Sukses

Top 3: Program Bansos Rawan Politisasi di Tahun Pemilu

Berita mengenai rawannya politisasi bansos ini menjadi berita yang paling banyak dibaca

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Budget Center (IBC) mencatat ada ratusan triliun bantuan sosial (bansos) yang digelontontkan pemerintah. Masuk ke tahun politik, dana bansos ini disebut rawan menjadi embel-embel kampanye pasangan calon tertentu.

Direktur Eksekutif IBC Arif Nur Alam memandang ada peningkatan bansos menjelang pemilu.

Berita mengenai rawannya politisasi bansos ini menjadi berita yang paling banyak dibaca. Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Senin (8/1/2024):

1. Ratusan Triliun Bansos Rawan Jadi Bancakan Politik di Pemilu 2024

Indonesia Budget Center (IBC) mencatat ada ratusan triliun bantuan sosial (bansos) yang digelontontkan pemerintah. Masuk ke tahun politik, dana bansos ini disebut rawan menjadi embel-embel kampanye pasangan calon tertentu.

Direktur Eksekutif IBC Arif Nur Alam memandang ada peningkatan bansos menjelanh pemilu. Contohnya, pada 2024 direncanakan sebesar Rp.496,8 triliun. Angka ini meningkat sebesar Rp.53,3 triliun atau 12 persen dibanding realisasi anggaran perlindungan sosial tahun 2023 yang direalisasikan sebesar Rp.443,5 triliun.

"Jelang Pemilu, Program ini berpotensi tsunami atau dipolitisasi oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam kontestasi politik di Pemilu 2024," ujar dia dalam Diskusi di Media Center Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Daftar Pemain Termahal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia akan berjuang di Piala Asia 2023. Pelatih Shin Tae Yong telah memutuskan untuk membawa 26 pemain Timnas Indonesia di kejuaran sepak bola tertinggi Asia tersebut.

Tearkhir, dalam pemusatan latihan di Turki, dua nama pemain dicoret dari Skuad Garuda Piala Asia 2023 yakni Arkhan Fikri dan Adam Alis.

Sejatinya Arkhan Fikri dan Adam Alis masuk daftar 28 pemain Timnas Indonesia yang diboyong Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong dalam pemusatan latihan di Turki. Mereka dicoret pascalaga uji coba lawan Libya kemarin.

Baik Arkhan maupun Adam sempat tampil dalam uji coba yang berujung kekalahan Indonesia dengan skor 0-4 itu. Mereka dimainkan pada babak kedua diplot sebagai gelandang.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Viral Kalender 2024 Sama Persis dengan Kalender 1996, Kok Bisa?

Fenomena yang termasuk langka kini kembali terjadi. Salah satunya adalah kalender tahun 2024 yang sama persis dengan kalender tahun 1996.

Hal ini membuat geger warganet di linimasa berbagai media sosial. Ternyata, ini merupakan siklus 28 tahun sekali, dimana susunan kalender akan sama setiap 28 tahun.

 Disamping fenomena langka ini, kali ini jumlah hari di Februari menjadi 29 hari. Artinya, kalender 2024 ini merupakan tahun kabisat yang terjadi setiap 4 tahun sekali.

Profesor bidang matematika KV Narayana mengatakan kalau kalender tahun 2024 ini memang sama dengan susunan di tahun 1996 silam. Pemegang gelar PhD dalam Teori Bilangan ini menyebut fenomena ini terjadi setiap 28 tahun dalam tahun kabisat.

 Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini