Sukses

Jalur Hilir Purwokerto-Cirebon Sudah Bisa Dilalui Kereta Api Usai Longsor Senin Kemarin

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memastikan bahwa jalur hilir lintas Purwokerto-Cirebon sudah bisa dilalui KA dengan kecepatan terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memastikan bahwa jalur hilir lintas Purwokerto-Cirebon sudah bisa dilalui KA dengan kecepatan terbatas. Seperti diketahui, jalur ini sempat tertutup longsor di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Stasiun Karangsari.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto Feni Novida Saragih menjelaskan, jalur hilir di titik yang terdampak longsor sudah dapat dilalui oleh KA dengan kecepatan terbatas pada Selasa 5 Desember 2023, pukul 03.41 WIB.

"Kereta api yang pertama melintas adalah KA Ranggajati relasi Jember-Purwokerto-Cirebon," katanya dikutip dari Antara, Selasa (5/12/2023).

Upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di KM 340+100 oleh tim gabungan KAI Daop 5 Purwokerto bersama Direktorat Jenderal Perkeretapian Kementerian Perhubungan, Balai Teknik Perkeretaapian Semarang, dan sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Sementara untuk jalur hulu Cirebon-Purwokerto di lokasi yang sama, kata dia, belum dapat dilalui kereta api karena masih dalam proses penanganan terhadap material longsoran.

Oleh karena itu, lanjut dia, seluruh perjalanan KA yang melewati lokasi longsoran tersebut dioperasikan di jalur hilir yang sudah dinormalisasi dan dinyatakan aman dilalui dengan kecepatan terbatas.

"KAI tetap berkomitmen menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam proses normalisasi jalur KA," kata Feni. Longsor di jalur rel ganda Purwokerto-Cirebon KM 340+100 dilaporkan terjadi pada hari Senin (4/12), pukul 00.58 WIB, akibat hujan lebat dan saat itu material longsoran menutup jalur hilir, sehingga Tim Gabungan PT KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan.

Oleh karena jalur hulu masih dapat dilalui, perjalanan KA dialihkan menjadi menjadi satu jalur melalui jalur hulu.

Akan tetapi pada pukul 04.27 WIB, petugas lapangan KAI melaporkan bahwa kembali terjadi longsoran yang berdampak terhadap jalur hilir maupun jalur hulu, sehingga perjalanan KA dialihkan memutar karena kedua jalur tidak bisa dilalui.

2 dari 3 halaman

Longsor Banyumas Hari Ini, 10 Perjalanan Kereta Api Dialihkan

Kereta Api Indonesia Daop 6 mengalihkan rute perjalanan akibat longsor Banyumas yang terjadi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin dini hari.

Manajer Humas Daop 6 YogyakartaKrisbiyantoro di Solo, Jawa Tengah, Senin mengatakan akibat kejadian longsor tersebut, ada beberapa relasi yang dialihkan memutar lewat jalur utara melalui Gundih-Semarang-Tegal-Cirebon.

 "Rute lain untuk pengalihan memutar lewat Kroya-Banjar-Bandung-Cikampek," katanya dikutip dari Antara, Senin (4/12/2023).Ia mengatakan hingga pukul 08.00 WIB terdapat sepuluh KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 yang dialihkan memutar. Sepuluh KA tersebut yakni KA Kamandaka, Ranggajati, Argo Semeru, Fajar Utama Solo, Fajar Utama Yogyakarta, Bengawan, Gajahwong, Taksaka, dan Argo Lawu.

"Selain itu ada Fajar Utama Yogya keberangkatan pukul 07.00 WIB lewat Kroya-Banjar-Bandung-Cikampek-Jakarta," katanya.

Selain itu, ada pula KA Argo Lawu keberangkatan Solo pukul 08.30 WIB lewat Gundih-Semarang-Tegal-Cirebon-Jakarta.

3 dari 3 halaman

KA dari Jakarta

"Untuk KA dari Jakarta dengan tujuan Klaten hingga Yogyakarta, Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstapen atau pengalihan moda transportasi seperti bus atau alternatif KA dari arah Solo ke Klaten dan Yogyakarta," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya mengimbau para pelanggan tidak perlu khawatir.  KAI akan tetap memberikan pelayanan prima kepada para penumpang.

"Kami juga mengimbau para penumpang (kereta api) untuk terus memperhatikan arahan petugas di stasiun," katanya. 

  • PT KAI adalah salah satu bagian dari BUMN yang bergerak di bidang jasa angkutan penumpang dan barang.

    PT KAI

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Kereta Api