Sukses

Erick Thohir Rombak Direksi KAI, Mantan Corsec Bank Mandiri Jadi Direktur

Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero). Ada dua posisi direktur yang dirombak Erick Thohir.

Erick Thohir menunjuk Rudi As Aturridha sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan KAI dan John Robertho sebagai Direktur Strategis dan Pengelolaan Sarana KAI. Ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-322/MBU/11/2023 tanggal 28 November 2023.

“Kami mengucapkan selamat kepada Rudi As Aturridha dan John Robertho. Semoga dapat membawa kemajuan bagi perkeretaapian Indonesia,” ujar EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji dalam keterangannya, Selasa (28/11/2023).

Sebelumnya Pejabat Bank Mandiri

Informssi, Rudi As Aturridha sebelumnya menjabat sebagai Corporate Secretary Bank Mandiri dan John Robertho sebelumnya menjabat sebagai Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI.

Selain itu, Kementerian BUMN juga memberhentikan dengan hormat Eko Purwanto sebagai Direktur Pengelolaan Sarana KAI, yang ditugaskan menjadi Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Persero).

Agus mewakili manajemen KAI juga menyampaikan terima kasih kepada Eko Purwanto yang telah mengabdikan diri di KAI.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Eko Purwanto atas pengabdian dan dedikasinya selama ini kepada PT KAI dalam rangka turut memajukan perkeretapian Indonesia,” tutup Agus.

 

2 dari 3 halaman

KAI Gandeng JR East

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali menggandeng perusahaan kereta asal Jepang, East Japan Railways Company (JR East). Salah satunya adalah pengadaan sarana KRL.

Kerja sama yang ditandai lewat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) ini jadi titik terang rencana pengadaan sarana atau KRL baru yang akan diimpor KAI Commuter. Diketahui, JR East telah bermitra dengan KAI dan KAI Commuter dalam pengadaan sarana KRL.

"Nota kesepahaman ini merupakan pembaruan dari kerja sama yang telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. KAI Group terus bersinergi dengan perusahaan kelas dunia, salah satunya JR East yang berpengalaman di bidang perkeretaapian Jepang dengan reputasi yang sangat baik untuk keselamatan, pelayanan, dan ketepatan waktu," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya, Selasa (28/11/2023).

 

3 dari 3 halaman

Ruang Lingkup Kerja Sama

Informasi, nota kesepahaman ini akan berlaku satu tahun ke depan sampai 31 Desember 2024. Dengan ruang lingkup kerja sama diantaranya meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, pengadaan sarana dan suku cadang kereta api, pengembangan berorientasi transit, pertukaran Sumber Daya Manusia yang ahli berdasarkan permintaan, pertukaran informasi dan penyelesaian masalah perkeretaapian dan bidang terkait lainnya.

KAI Commuter sebagai bagian dari KAI group yang bergerak sebagai operator Commuter Line yang saat ini telah mengangkut dan melayani rata-rata pengguna 1 juta lebih orang per hari di seluruh wilayah operasionalnya.

"Tentu akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan berkolaborasi banyak pihak sehingga tercipta ekosistem transportasi urban yang memudahkan masyarakat dalam bermobilisasi," tutur Didiek.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur SDM dan Umum KAI Suparno, Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto, dan Senior Executive Officer Director General of International Affairs Headquarters JR East Shunzo Miyake.

Video Terkini