Sukses

TikTok Shop di Indonesia Hadir Lagi, Pemilik Sajodo Snack Turun Gunung

Penjual camilan dengan merek Sajodo Snack & Food menyambut baik pembukaan kembali TikTok Shop.

Liputan6.com, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok resmi menjalin kemitraan strategis. TikTok Shop pun kembali beroperasi mulai Selasa, 12 Desember 2023. 

Penjual camilan dengan merek Sajodo Snack & Food menyambut baik pembukaan kembali TikTok Shop. Pemilik Sajodo Snack & Food Firda Khaerunnisa mengatakan, pihaknya sudah mulai berjualan kembali hari ini bertepatan dengan event Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12.12.

"Antusias nya sangat luar biasa, kami owner sampe terjun langsung dan seluruh tim terjun langsung untuk LIVE streaming jam 00.00 menyambut TikTok dibuka kembali, dan kita sampai open loker lagi untuk bagian produksi dan di bagian host live streaming," kata Firda kepada Liputan6.com, Selasa (12/12/2023). 

Di samping itu, ia menjelaskan, terdapat perbedaan TikTok Shop saat dikelola oleh Tokopedia. "Jadi, sekarang transaksinya via Tokopedia, tetapi untuk mekanismenya kurang lebih sama seperti sebelumnya," kata dia. 

Meski demikian, hingga saat ini belum ada keuntungan yang begitu signifikan dari pembukaan TikTok Shop. Ini mengingat, belum ada kampanye lain yang dihadirkan TikTok Shop. 

"Harapannya karena sajodo Snack & Food ini adalah salah satu seller pertama f&b yang buka, dan tumbuh berkembang dengan di TikTok Shop, kami berharap jangan ditutup kembali yah, dan karena ini temanya support produk lokal," jelasnya. 

Ia berharap, kehadiran TikTok Shop benar-benar mendukung produk lokal dan memprioritaskan kategori FnB. 

"Harapan saya dari dulu semoga kategori FnB di TikTok di prioritaskan jangan di sama ratakan dengan kategori yang lainnya, intinya semoga ada pemisahan beberapa kategori seperti di marketplace lainnya," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TikTok Shop Buka Lagi, Seller Bisa Kembali Jualan Mulai Besok 12 Desember 2023

Sebelumnya diberitakan, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok resmi menjalin kemitraan strategis dalam rangka mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia secara keseluruhan.

TikTok Shop pun akan kembali hadir pada Selasa, 12 Desember 2023 bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). 

Berdasarkan pengumuman yang dikirim kepada para penjual, TikTok dan Grup GoTo akan menghadirkan kampanye pertama yang bertema Beli Lokal. 

"Ke depannya, kami bekerja sama dengan Tokopedia untuk secara aktif mendukung pertumbuhan ekonomi digital dengan memberdayakan UMKM Indonesia," tulis pengumuman tersebut, dikutip Senin (11/12/2023). 

Dengan demikian, pelanggan juga bisa mulai membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan sesi LIVE di aplikasi TikTok pada Selasa, 12 Desember 2023.

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 23,43 triliun (kurs Rp 15.619,85 per USD) sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

"Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan  ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan  untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market)," mengutip keterangan resmi manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Senin (11/12/2023).

 

3 dari 3 halaman

TikTok Bakal Miliki Pengendalian di Tokopedia

Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo. Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Harbolnas sendiri merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini