Sukses

19 SPBU Listrik Sudah Terpasang di IKN Nusantara Sebelum Agustus 2024

PLN akan memasang 5 unit SPKLU Ultra Fast Charging mobile di KIPP IKN, antara lain di sekitar Istana Presiden, Glamping IKN, Hunian Pekerja Konstruksi, hingga Plaza Ceremony.

Liputan6.com, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan bahwa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) akan mulai dihadirkan di ibu kota baru di Kalimantan Timur mulai 2024 mendatang.

Direktur Transformasi Hijau OIKN, Agus gunawan mengatakan bahwa 19 unit SPKLU akan dipasang di kawasan IKN, terutama kantor-kantor kementerian sebelum Agustus 2024.

“Jadi PT PLN merencanakan akan membangun 19 SPKLU yang disebar di wilayah Nusantara,” ungkap Agus saat ditemui media di Ayana Midplaza Jakarta, Jumat (8/12/2023).

“Kami perkirakan 19 (SPKLU) itu ada di wilayah inti pusat pemerintahan atau KIPP. Rencananya (SPKLU dipasang) sebelum Agustus 2024,” lanjutnya.

Selain itu, Agus menyebut, sejumlah perusahaan energi swasta juga akan membangun SPKLU di IKN.

“Jadi investor dipersilahkan membangun SPKLU baik itu di area park and ride atau mall,” bebernya.

Agus lebih lanjut juga mengungkapkan, pihaknya telah mendapat kabar terkait rencana hibah pemasangan SPKLU di Nusantara.

Diwartakan sebelumnya, PT PLN (Persero) telah menyatakan siap untuk memenuhi kebutuhan SPKLU di IKN Nusantara.

PLN sendiri, hingga September 2023 telah menyediakan dua unit SPKLU di kawasan IKN.

Bahkan dalam waktu dekat, PLN akan menambah 5 unit SPKLU Ultra Fast Charging mobile di KIPP IKN, antara lain di sekitar Istana Presiden, Glamping IKN, Hunian Pekerja Konstruksi, hingga Plaza Ceremony.

2 dari 3 halaman

Keren, Kirim Paket di IKN Nusantara Bakal Pakai Drone

Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan pengiriman paket atau barang di IKN, Kalimantan Timur menggunakan teknologi drone dalam rangka penerapan sistem logistik pintar.

"Kalau sekarang mungkin di kota-kota marketplace, e-commerce, atau pedagang daring menggunakan kurir motor dalam mengantarkan barang atau pesanan kepada konsumen, namun nantinya di IKN dengan drone yang mengantarkan kiriman kepada kita," ujar Direktur Transformasi Hijau OIKN Agus Gunawan dikutip dari Antara, Rabu (6/12/2023).

Penggunaan teknologi drone dalam pengantaran paket kepada masyarakat merupakan bagian dari penerapan sistem logistik pintar di IKN.

Selain drone, sistem logistik pintar juga menerapkan teknologi-teknologi lainnya seperti smart label, Sistem Internet of Things dalam logistik, AI (Artificial Intelligence) enhanced supply chain analytics, serta teknologi sistem tracking logistik (logistic tracking system).

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 63/2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, Ibu Kota Nusantara dapat membantu penerapan strategi logistik atau pengangkutan yang inovatif.

Salah satunya menggalakkan solusi logistik yang ramah lingkungan dan mengadopsi teknologi baru yang mendukung inovasi pengiriman jarak jauh seperti drone, dan automatic vehicle (AV).

3 dari 3 halaman

Pengiriman Barang

IKN juga menerapkan konsep strategi pengiriman barang/logistik bertujuan untuk menciptakan sistem logistik yang efisien dan berdampak minim terhadap lalu lintas kota serta meningkatkan keselamatan dari aspek transportasi.

Hal ini sejalan dengan strategi logistik masa depan dalam rangka mengelola pergerakan kargo dan barang di seluruh wilayah IKN dengan cara-cara yang mengurangi konflik dengan transportasi penumpang, meningkatkan pemanfaatan ruang, dan menghasilkan keuntungan komersial.

Sebagai informasi, prinsip dasar pengembangan Kawasan IKN memadukan tiga konsep perkotaan, yaitu IKN sebagai kota hutan (forest city), kota spons (sponge city), dan kota cerdas (smart city).

Konsep kota cerdas telah dipertimbangkan sebagai elemen menyeluruh dalam menegaskan pembangunan IKN Nusantara sebagai Ibu Kota baru Indonesia yang dinamis, inklusif, didukung oleh masyarakat, serta siap menghadapi masa depan.