Sukses

Menanti Pertemuan OPEC, Harga Minyak Mentah Dunia Stabil di USD 82,4 per Barel

Harga minyak sebagian besar tidak berubah pada hari Selasa karena investor menjadi berhati-hati menjelang pertemuan OPEC+ pada hari Minggu.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak sebagian besar tidak berubah pada hari Selasa karena investor menjadi berhati-hati menjelang pertemuan OPEC+ pada hari Minggu. Direncanakan kelompok produsen minyak itu mungkin membahas pengurangan pasokan yang lebih dalam karena melambatnya pertumbuhan global.

Kedua kontrak tersebut naik sekitar 2% pada hari Senin setelah tiga sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok tersebut, akan mempertimbangkan apakah akan melakukan pengurangan pasokan minyak tambahan saat bertemu pada 26 November.

Dikutip dari CNBC, Rabu (22/11/2023), kontrak minyak mentah Brent untuk bulan Januari naik 13 sen, atau 0,16%, menjadi USD 82,45 per barel pada hari Selasa.

Sedangkan kontrak West Texas Intermediate untuk bulan Januari turun 6 sen, atau 0,08%, menjadi USD 77,77 per barel.

Menanti Pertemuan OPEC+

“Tidak ada keraguan bahwa pertemuan para menteri energi OPEC+ mendatang akan menjadi salah satu pertemuan paling penting akhir-akhir ini karena investor sedang mencari petunjuk apakah petunjuk dan rumor tersebut akan didukung oleh tindakan,” kata Tamas Varga dari pialang minyak PVM.

Spekulan jangka pendek mengambil keuntungan dari WTI setelah beberapa indikator mengalami overbought (jenuh beli) pada grafik teknis, kata analis OANDA yang berbasis di Singapura, Kelvin Wong.

OPEC+ kemungkinan akan memperpanjang atau bahkan memperdalam pengurangan pasokan minyak hingga tahun depan, prediksi delapan analis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Minyak Sudah Turun 16 Persen

Analis RBC Capital Helima Croft mengatakan, "Kami melihat ada ruang bagi kelompok tersebut untuk melakukan pengurangan yang lebih besar, namun kami mengantisipasi bahwa Arab Saudi akan mencari tambahan barel dari anggota lain untuk berbagi beban penyesuaian."

Minyak telah turun sekitar 16% sejak akhir September karena produksi minyak mentah di AS, produsen utama dunia, berada pada rekor tertinggi, sementara pasar khawatir terhadap pertumbuhan permintaan dan perlambatan ekonomi.

Laporan inventaris AS terbaru diperkirakan menunjukkan stok minyak mentah dan bensin meningkat minggu lalu, menurut jajak pendapat Reuters pada hari Senin. Laporan pertama minggu ini dari American Petroleum Institute akan dirilis pada hari Selasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.