Sukses

Hampir 700 Ribu Tiket KA Ludes Terjual di Periode Libur Nasional Kenaikan Yesus Kristus

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat penjualan tiket kereta api periode libur panjang akhir pekan ini hampir 700 ribu tiket.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat penjualan tiket kereta api periode libur panjang akhir pekan ini hampir 700 ribu tiket. Ini untuk periode libur nasional memperingati Kenaikan Yesus Kristus 8-12 Mei 2024.

Mengacu data hingga Jumat (10/5/2024) tiket KA yang terjual pada periode tersebut sebanyak 699.442 tiket. Angka ini berarti rata-rata penumpang sebanyam 139.888 per hari.

"Jumlah tersebut telah mencapai 94% dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual. Angka penjualan tiket ini masih akan terus bergerak seiring masih berlangsungnya masa long weekend," ucap VP Public Relation KAI, Joni Martinus, Jumat (10/5/2024).

Joni mengatakan, ada lonjakan pemesanan tiket untuk keberangkatan 8-9 Mei 2024 sebesar 349.784 penumpang. Angka ini meningkat 31 persen dari periode yang sama pekan lalu dengan 266.219 penumpang.

"KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI," tuturnya.

Connecting Train

Joni juga menyampaikan ada alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian di masa libur panjang ini. Misalnya, mengganti dengan waktu keberangkatan lain atau memilih fitur connecting train dalam aplikasi Access by KAI.

"Yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta api yang bersifat persambungan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Favorit

Sementara itu, Joni juga mencatat adanya rute yang menjadi favorit masyarakat. Terlihat banyak yang dipilih adalah rute menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Diantaranya, rute Jakarta-Surabaya pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Malang pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, Blitar - Bandung pp, dan relasi lainnya.

Kemudian, untuk kereta keberangkatan dari Jakarta, berdasarkan pantauan pada Jumat (10/5), total tiket yang terjual pada 8-12 Mei 2024 yaitu sebanyak 125.393 tiket.

Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen 61.753 penumpang dengan pelayanan KA 31 perjalanan KAJJ per hari dan 41.000 penumpang naik dari Stasiun Gambir dengan pelayanan KA 33 perjalanan KAJJ per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.