihat atau siapapun.

Ali Katz, seorang pengacara real estate dan pendiri Family Wealth Planning Institute, melihat fenomena serupa dalam dunia psikologi keuangan, yakni dalam keadaan di mana persepsi diri seseorang mengenai uang mereka tidak sesuai dengan kenyataan. Ia menyebutnya "money dysmorphia".

"Ini adalah pandangan menyimpang yang kita miliki tentang uang yang menyebabkan kita membuat keputusan yang buruk," kata Katz, dikutip dari CNBC Senin (20/11/2023).

Salah satu bentuk umum yang Katz lihat di antara para kliennya yang menderita money dysmorphia adalah, keyakinan bahwa mereka tidak cukup kaya untuk membuat rencana penting untuk aset mereka. Tapi itu adalah pemikiran yang keliru dan berpotensi merusak.

"Cara ini berpengaruh pada perencanaan atau investasi properti adalah kita tidak melakukannya. Kami tidak cukup kaya untuk melakukan perencanaan warisan. Saya tidak kaya, saya tidak kaya," kata Katz.

"Tapi itu sama sekali tidak benar."

"Kita mungkin sudah cukup kaya tapi tentu saja kita membandingkan diri kita dengan Jeff Bezos dan Elon Musk," kata Katz.

Dengan kata lain, meskipun Anda mungkin bukan seorang miliarder, atau bahkan tidak memiliki kehidupan mewah seperti yang Anda lihat di media sosial, Anda mungkin memiliki aset dalam bentuk uang tunai, investasi, atau barang-barang berharga. Dan apa yang Anda pilih untuk dilakukan dengan aset tersebut adalah penting.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Surat Warisan

Di aset itulah perencanaan warisan perlu dipikirkan. Mulai dari serangkaian dokumen perencanaan warisan, yang sering kali mencakup surat wasiat, surat perintah perawatan kesehatan, dan surat kuasa keuangan dan perawatan kesehatan.

Surat wasiat menunjukkan bagaimana Anda ingin aset Anda didistribusikan jika Anda meninggal dunia. Dokumen-dokumen lain menunjukkan keinginan Anda tentang bagaimana perawatan kesehatan dan keuangan Anda akan ditangani jika Anda tidak mampu.

"Segera setelah Anda berusia 18 tahun, Anda menjadi dewasa di mata hukum, khususnya untuk tujuan membuat keputusan kesehatan dan keuangan serta hukum Anda sendiri," kata Katz.

"Artinya, pada saat Anda berusia 18 tahun, jika Anda memiliki keinginan khusus tentang bagaimana keputusan hukum, keuangan, atau perawatan kesehatan akan dibuat untuk Anda, inilah saatnya untuk melangkah ke masa dewasa."

Sebagai anak muda, Anda mungkin tidak merasa memiliki harta warisan, atau Anda mungkin tidak merasa bahwa Anda akan membutuhkan dokumen-dokumen ini.

Tetapi jika Anda tidak menunjukkan apa yang Anda inginkan dalam skenario ini, negara, secara umum, membuat keputusan untuk Anda. Jika Anda meninggal tanpa anak, misalnya, hukum biasanya menyatakan bahwa aset Anda diberikan kepada orang tua Anda. Jika bukan itu yang Anda inginkan, penting untuk menjelaskannya.

"Menurut saya, pembuatan dokumen-dokumen ini, terkait siapa yang akan Anda beri nama, memberi tahu mereka apa yang Anda inginkan, adalah sebuah ritual pewarisan," kata Katz.

 

3 dari 3 halaman

Tak Harus Kaya untuk Investasi

Para ahli keuangan melihat adanya kesamaan pemikiran di kalangan anak muda yang berpikir bahwa investasi adalah sesuatu yang diperuntukkan bagi orang kaya.

Pemikiran ini adalah pola pikir uang yang beracun, kata Ramit Sethi, seorang jutawan dan bintang acara Netflix "How to Get Rich", yang sebelumnya mengatakan kepada CNBC Make It.

Faktanya, hal ini benar-benar terbelakang, katanya. "Cara Anda menjadi kaya adalah dengan berinvestasi."

Sethi tahu bahwa akan terasa sulit untuk menyisihkan uang untuk tujuan yang masih puluhan tahun lagi ketika anggaran Anda saat ini sedang menipis.

Itulah mengapa ia menganjurkan untuk melakukan transfer otomatis dari gaji Anda ke rekening investasi, sehingga uang tersebut tidak terlihat, tidak terpikirkan, dan bekerja untuk masa depan Anda.

"Anda sering kali dapat mengubah seluruh lintasan sosio-ekonomi untuk diri sendiri dan keluarga Anda dengan memulai satu hal sederhana ini, yaitu berinvestasi secara otomatis," katanya.

"Hal ini membuat saya bersemangat karena ini berarti Anda bisa mulai menjalani kehidupan yang kaya, tanpa perlu mengkhawatirkan uang untuk 20 tahun ke depan."

Kunci dari kalkulus Sethi adalah bunga majemuk, yang memungkinkan investor yang konsisten untuk mengembangkan kontribusi yang sangat kecil menjadi uang dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang lama. 

Katakanlah hanya itu yang Anda investasikan Rp 200 ribu per bulan antara usia 20 hingga 67 tahun. Selama hidup Anda sebagai investor, Anda akan menyisihkan lebih dari Rp 110 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.