Sukses

Janji Anies Baswedan Jika Jadi Presiden: Turunkan Biaya Hidup Rakyat

Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan berambisi untuk menurunkan biaya hidup masyarakat Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan berambisi untuk menurunkan biaya hidup masyarakat Indonesia. Pasalnya, hal ini diakui Anies Baswedan jadi salah satu yang paling sering dikeluhkan pendukungnya ketika melakukan kampanye ke berbagai daerah.

Anies bilang, biaya hidup dan biaya produksi jadi dua hal yang perlu menjadi perhatian. Ini dipandang penting karena berpengaruh pada upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Ketika ketemu petani, nelayan, dan semua profesi mengatakan biaya produksi, ketika bertemu keluarga menyatakan biaya hidup semuanya bicara tentang biaya yang mahal ini yang ingin kita perbaiki," ujar Anies dalam Dialog Capres bersama Kadin Indonesia, di Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Poin yang Dibenahi

Dia pun menelisik sejumlah poin yang perlu dibenahi untuk menurunkan biaya hidup. Satu hal yang utama adalah memperbaiki tata kelola pangan. Mengingat lagi, porsi pengeluaran paling besar dari keluarga adalah kebutuhan atas pangan.

"Jadi salah satu yang utama adalah memperbaiki tata kelola pangan. 51 persen rata-rata dari family spending adalah untuk kebutuhan pangan dan itu jauh lebih besar daripada negara lain, tetangga-tetangga kita," tuturnya.

Sejalan dengan itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut kalau pengembangan kota-kota di Indonesia jadi upaya yang tak terlepas. Diketahui, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ingin mengembangan 40 kota. Harapannya, perekonomian nasional bisa ikut meningkat.

"Ini bukan bikin kota baru, kalau bikin kota baru agak lama, disini banyak developer, punya pengalaman bikin kota baru, kita gak bikin kota baru, kita upgrade kota supaya pusat pergerakan perekonomian itu bertambah, tadi kita lihat ketimpangan yang terjadi," urai Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reindustrialisasi

Lebih lanjut, Anies mengatakan guna meningkatkan perekonomian nasional juga diperlukan penguatan industrialisasi. Dia melihat adanya peluang untuk melakukan industrialisasi di sejumlah tempat.

"Ketiga, kita ingin mendorong reindustrialisasi kita harus melakukan industrialisasi lagi sebagaimana pernah kita kerjakan karena kesempatan itu di berbagai wilayah indonesia itu sangat terbuka luas," ungkapnya.

"Jadi tiga hal ini yang kita, lakukan terkait penekanan biaya hidup," pungkas Anies Baswedan.

Janji Kasih Kredit Mikro

Sebelumnya, Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan mengusulkan usaha kecil dan mikro turut terlibat dalam promosi kebudayaan Indonesia ke kancah internasional. Anies Baswedan pun menyiapkan skema kredit untuk jenis usaha tersebut.

Anies mengatakan, hal itu untuk mendorong usaha kecil dan usaha mikro untuk memiliki peran dalam diplomasi kebudayaan Indonesia.

"Lalu disiapkan kredit yang memungkinkan bagi usaha kecil mikro untuk menjadi bagian dari diplomasi kebudayaan Indonesia," kata Anies dalam Debat Capres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

 

3 dari 3 halaman

Akses Permodalan

Cara ini, kata dia, merupakan salah satu upaya memberikan akses permodalan bagi kelompok usaha tersebut. Dengan begitu, kata Anies, usaha kecil mikro bisa mengakses pasar internasional.

Menurutnya, hal ini memberikan ruang yang sama bagi pengusaha, tak hanya bagi pengusaha swasta berskala besar.

"Kemudahan didalam permodalan, kemudahan mengakses pasar internasional, itu semua dilakukan supaya seluruh jajaran bisa terlibat didalam kampanye diplomasi kebudayaan Indonesia," ungkap Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini