Sukses

Dengarkan, Tips Membangun Bisnis dari Pengusaha Usia 100 Tahun

Charlie Munger mulai berinvestasi di saham, bisnis, dan pengembangan properti sebelum memulai firma hukum dengan beberapa koleganya.

Liputan6.com, Jakarta - Charlie Munger meninggal dunia pada 28 November di usia 99 tahun. Sebelum meninggal, dia sempat menuliskan refleksi tentang kehidupan dan karirnya.

Di mana, dikatakan perjalanan seseorang menuju kepuasan karier tidak selalu linier. Setelah lulus dari Harvard Law School, Charlie bergabung dengan sebuah firma ternama di California. Charlie membangun rumah dan keluarga, dan dia bekerja keras selama bertahun-tahun.

Meski begitu, dia ingin mendapatkan lebih dari apa yang bisa diharapkan dari seorang mitra hukum senior. Dia mulai berinvestasi di saham, bisnis, dan pengembangan properti sebelum memulai firma hukum dengan beberapa koleganya.

melansir laman CNBC, Jumat (1/12/2023), Charlie menghabiskan banyak tahun yang sukses di firma tersebut, tetapi dia tidak puas berpraktik hukum.

Charlie menyukai kemandirian seorang kapitalis, sebab suka mencari tahu dan bertaruh. Dia lebih suka membuat keputusan dan mempertaruhkan uangnya sendiri.

Suatu malam, di sebuah pesta makan malam di Omaha, Charlie diperkenalkan dengan seorang bernama Warren Buffett. Warren dan Charlie berbagi banyak ide dalam hal bisnis, keuangan, sejarah, dan investasi. 

Warren membujuk Charlie untuk berhenti dari dunia hukum sedini mungkin ketika Charlie mampu melakukannya. Mereka akhirnya sepakat untuk terjun ke dunia bisnis bersama, yang ternyata merupakan keputusan yang sangat bagus.

Charlie memiliki tiga aturan dasar untuk kepuasan karier yang selalu membantu. Dia percaya bahwa ketiga hal tersebut dapat membantu setiap anak muda yang sedang mengevaluasi keputusan karier. Meskipun memenuhi ketiganya hampir tidak mungkin, Anda tetap harus mencobanya.

Apa saja aturan dasar tersebut?

 

2 dari 3 halaman

1. Jangan menjual apapun yang tidak akan Anda beli sendiri

Cara paling aman untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan adalah dengan mencoba menjual apa yang Anda inginkan. Ini adalah ide yang sangat sederhana. Ini adalah aturan penting. Anda ingin memberikan kepada dunia apa yang akan Anda beli.

Pada umumnya, orang-orang yang memiliki etos kerja ini menang dalam hidup, dan mereka tidak hanya memenangkan uang dan reward mereka, tetapi juga memenangkan rasa hormat dan kepercayaan yang layak dari orang-orang yang mereka hadapi.

Ditambah lagi, ada kesenangan besar dalam hidup yang bisa didapatkan dari mendapatkan kepercayaan yang layak. Reputasi dan integritas adalah aset Anda yang paling berharga dan bisa hilang dalam sekejap.

2. Jangan bekerja untuk siapa pun yang tidak Anda hormati dan kagumi

Anda terutama ingin menghindari bekerja langsung di bawah seseorang yang tidak Anda kagumi dan tidak ingin Anda jadikan atasan. Ini berbahaya. Kita semua tunduk pada kendali sampai batas tertentu oleh figur otoritas, terutama figur otoritas yang memberi kita imbalan. Menghadapi bahaya ini dengan baik membutuhkan bakat dan kemauan.

Charlie mengatasinya dengan mengidentifikasi orang-orang yang dia kagumi dan dengan melakukan manuver, sebagian besar tanpa mengkritik siapa pun, sehingga Charlie biasanya bekerja di bawah orang-orang yang tepat. Banyak pemberi kerja akan mengizinkan hal tersebut jika Anda cukup cerdik untuk mengatasinya dengan bijaksana.

Secara umum, hasil yang Anda dapatkan dalam hidup akan lebih memuaskan jika Anda bekerja di bawah orang-orang yang Anda kagumi.

 

 

 

3 dari 3 halaman

3. Bekerjalah hanya dengan orang-orang yang Anda sukai

Charlie telah menemukan bahwa minat yang kuat pada subjek apa pun sangat diperlukan jika dia benar-benar ingin unggul. Charlie bisa memaksakan diri untuk menjadi cukup baik dalam banyak hal, tetapi dia tidak bisa unggul dalam hal apa pun yang tidak saya minati atau nikmati.

Jika memungkinkan, Anda harus melakukan sesuatu yang Anda minati bersama orang-orang yang Anda sukai.

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah memiliki ketekunan yang tinggi. Saya suka kata itu karena bagi saya itu berarti: "Duduklah dengan tekun sampai Anda berhasil." Saya memiliki rekan kerja yang luar biasa, penuh ketekunan, sepanjang hidup saya.

Charlie pikir dia mendapatkan mereka sebagian karena dia berusaha untuk pantas mendapatkannya, dan sebagian karena dia cukup cerdik dalam memilih mereka, dan sebagian karena ada sedikit keberuntungan.

Charlie merasa sangat beruntung dalam hidup dalam hal-hal dasar ini. Dengan Warren Buffett, Charlie merasa memiliki ketiganya.