Sukses

Indonesia Cetak Sejarah Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Hadiah Fantastis Menanti Sang Juara

Dengan masuknya ke babak 16 besar Piala Asia, Timnas Indonesia berpotensi meraup hadiah belasan hingga puluhan miliar rupiah. Lantas berapa besaran hadiah Piala Asia 2023?

Liputan6.com, Jakarta Dengan Kirgistan berhasil menahan imbang Oman 1-1, pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/2024) malam. Indonesia dipastikan Indonesia masuk ke 16 besar Piala Asia 2023. Ini merupakan kali pertama tim Merah Putih tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan.

Pada laga terakhir Grup F Piala Asia 2023, Oman unggul pada menit kedelapan lewat Muhsen Al Ghassani. Kirgistan baru bisa membalasnya pada menit ke-80 lewat Joel Kojo.

Hasil imbang ini membuat Oman finis di posisi ketiga Grup F dengan nilai dua. Oman berada di bawah Indonesia, tim peringkat ketiga Grup D yang mengumpulkan nilai tiga.

Piala Asia 2023 memberikan jatah empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada untuk lolos ke babak gugur. Indonesia menempati peringkat keempat tim peringkat ketiga terbaik sehingga berhak tampil di 16 besar.

Rincian Hadiah Piala Asia 2023

Dengan masuknya ke babak 16 besar Piala Asia, Timnas Indonesia berpotensi meraup hadiah belasan hingga puluhan  miliar rupiah. Lantas berapa besaran hadiah Piala Asia 2023?

Total hadiah yang disiapkan AFC untuk Piala Asia 2023 adalah USD 14,8 juta. Hadiah itu akan dibagikan pada setiap peserta bergantung pada prestasi dan partisipasi mereka di Piala Asia 2023.

Pada tahap awal, setiap peserta termasuk anak asuhan Shin Tae-Yong akan dapat hadiah USD 200 ribu (sekitar Rp 3,1 miliar). Jadi, terlepas dari hasil yang didapat pada fase grup, Indonesia sudah pasti dapat hadiah dengan nilai tersebut dari Piala Asia 2023 Qatar.Jika mampu lolos dari fase grup, hadiah yang dikantongi Timnas Indonesia sudah pasti makin besar.

Jika mampu lolos ke babak semifinal, Timnas Indonesia akan mendapatkan USD 1 juta atau setara Rp 15,8 miliar (kurs 15.807 per USD). Sementara, jika menjadi juara, Indonesia akan dapat USD 5 juta atau setara Rp 79 miliar (kurs 15.807 per USD) . Sementara, kalah di final membuat tim akan dapat USD 3 juta atau setara Rp 47,4 miliar  (kurs 15.807 per USD).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jadwal, Hasil, dan Klasemen Piala Asia 2023: Siapa Lolos ke 16 Besar?

Sebelumnya, Piala Asia 2023 berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Turnamen ke-18 sepanjang masa ini bakal berlangsung di Qatar.

Turnamen paling bergengsi antarbangsa Asia ini semula dijadwalkan digelar di China. Namun, Negeri Tirai Bambu menarik diri karena Covid-19. 

Qatar menyanggupi sebagai tuan rumah pengganti. Namun, kompetisi harus mundur dari semula musim panas 2023 menjadi awal tahun 2024 karena kondisi iklim Timur Tengah.

Sebanyak 24 tim memastikan tempat di turnamen usai menjalani kualifikasi. Ada tujuh mantan juara yang berpeluang menambah koleksi gelar, yakni negara tersukses Jepang (4 trofi), juara bertahan Qatar (1), Korea Selatan (2), Iran (3), Arab Saudi (3), Australia (1), dan Irak (1). Tajikistan menjadi satu-satunya debutan pada Piala Asia kali ini.

Usai undian fase grup, setiap peserta bakal melakoni tiga pertandingan untuk mengamankan tempat ke putaran selanjutnya. Hanya juara dan runner-up yang lolos otomatis ke babak 16 besar. Sisa empat kursi akan diberikan ke peringkat tiga terbaik.

Simak jadwal, hasil, dan klasemen Piala Asia 2023 selengkapnya di halaman berikut: 

3 dari 5 halaman

Nasib Indonesia di Piala Asia 2023 Makin di Ujung Tanduk: Bahrain Menang, Malaysia Tahan Korea

Nasib Indonesia di Piala Asia 2023 semakin di ujung tanduk dan terancam gagal ke babak 16 besar. Terjadi dua drama di matchday terakhir Grup E pada Kamis (25/1/2024) petang WIB.

Korea Selatan yang awalnya difavoritkan menjadi juara Grup E sebelum laga terakhir digelar malah harus puas finis di urutan dua setelah cuma bermain imbang 3-3 dengan Malaysia.

Bertanding di Stadion Al Janoub, Korea unggul lebih dulu 1-0 di babak pertama melalui gol Jeong Woo-yeong. Namun di babak kedua Malaysia secara luar biasa membalikkan keadaan dengan mencetak gol dalam kurun 11 menit lewat Faisal Halim dan penalti Arif Aiman.

Pertandingan makin seru setelah Korea Selatan menyamakan skor di menit 83 berkat gol bunuh diri kiper Syihan Hazmi. Bola tendangan bebas Lee Kang-in ditepis Syihan dan mengenai mistar gawang. Sialnya bola memantul mengenai Syihan dan masuk ke gawang.

Korea kemudian berbalik unggul di menit keempat injury time babak kedua berkat penalti Son Heung-min. Secara luar biasa Malaysia menyamakannya di menit 15 masa injury time lewat sepakan terukur pemain pengganti Romel Morales.

Hasil imbang ini membuat Korea menjadi runner-up Grup E dengan koleksi lima poin. Namun mereka tetap lolos ke 16 besar. Malaysia sendiri tersisih dari Piala Asia 2023 karena menjadi juru kunci dengan poin satu.

4 dari 5 halaman

Bahrain Jadi Juara Grup E

Yang mengejutkan Bahrain yang awalnya jadi pesaing Indonesia menjadi salah satu peringkat tiga terbaik justru kini melesat menjadi juara Grup E. Bahrain menang 1-0 atas Yordania di laga terakhir berkat gol tunggal Abdulla Yusuf Helal di babak pertama.

Bahrain menjadi juara Grup E dengan poin enam. Sedangkan Yordania finis di urutan tiga dengan poin empat. Tapi mereka juga tetap lolos sebagai salah satu dari peringkat tiga terbaik.

5 dari 5 halaman

Sama-Sama Hindari Jepang

Korea dan Yordania nampaknya sama-sama menghindar dan tak mau menjadi juara Grup E. Pasalnya dengan menjadi penguasa grup maka akan bertemu Jepang di 16 besar. Jepang hanya menjadi runner-up di Grup D.

Namun dengan kemenangan Bahrain ini maka Indonesia jadi semakin di ujung tanduk untuk bisa menjadi salah satu peringkat tiga terbaik. Nasib pasukan Shin Tae-yong kini akan bergantung laga Grup F yang berlangsung nanti malam.

Indonesia bakal berharap Kyrgyzstan bisa menahan imbang Oman. Jika Oman yang meraih kemenangan maka Marselino Ferdinan dan kawan-kawan harus pulang kampung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini